Cara Meraih Kesuksesan Dunia Akhirat

10 Cara Meraih Kesuksesan Dunia dan Akhirat Menurut Islam

Cara Meraih Kesuksesan – Siapa yang tidak mau sukses? Semua orang memiliki hasrat yang sama untuk meraih satu hal yang sangat dahsyat di dalam kehidupan ini. Dalam Islam, kesuksesan diklasifikasikan menjadi 2 ranah, yaitu sukses di dunia dan sukses di akhirat.

Cara Meraih Kesuksesan Dunia Akhirat
pixabay.com

Seseorang yang telah meraih kesuksesan dunianya belum tentu akan meraih kesuksesan di akhirat dan begitu pun sebaliknya. Bagaimana caranya agar kita mendapatkan semua kesuksesan itu? Kunci utama untuk meraihnya adalah ikhlas dalam segala menjalankan perintah-Nya dan jangan pernah berharap balasan kepada selain Allah.swt.

Insya Allah, jika kita mengharapkan akhirat, maka dunia akan mengikuti.

CARA MERAIH KESUKSESAN DUNIA DAN AKHIRAT

1. Niat yang Benar akan Membawa Keberhasilan

Cara Meraih Kesuksesan
pixabay.com

عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda “Segala amal itu tergantung niatnya, dan sesungguhnya setiap orang akan dibalas berdasarkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.”

HR. Bukhari dan Muslim


Niat menjadi hal yang penting dalam meraih kesuksesan. Disebutkan dalam hadist di atas bahwa segala amal tergantung niatnya. Pertama, kita harus memiliki niat yang benar untuk suatu keberhasilan yang ingin dicapai.

Pastikan segala sesuatu diniatkan hanya untuk beribadah kepada Allah.Swt, dan tak lupa harapkanlah ridho hanya dari-Nya.

2. Ilmu sebagai Jembatan Menuju Pintu Kesuksesan

Cara Meraih Kesuksesan
pixabay.com

“Sesungguhnya keutamaan orang berilmu atas orang yang ahli ibadah seperti keutamaan cahaya bulan purnama atas seluruh cahaya bintang.”
HR. Ahmad dan Tirmidzi


Dalam umat Islam, menuntut ilmu adalah suatu kewajiban. Namun, terkadang orang memiliki ilmu tapi tidak diamalkan, itu hal yang salah dalam proses menuntut ilmu. Ilmu itu sesuatu yang sangat berguna di dalam kehidupan. Jika kita berbuat sesuatu tanpa memiliki ilmu, maka seperti halnya berjalan di kegelapan, tak mengetahui arah dan tujuan ke mana kita akan berjalan.


“Barang siapa yang menginginkan sukses dunia hendaklah diraih dengan ilmu dan barang siapa menghendaki sukses akhirat hendaklah diraih dengan ilmu, barang siapa ingin sukses dunia dan akhirat hendaklah diraih dengan ilmu.”
Imam Syafi’I


Kamu mau sukses? Pelajarilah ilmu untuk meraihnya. Banyak orang yang gagal meraih kesuksesan karena tidak mengetahui ilmunya.

3. Silaturrahmi Mempererat Tali Persaudaraan

Cara Meraih Kesuksesan
pixabay.com

“Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang jasanya, maka hendaklah ia menjalin silaturrahmi.”
HR. Muslim


Silaturrahmi adalah salah satu kunci kesuksesan. Luangkan lah waktu untuk bertemu orang, seperti keluarga, saudara, teman, guru dan orang yang dicintai lainnya. Silaturrahmi dapat menjaga ikatan tali persaudaraan dan menambah saudara baru.


Barang siapa yang ingin dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah.swt dan menyambung silaturrahmi.”
HR. Imam Bazar dan Imam Hakim


Usahakan kita harus memanage jadwal untuk bertemu orang lain, seperti teman atau tetangga minimal 1-5 orang setiap harinya. Untuk bertemu sanak saudara yang jauh, minimal satu bulan sekali untuk menemuinya.

