tanaman hias

16 Jenis Tanaman Hias dari Berbagai Negara Lengkap Beserta Gambar dan Penjelasannya

JENIS TANAMAN HIAS – Tanaman hias merupakan tanaman yang memiliki fungsi sebagai penghias atau penambah keindahan suatu tempat. Tanaman hias ini sudah menjadi hal wajib yang digunakan oleh banyak orang untuk dekorasi rumah dan taman.

tanaman hias
deweezz.com

Menanam tanaman hias di rumah ini sangat bermanfaat sekali. Selain fungsi pokoknya sebagai penghias, tanaman hias juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat stres seseorang. Jadi buat kamu memiliki tingkat stres yang tinggi, cobalah untuk menanam tanaman hias di rumah.

So pasti, ada banyak sekali macam-macam tanaman hias di dunia ini. Kamu bisa mencoba menanam beberapa tanaman saja untuk menghiasi halaman rumah, dan kamu pun bisa menikmati kesegaran pagi hari yang sejuk dengan menatap keindahan tanaman hias koleksi mu.

JENIS TANAMAN HIAS

1. Tanaman Hias Lobelia

Tanaman Hias
pixabay.com

Tanaman hias lobelia ini merupakan tanaman yang memiliki bentuk unik dan paling indah untuk digantung. Keindahan terletak pada bunganya, walaupun tanaman lobelia ini berbunga tahunan. Setiap bunganya muncul, semua orang yang melihatnya akan terhipnotis oleh keindahan tanaman lobelia. Saat berbunga pun tanaman ini perlu perawatan maksimal agar tetap terjaga keindahannya.

2. Tanaman Hias Sweet Alyssum

tanaman hias
pixabay.com

Sweet Alyssum merupakan salah satu tanaman hias gantung yang berasal dari Mediterania, dan memiliki nama latin Lobularia Maritima. Sweet Alyssum sama seperti Fuchsia, memiliki rupa yang indah. Pastinya, tanaman ini juga banyak dirawat oleh para pencinta tanaman hias.

Keindahannya berasal dari tampilan yang rapi, wanginya yang khas, dan bentuknya yang lancip. Menanam Sweet Alyssum ini lebih cocok di tanah yang lembap dan perlu pengairan yang efektif. Sebaiknya jenis tanaman hias ini diletakkan di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung.

3. Tanaman Hias Portulaka

Tanaman Hias
pixabay.com

Tanaman hias Portulaka, merupakan tanaman hias yang sangat cocok sekali untuk menghiasi halaman rumah kamu. Halaman rumahmu akan terlihat indah akan kemekaran bunganya. Tak perlu taman atau halaman yang luas, cukup digantung di halaman rumah kamu. Memang lebih rekomendasi sekali untuk menanam Portulaka ini, karena memiliki ketahanan yang kuat terhadap sinar matahari. Jadi kamu tak perlu takut Portulaka ini akan layu dan mati.

4. Tanaman Hias Fuchsia

jenis tanaman hias
deweezz.com

Tanaman hias Fuchsia merupakan tanaman hias yang sangat cantik dan banyak ragam warnanya. Fuchsia biasa disebut dengan nama lain yaitu bunga anting-anting. Fuchsia ini sangat cocok sekali untuk digantung di halaman rumah, karena setiap tahunnya akan selalu hijau.

5. Tanaman Hias Begonia

jenis tanaman hias
deweezz.com

Tanaman hias begonia adalah tanaman yang berasal dari keluarga Begoniaceae. Terdapat 1500 spesies tanaman hias begonia di dunia ini. Tanaman ini memiliki dua jenis , yaitu begonia alam dan begonia eksotik.

6. Tanaman Hias Saffron Crocus

jenis tanaman hias
pixabay.com

Tanaman hias Saffron Crocus merupakan bunga yang memiliki rupa cukup sederhana. Namun walaupun rupanya cukup sederhana, bunga ini memiliki harga jual yang sangat mahal. Jenis tanaman hias bunga ini memiliki fungsi sebagai rempah-rempah, tapi terbilang cantik juga jika untuk menghiasi halaman rumah kamu.

7. Tanaman Hias Kadupul

jenis tanaman hias
deweezz.com

Tanaman Hias Kadupul, tanaman ini sangat populer sekali dikalangan para pencinta tanaman hias. Kadupul adalah tanaman hias yang menyandang sebagai bunga termahal di dunia. Dengan menyandang bunga termahal di dunia, tidak bisa dipungkiri jika bunga ini memiliki pesona yang sangat luar biasa.

Pesonanya sangat indah, juga memiliki keunikan tersendiri, dan aromanya yang harum akan terasa pada malam hari.

