7 Fakta Pelajaran Di Sekolah Yang Melenceng

Tidak semua materi yang diajarkan di sekolah selalu benar sesuai fakta. Sebagian ada yang disesuaikan dengan keadaan tertentu dan ada pula karena rumitnya kemungkinan murid untuk menangkap nalar dan pengetahuan. Mari simak sob, fakta pelajaran di sekolah yang melenceng.

1. Gravitasi di Luar Angkasa

astronot.jpg

Tidak ada gravitasi di luar angkasa, salah satu wawasan yang diajarkan di sekolah. Sebenarnya gaya gravitasi itu tetap ada di luar angkasa, walaupun lebih lemah daripada di bumi. Gaya gravitasi inilah yang menyebabkan planet tetap bergerak pada orbitnya ataupun bumi tetap terus mengitari matahari. Jika kalian melihat astronot mengambang di angkasa sebenarnya mereka bukan sedang terbang tapi sedang terjatuh.

2. Thomas A. Edison

Edison-Sitting.jpg

Nama ilmuan yang sangat familiar karena penemuannya yang sangat terkenal yaitu bola lampu. Namun tahukah kalian sob pencipta aslinya adalah Hendrick Gobbel pada tahun 1854. Setelah meninggal, Edison membeli hak patennya dan megimprovisasi penemuannya.

3. Bunglon

foto-bunglon-mengubah-warna-kulit-sesuai-emosinya.jpg

Apa tujuan bunglon berubah warnanya? Jika jawaban kalian berkamuflase agar terhindar dari bahaya maka jawaban kalian kurang tepat sob. Perubahan warna pada bunglon adalah salah satu metode bunglon untuk berinteraksi dengan sesamanya akan adanya bahaya atau juga untuk kawin, selain itu bunglon berubah warna untuk mengatur suhu tubuhnya.

4. Christoper Colombus

christopher-columbus1.jpg

Ada 2 hal yang salah dengan Colombus. Pertama, Colombus bukanlah orang pertama yang membuktikan bahwa bumi berbentuk bulat. Jauh di masa lampau, kira-kira 2000 tahun sebelum era Colombus ahli matematika Yunani Kuno telah menemukan bahwa bumi memang berbentuk bulat. Kedua, Colombus bukanlah penemu benua Amerika, penemu awalnya yaitu Lift Ericson seorang viking.

5. Bagian Lidah Tertentu

1382-lidah.jpg

Lidah merupakan indra perasa manusi yang mempunyai titik tertentu, yang membedakan rasa manis, asam, pahit ataupun asin. Misalnya, lidah bagian belakang merasakan rasa pahit dan bagian samping merasakan rasa manis. Namun bukanlah seperti itu yang terjadi, seluruh permukaan lidah memiliki fungsi yang sama yaitu merasakan rasa makanan yang kalian makan sob, protein yang ada di lidahlah yang mendeteksi rasa asam memperingatkan kita kalo makanan yang kita makan sudah basi.

6. Sir Isaac Newton

1d92f6_139c131507b186fa32e4fcc31294a3a0.gif

Newton menemukan gaya gravitasi setelah buah apel jatuh di atas kepalanya, pasti kalian tahu semua sob tentang itu. Namun ternyata Newton telah mengetahui bahwa sesuatu tidak dapat bergerak kecuali dipengaruhi oleh sebuah kekuatan atau daya. Newton sendiri berkata bahwa teori gravitasi bukan ditemukan karena sebuah apel jatuh menimpa kepalanya. Namun jauh sebelum itu, bahkan cerita sebuah apel yang jatuh di kepalanya itu tidak terbukti benar.

7. Abraham Lincoln

MTIwNjA4NjMzODg2NTc0MDky.jpg

Berdasarkan pelajaran sejarah yang kita dapat, kita diberitahu bahwa Abraham Lincoln sangat menantang keras perbudakan. Tahukah kalian sob, pada tahun 1862 Abraham pernah menulis “Jika saya dapat menyelamatkan sebuah bangsa tanpa membebaskan para budak, maka saya akan melakukannya”. Proklamasi pembebasan budak yang ditandatangani oleh Abraham jika hanya berlaku diprofesi tertentu saja.

Leave a Comment