cara membuat squishy

Cara Membuat Squishy Mudah Sendiri di Rumah dengan Bahan Sederhana [Video+DIY]

CARA MEMBUAT SQUISHY MUDAH SENDIRI DI RUMAH – Hallo Guys, Kamu tahu enggak Squishy itu apa sih? Kalau kamu ngaku anak kekinian pasti tahu dong. Squishy adalah mainan yang memiliki tekstur lembut dan kenyal, membuat orang gemas dan ingin terus meremasnya.

Nama Squishy sendiri berasal dari Bahasa Inggris, yaitu bisa diartikan sesuatu yang menyerupai spons dan menggemaskan. Perlu kamu ketahui juga Guys, Squishy ini merupakan mainan yang lagi booming saat ini.

Squishy sangat digemari oleh anak-anak dan juga kawula muda. Mainan ini popular sekali Indonesia, dan juga banyak digemari di luar negeri sana. Kenapa banyak digemari? Karena Squishy ini bisa dijadikan obat melepas stress. Dijamin deh stress kamu, badmood kamu hilang hanya dengan meremas-remas squishy.

cara membuat squishy
youtube.com

Nah, tapi Guys, enggak sedikit juga yang belum tahu tentang apa itu squishy? Terbuat dari apa sih squishy itu? Terus gimana ya cara buat squishy? Buat kamu yang belum tahu, daripada penasaran, simak aja yuk artikel ini.

Apa Itu Squishy?

Squishy adalah mainan unik dan lucu yang terbuat dari bahan busa yang lembut dan fleksibel atau empuk. Cara memainkannya Squishy ini kan dengan diremas-remas. Nah, ketika diremas atau ditekan squishy akan mengkerut atau penyet, dan ketika dilepas maka squishy akan kembali lagi ke bentuk semula.

Sekarang squishy sudah banyak sekali diperjual belikan dalam berbagai bentuk, yang paling banyak dijual yaitu dalam bentuk gantungan kunci, gantungan handphone, dan juga gantungan tas. Dengan begitu kamu mudah membawa squishy ke mana-mana.

cara membuat squishy

Selain dalam bentuk gantungan yang simple, ada juga yang berbentuk karakter kartun, seperti hello kitty, kartun disney, rikkakuma, dan karakter lucu lainnya. Dan masih banyak lagi bentuk lainnya, seperti dalam bentuk makanan, binatang, boneka, dan eskrim.

Kalau yang paling terkenal itu Breadou Squishy, yaitu squishy yang bentuk, warna, dan wanginya menyerupai roti asli Guys. Ada yang berbentuk roti bun, roti melon, donat, pie, roti tawar, macaron, dan bentuk kawaii lainnya.

Tapi awas tuh Guys, jangan sampai kelewatan kalau lagi mainan squishy, nanti pas lagi lapar malah dimakan lagi.

Cara Membuat Squishy dari Spons

cara membuat squishy
global.rakuten.com

Kalau sudah membaca informasi di atas tadi pasti kamu sudah tahu dong apa itu squishy. Nah sekarang saatnya mencoba untuk membuatnya sendiri dengan bahan yang sederhana saja. Yang pertama ini Saya akan membahas tutorial cara membuat squishy dari bahan spons.

Alat dan Bahan Membuat Squishy dari Spons

  • Bahan utama, yaitu spons atau juga bisa menggunakan bahan busa yang biasa dipakai untuk mencuci piring, ataupun yang biasa dipakai untuk makeup.
  • Alat utama yaitu gunting yang akan digunakan untuk memotong.
  • Lem, usahakan menggunakan jenis lem silikon atau lem arcilic, yang penting menggunakan lem yang tidak kaku saat lem mengering.
  • Gunakan puffy paint atau cat timbul untuk penggunaan warnanya, gunakan warna yang sesuai dengan selera kamu sendiri.
  • Alat terakhir yaitu kuas dengan ukuran yang sedang saja, tidak terlalu kecil dan juga besar