8. Tanaman Hias Gelombang Cinta

jenis tanaman hias
deweezz.com

Tanaman hias Gelombang Cinta adalah tanaman yang memiliki bentuk daun yang lebar dan tekstur pinggiran daunnya bergelombang. Gelombang cinta sempat menjadi tanaman hias paling populer pada tahun 2010, hingga pada kala itu harganya melesit tinggi.

Dari namanya saja sudah ketahuan letak keindahan dari tanaman hias ini. Ya, keindahannya terletak pada daunnya yang bergelombang, sehingga nama tanaman ini diambil dari bentuk dauunya.

9. Tanaman Hias Anggrek

jenis tanaman hias
pixabay.com

Anggrek adalah tanaman hias jenis epifit yang berasal dari suku Orchidaceae, yaitu suku tumbuhan berbunga yang memiliki jenis terbanyak. Di Indonesia, Anggrek banyak sekali tersebar di hutan tropis Sumatera-Papua, sehingga begitu sangat populer di kalangan pencinta tanaman hias. Keindahannya terletak pada sudut kelopak bunganya dan memiliki banyak ragam warna.

Tidak semuanya Anggrek ditanam menggantung, ada beberapa jenisnya yang memang cocok ditanam di lantai, seperti Anggrek Phalaenopsis dan Dendrobium yang hidup di batuan.

10. Tanaman Hias Dahlia

jenis tanaman hias
pixabay.com

Tanaman hias Dahlia adalah tanaman yang memiliki bunga beragam warna cerah dan mempesona. Namun, bunga ini memiliki kelemahan pada proses perkembangbiakan-nya yang terlambat di antara bunga lainnya.

Tanaman hias bunga ini lebih cocok ditanam dalam pot. Perawatannya tak jauh beda dengan tanaman lain. Untuk proses percepatan pertumbuhan bunga, cukup disiram dua bulan sekali secara rutin.

11. Tanaman Hias Kaktus

jenis tanaman hias
pixabay.com

Kaktus adalah tanaman yang dapat bertahan akan terik sinar matahari yang sangat panas. Buktinya kaktus ini masih bisa bertahan hidup di kawasan gersang seperti padang pasir.  Kaktus dapat menghiasi halaman rumahmu dengan ditanam gantung.

12. Tanaman Hias Cemara Norfolk

jenis tanaman hias
deweezz.com

Tanaman hias Cemara Norfolk, memiliki nama latin Araucaria Heteropylla. Tanaman ini berasal dari Kepulauan Norfolk di New Zealand dan termasuk dalam keluarga Araucaraceae. Cemara yang satu ini merupakan tanaman hias yang memiliki fungsi lain, yaitu bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik.

Tanaman cemara norfolk lebih baik ditanam di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Tidak lupa untuk melakukan pemupukan dan penyiraman secara rutin, agar tanaman berkembang dengan baik.

13. Tanaman Hias Geranium

jenis tanaman hias
pixabay.com

Halaman rumah kamu akan terlihat sangat indah jika ditanam dengan tanaman hias Geranium ini. Ditanam hanya dengan cara digantungkan di halaman rumah dan bisa meningkatkan keasrian rumah kamu. Geranium memiliki banyak ragam warna, seperti merah mudah, ungu, kuning, merah dan warna lainnya. Termasuk tanaman yang paling banyak dicari oleh pencinta tanaman hias, karena ketertarikan akan keindahan pada tanaman.

14. Tanaman Hias Bougenville

jenis tanaman hias
deweezz.com

Tanaman hias Bougenville, tanaman hias yang sering kali dijuluki sebagai bunga kertas, karena memiliki kelopak seperti kertas. Tanaman ini berasal dari kawasan Amerika Selatan, namun tak jarang juga ditemui di Indonesia. Bougenville juga dapat mudah berkembang di kawasan tropis.

15. Tanaman Hias Kemuning

jenis tanaman hias
deweezz.com

Tanaman hias Kemuning, tanaman yang memiliki postur bunga yang tidak terlalu besar. Walaupun hanya berwarna putih bunganya, tanaman ini masih terlihat indah dan juga memiliki bau yang wangi. Kemuning termasuk tanaman hias tahan panas, dapat bertahan pada kadar terik matahari yang cukup panas.

16. Tanaman Hias Pelargoniums

jenis tanaman hias
pixabay.com

Jenis Tanaman hias Pelargoniums adalah tanaman hias gantung yang tahan terhadap sinar matahari. Pelargoniums memiliki tangkai yang panjang, sehingga akan terlihat cantik jika kamu tanam digantung di depan rumah.

Bunganya berwarna merah dan dibagian tengahnya berwarna putih. Dengan kecantikan dari tanaman ini, rumah kamu akan terasa lebih sejuk.

Teriama kasih sudah berkunjung

Leave a Comment