4. Tawakal Membukakan Pintu Rezeki

Cara Meraih Kesuksesan
pixabay.com

Dari Umar bin Khattab radiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda “Jika kalian bertawakal kepada Allah.Swt dengan sepenuh hati, niscaya Allah.Swt akan memberikan rezeki kepada kalian sebagaimana-Nya memberikan rezeki kepada seekor burung yang pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali pada sore hari dalam keadaan kenyang.”
HR. At-Tirmidzi


Tawakal berarti segala sesuatu yang kita ikhtiarkan diserahkan kepada Allah.Swt. Dalam menghadapi segala suatu urusan kita harus membulatkan keyakinan untuk menyerahkan segalanya kepada Allah.Swt, Karena Allah.Swt Yang Maha Mengetahui dan Maha Pengasih.

5. Bersyukur dapat Menambahkan Nikmat yang Diberikan

Cara Meraih Kesuksesan
deweezz.com

“Jika kamu bersyukur, pasti akan Aku tambah nikmat-Ku untukmu, dan jika kufur maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih.”
QS. Ibrahim : 7


Bersyukur salah satu cara berterima kasih dan menerima dengan ikhlas atas apa yang diberikan oleh Allah.Swt. Saat kita mempunyai keinginan yang bersifat baik, mohonlah kepada Allah.Swt agar dikabulkan. Ketika Allah.Swt telah mengabulkan, lebih atau kurangnya yang diberikan patut kita syukuri, karena segala dari-Nya adalah yang terbaik.

6. Bertaqwa Memudahkan Mencari Solusi

Cara Meraih Kesuksesan
deweezz.com

“Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah.Swt, niscaya Allah akan memberikan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah.Swt, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah.Swt telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.”
QS. Ath-Thalaaq : 2-3


Bertaqwa adalah kita sebagai hamba Alla.Swt memelihara diri dari siksaan-Nya, dengan cara menaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dengan kita istiqomah mengamalkan kebiasaan seperti itu, maka Allah.Swt akan selalu memberikan jalan keluar dalam segala hal bagi hamba-Nya.

7. Mendoakan Saudara

Cara Meraih Kesuksesan
pixabay.com

“Dari Abu Darda radiallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda “Tiada seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, kecuali malaikat berkata ‘Dan untuk kamu pula seperti itu’.”
HR. Muslim


Perhatikan sepenggal kalimat pada hadist di atas yang berbunyi “tanpa sepengetahuan saudaranya”. Kalimat dalam hadist tersebut memiliki makna tentang menjaga keikhlasan kita dalam memanjatkan doa. Tak perlu memberitahukan kepada seseorang bahwa kita sudah mendoakannya.

8. Shodaqoh untuk Memperbanyak Pahala

Cara Meraih Kesuksesan
deweezz.com

“Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah.Swt adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada setiap bulir tumbuh seratus biji. Allah.Swt akan melipat gandakan pahala bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah.Swt Maha Luas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui.”
QS. Al-Baqarah : 261


Shodaqoh memiliki banyak fadhilah, salah satunya adalah Allah.Swt yang menjanjikan bahwasanya mereka yang bershodaqoh akan dilipat gandakan pahalanya.

9. Berdoa kepada Allah.Swt

Cara Meraih Kesuksesan
deweezz.com

“Dan apabila hamba-hamba Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah bahwa Aku dekat. Aku akan mengabulkan doa orang-orang yang memohon kepada-Ku. Maka mohonlah kepada-Ku dan berimanlah kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”
QS. Al-Baqarah : 186


Berdoa adalah salah satu syarat penting setelah niat dalam meraih segala sesuatu. Jika kita telah memiliki niat lalu berdoalah kepada Allah.Swt agar niat yang sudah diluruskan ini menghasilkan buah yang matang, artinya sesuai dengan apa yang kita inginkan.

10. Berusaha untuk Mengubah Diri Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Cara Meraih Kesuksesan
pixabay.com

“Allah.Swt tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga kaum itu yang mengubahnya nasibnya sendiri.”
QS. Ar-Rad : 11


Setelah niat dan berdoa yang menjadi syarat paling penting adalah berusaha. Dengan niat dan doa, namun tanpa adanya berusaha maka sama saja bohong, tidak akan menghasilkan sesuatu apapun.

Mulailah sedikit demi sedikit membangun komitmen untuk mengubah diri menjadi lebih baik demi kesuksesan yang akan diraih.

Leave a Comment