Tahapan Langkah Cara Membuat Squishy dari Spons

  1. Langkah pertama yang dilakukan sebelum teknis pembuatan yaitu mempersiapkan semua bahan terlebih dahulu, termasuk desain dan bentuk squishy yang ingin kamu buat. Nah mungkin buat kamu yang masih pemula lebih baik buat saja bentuk yang standar, yang mudah dibuat. Misalnya seperti roti tawar, tinggal nantinya dihias lebih variatif lagi.
  2. Setelah kamu sudah mempersiapkan semua bahan dan ide desain squishy yang akan kamu buat, selanjutnya yaitu mempraktikkan ide yang sudah kamu rancang. Potong busa spons menjadi bentuk yang kamu inginkan. Kemudian gabungkan potongan busa spons tersebut menggunakan lem dan tunggulah hingga lem mengering.
  3. Langkah yang ketiga yaitu mengecat squishy. Sebelum mengecat, pastikan dahulu busa spons dalam kondisi bersih dan tidak basah, agar hasil cat maksimal, sehingga kuat dan merata.
  4. Tinggal satu langkah lagi Guys, yaitu menusukkan ring gantungan kunci pada busa. Tapi sebelum itu, pastikan dahulu cat sudah kering. Setelah cat sudah kering, kemudian masukkan ring gantungan kunci pada busa dan tambahkan lem pada bagian yang ditusuk, agar ring dapat melekat dengan kuat.
Ingin tahu lebih detail? Simak juga yuk videonya di bawah ini!

Cara Membuat Squishy dari Clay

cara membuat squishy
google.com

Lanjut nih Guys membuat Squishy dengan bahan yang lain. Kalau tadi kan membuat squishy dengan bahan dari spons, sebenarnya bisa juga membuat squishy dengan bahan selain spons. Terus pakai bahan apa Kak? Bahannya yaitu menggunakan Clay. Nah, pasti kamu juga bertanya nih, apa sih clay itu? Clay adalah sejenis mainan yang terbuat dari bahan lilin, bentuknya pun fleksibel, bisa diubah dengan berbagai tekstur dan bentuk yang variatif.

Daripada kamu penasaran, langsung aja yuk simak cara membuat squishy dari Clay.

Alat dan Bahan Membuat Squishy dari Clay

  • Bahan pertama yang harus kamu siapkan yaitu Clay, sudah jelas karena bahan utamanya. Lalu pilihlah warna yang menurut kamu cocok dan bagus untuk digunakan membuat squishy.
  • Kemudian bahan kedua yaitu gunakan sedikit spons atau busa, kira-kira saja spons atau busa sesuai kebutuhan kamu nanti.
  • Gunakan juga tutup toples atau kamu juga bisa menggunakan bedak padat yang bulat.
  • Siapkan lem putih (white glue) yang akan digunakan untuk melapisi bagian luar clay.
  • Cat timbul (puffy paint) yang digunakan sebagai pewarnanya, serta kamu juga bisa menggunakan cat minyak.
  • Siapkan juga gunting, yang nanti akan digunakan untuk memotong.
  • Pulpen yang akan digunakan untuk menggambar pola squishy.
  • Plastik sebagai wadah clay ketika sudah dibentuk.

Tahapan Langkah Cara Membuat Squishy dari Clay

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu mempersiapkan spons. Kemudian buatlah pola bulat, untuk membentuknya kamu bisa gunakan tutup toples yang kecil atau dengan tutup bedak bekas yang bulat.
  2. Selanjutnya langkah yang kedua yaitu kamu gunting pada bagian spons tersebut, lalu ambil clay yang telah disiapkan tadi. Kamu bisa ambil sesuai dengan kebutuhan saja.
  3. Ketiga, buatlah bentuk bulat pada clay, kemudian clay yang sudah dibentuk itu taruh saja di atas plastik kecil, agar tidak lengket, dan tekan sampai menipis.
  4. Setelah itu, tarus spons tadi di atas clay. Kemudian lapisi spons dengan clay hingga seluruh bagian spons terselimuti oleh clay. Lalu haluskan bagian tertentu yang masih terasa kasar.
  5. Langkah kelima, kamu bisa campurkan clay dengan lem putih, dan setelah itu kamu bisa lukis squishy clay sesuai dengan ide kreasimu, bisa dengan bentuk emoji ataupun variasi lainnya.
  6. Jika ingin squishy buatan kamu memiliki struktur yang lebih slow dan smooth, bisa kamu coba dengan memasukkan ke dalam kulkas. Setelah itu squshy clay hasil kreatifitas kamu bisa dimainkan sepuasnya deh.
Ingin tahu lebih detail? Simak juga yuk videonya di bawah ini!

