Jalan-jalan Berjama’ah

Saya akan kembali membahas objek-objek wisata yang ada di Wilayah 3 Cirebon. Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman berkunjung ke objek-objek wisata bersama teman-teman satu angkatan saya di sekolah.

Curug Cilengkrang

Curug_putri4

Curug Cilengkrang adalah sebuah air terjun yang berada di Desa Pejambon, Kecamatan Karamatmulya, Kabupaten Kuningan. Air terjun ini berada di kawasan Lembah Cilengkrang. Curug Cilengkrang ini salah satu wisata alam yang fenomenal di Kabupaten Kuningan.

Pada liburan tengah semester tahun 2015, saya dan teman-teman alumni SMP regional Cirebon mengadakan reuni. Namun acara reuni kali ini tak seperti biasanya, yang hanya makan makan di restoran. Kali ini kami berencana mengadakan reuni dengan acara yaitu mengunjungi Curug Cilengkrang di Kuningan.

Perjalanan dari Kota Cirebon menuju Desa Pejambon membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Namun kami pada saat itu mencoba melalui jalur alternatif, jadi untuk sampai di Desa Pejambon lebih mempercepat waktu. Kami tiba di sana pukul 15.00 WIB, untuk sampai ke lokasi air terjun kami harus berjalan sejauh 3 km.

_MG_0222

Untuk akses ke lokasi air terjun kami harus melalui jalan setapak bertekstur tanah yang licin, di sebelah kiri terdapat tebing dan di sebelah kanan ada jurang yang cukup curam. Setelah berjalan sejauh 1 km pertama baru menemui pintu masuk dan di sana kami pun membeli tiket masuknya.

_MG_0237

Kami melanjutkan sisa perjalanan sejauh 2 km. Tak terasa berjalan akhirnya kami sudah melihat aliran sungai yang bersumber dari air terjun. Dan kami pun telah sampai di lokasi yang kami tuju. Saat sampai di tempat, sebagian dari kami ada yang mengabadikan momen.

Mengingat waktu dan hari yang sudah mulai petang, kami pun memutuskan untuk segera kembali pulang. Akhirnya sebagian dari kami terpaksa membatalkan untuk menikmati derasnya air terjun.

Cikalahang

12932862_1204087299601617_700715052087112408_n

Cikalahang adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. Di Desa Cikalahang terdapat banyak wisata kuliner ikan bakar. Perjalanan dari rumah saya untuk sampai ke sana hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Tepat saat setelah ujian nasional dilaksanakan, saya dan teman-teman satu angkatan akan mengadakan acara syukuran berjama’ah. Kami memilih tempat di salah satu rumah makan ikan bakar di Desa Cikalahang, yaitu rumah makan Karisma.

Tepat setelah usai ujian nasional saya dan Fawwaz lebih dahulu pulang ke rumah untuk mengambil mobil. Keesokan harinya saya dan Fawwaz berangkat dari rumah menuju pesantren untuk menjemput teman yang lain. Saat sudah sampai pesantren semuanya sudah berkumpul dan siap untuk berangkat.

12938137_1205675456109468_8167090385336031215_n
take by Fawwaz

Karena kami berangkat dari pesantren yang letaknya di Indramayu, jadi membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Desa Cikalahang. Akhirnya kami pun segera berangkat, namun di tengah perjalanan mobil yang kami tumpangi mengalami kendala.

Saat mobil yang kami tumpangi berada di jalan yang sedikit menanjak tiba-tiba saja mogok. Bayangkan saja, tipe mobil mini bus grandmax yang bagian belakangnya memang dikosongkan dan pada saat itu dinaiki oleh 21 orang. Akhirnya kami semua keluar dan mendorong mobilnya.

Saat mobil sudah kembali normal, kami segera melanjutkan perjalanan. Kami berhenti sejenak di sebuah masjid terdekat untuk melaksanakan salat jum’at. Setelah selesai kami pun melanjutkan perjalanan lagi. Tak lebih dari 15 menit akhirnya kami telah sampai di rumah makan Karisma.

Saat sudah sampai kami pun langsung memesan menu makanan yang akan kami santap. Sembari menunggu masakan siap saji, kami memilih untuk berenang lebih dahulu di kolam renang Simpatik yang berada tak jauh dari rumah makan Karisma.

Kami berenang kurang lebih selama 30 menit, lalu kembali lagi ke rumah makan Karisma. Sesampainya di sana akhirnya masakan sudah masak dan siap untuk disantap. Setelah acara makan-makan ini selesai kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan mengunjungi Cirebon Waterland yang ada di Kota Cirebon.

Cirebon Waterland

12985446_1204484519561895_7234388610987115555_n
take by Fawwaz

Cirebon Waterland adalah salah satu wisata bermain air yang berada di tepi laut Kota Cirebon, tepatnya berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Salah satu yang menjadi objek utamanya adalah kolam renang yang cukup luas dan terdapat juga wahana lain bisa dinikmati, seperti teman bermain anak, restoran yang berada di dalam sebuah replika kapal yang besar, dan juga terdapat vila di tepi laut yang bisa disewa.

Setelah dari Cikalahang kami langsung menuju Cirebon Waterland. Saat  sampai di sana hari sudah mulai menjelang malam, kami pun segera membeli tiket dan langsung masuk. Hanya selama 1 jam berada di dalam, setelah itu kami memutuskan untuk pulang.