Cara Membuat Squishy dengan Lem Fox

cara membuat squishy
aliexpress.com

Masih ada cara lain lagi nih, yaitu membuat squshy dengan menggunakan lem fox. Kali ini squishy akan dibuat dengan bentuk kue donat. Langsung aja deh simak yuk cara membuat squishy dengan lem fox berikut ini:

Alat dan Bahan Membuat Squishy dengan Lem Fox

  • Bahan utama masih menggunakan spons
  • Lem fox
  • Air panas
  • Pewarna makanan

Tahapan Langkah Cara Membuat Squishy dengan Lem Fox

  1. Siapkan spons yang sudah digunting membentuk donat.
  2. Buatlah adonan dengan lem fox dan dicampur air panas secukupnya.
  3. Setelah itu, aduk-aduk adonan hingga semua tercampur rata.
  4. Kemudian oleskan adonan tersebut ke permukaan spons yang sudah berbentuk donat tadi hingga merata.
  5. Jemur spons yang sudah dilapisi adonan tersebut selama 3 sampai 8 jam atau hingga kering.
  6. Setelah kering, kemudian meracik adonan lagi untuk warna lain yang akan digunakan sebagai mayonaise pada lapisan atas donat. Bisa menggunakan warna putih, coklat, ataupun pink. Cara membuatnya masih sama seperti cara di atas tadi.
  7. Setelah adonan jadi, oleskan dengan perlahan pada bagian atas spons berbentuk donat tersebut. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menggunakan kuas yang ukurannya kecil.
  8. Terakhir, kamu jemur kembali adonan squishy itu hingga pewarnanya kering.
Ingin tahu lebih detail? Simak juga yuk videonya di bawah ini!

Cara Membuat Squishy dari Slime

Nah, kalau cara yang ini lebih beda lagi. Ternyata bisa juga loh membuat squihy dari slime! Tapi apakah kamu tahu slime itu apa? Hm.. buat yang belum tahu, oke deh akan saya jelaskan sedikit ‘apa itu slime?

Slime adalah mainan yang memiliki tekstur lengket dan pekat, kemudian banyak juga tuh varian warna dan bentuknya. Slime ini sama halnya dengan squishy, mainan yang lagi popular saat ini.

Kali ini, saya akan jelaskan bagaimana cara membuat squishy berbentuk ‘pancake’ dari slime. Pasti kamu penasaran kan caranya bagaimana dan nanti hasilnya seperti apa? Langsung aja deh simak yuk cara membuat squishy dari slime di bawah ini;

Alat dan bahan Membuat Squishy dari Slime

  • Untuk bahan utamanya, saya akan menggunakan warna putih.
  • Jangan ketinggalan! Siapkan spons atau busa sebagai bahan pembuatan slime.
  • Cat timbul dengan berbagai macam warna
  • Wadah yang akan digunakan sebagai tempat cat
  • Stik es krim untuk mengaduk slime
  • Plastik kecil untuk alas squishy agar tidak lengket
  • Kuas untuk mengecat squishy yang akan kamu buat

Tahapan Langkah Cara Membuat Squishy dari Slime

  1. Gunting spons menjadi bentuk bulat, kamu bisa menggunakan tutup toples kecil sebagai alat bantuan, agar terbentuk bulat sempurna.
  2. Potong ukuran slime menjadi 3 bagian, berikan warna sesuai keinginan kamu, lalu gunakan cat timbul.
  3. Aduk dengan stik es krim hingga warna tercampur rata. Kemudian tuang adonan slime pertama pada spons, lalu taruh dalam wadah atau toples agar tidak berceceran.
  4. Kemudian biarkan selama 3 sampai 8 jam atau hingga kering. Lakukan aktivitas berulang hingga adonan slime bagian pertama habis.
  5. Untuk memberikan toping atau hiasan mayonaise pada pancake, manfaatkan adonan slime bagian ke 2 dan ke 3. Hias pancake dengan kreasi dan imajinasi kami, agar hasil rapih dan maksimal sebaiknya gunakan kuas.
  6. Biarkan selama 3 jam atau hingga kering, kemudian simpan di dalam kulkas agar tekstur squishy menjadi lebih slow.
  7. Taraaa… Squishy ‘pancake’ dari slime siap dimainkan dan diremas-remas.
Ingin tahu lebih detail? Simak juga yuk videonya di bawah ini!

Cara Membuat Squishy Menjadi Slow

cara membuat squishy
infoana.com

Squishy slow itu apa sih? Squishy slow adalah salah satu jenis squishy yang beda daripada yang lain, karena teksturnya yang lembut dan kenyal. Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat squishy slow dengan mudah sekali.

Dan perlu kamu tahu, membuat squishy slow ini tak sesulit yang dibayangkan. Kamu cukup menyiapkan squishy yang sudah jadi, bisa langsung membeli atau membuat dahulu dengan spons.

Langsung aja yuk simak langkah-langkah pembuatannya di bawah ini.

Alat dan bahan Membuat Squishy Slow

  • Squishy bentuk apa saja
  • Plastik kecil

Tahapan Langkah Cara Membuat Squishy dari Slime

  1. Masukkan squishy ke dalam plastik kecil, lalu tutuplah rapat.
  2. Masukkan plastik yang berisi squishy ke dalam kulkas, biarkan selama 10 menit.
  3. Jika sudah, keluarkan plastik yang berisi squishy tersebut dari kulkas.
  4. Kemudian buka plastik dan ambil squishynya.

Jadi deh squishy slownya! Coba deh kamu bandingkan dengan sebelum dimasukkan kulkas. Coba kamu tekan-tekan squishynya, pasti lebih lembut dan kenyal.

Cara Membuat Squishy Macaroon

cara membuat squishy
danielas.co.za

Sekarang saya akan membahas cara membuat squishy macaroon. Apa itu squishy macaroon? Squishy macaroon ini adalah squishy yang memiliki bentuk mungil, lucu, dan menyerupai kue macaroon atau kue serabi kalau dalam bahasa Indonesia.

Alat dan bahan Membuat Squishy Macaroon

  • Spons
  • Sendok
  • White glue
  • Gunting
  • Tempat hair dryer
  • Plastik
  • Pewarna (color akrilik)
  • Wadah (mangkok kecil)

Tahapan Langkah Cara Membuat Squishy Macaroon

  1. Langkah yang pertama yaitu menggunting spons hingga membentuk seperti macaroon. Guntinglah dengan perlahan, agar hasil rapi dan menyerupai bentuk aslinya.
  2. Tuangkan perekat white glue ke mangkok kecil yang sudah disiapkan.
  3. Berikan pewarna pada white glue tersebut dengan warna sesuai kesukaanmu, lalu aduk hingga merata.
  4. Setelah itu, balurkan perekat atau white glue yang sudah diwarnai tadi ke permukaan spons. Pastikan semua bagian terlapisi dengan perekat.
  5. Kemudian buatlah garis cekung melingkar pada bagian tengah spons macaroon yang sudah diberi warna tadi, lalu warnai garis melingkar tersebut dengan perekat warna putih, untuk menambahkan toping menyerupai selai.
  6. Jika semua bagian sudah terlapisi oleh perekat dan benar-benar menyerupai macaroon, gunakan hair dryer untuk mengeringkan lem.

2 pemikiran pada “Cara Membuat Squishy Mudah Sendiri di Rumah dengan Bahan Sederhana [Video+DIY]

Tinggalkan komentar