permainan pramuka

22 Permainan Pramuka Siaga Sederhana, Seru dan Mudah Dimainkan

PERMAINAN PRAMUKA – Kurang lengkap rasanya jika kamu di sekolah tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu ekstrakurikuler paling populer sepanjang masa adalah Pramuka. Dalam ekstrakurikuler Pramuka ini, anggota tidak hanya sekadar berorganisasi saja.

permainan pramuka
deweezz.com

Namun, para anggota diberikan wawasan yang sekiranya dapat menggali potensi pada jati diri masing-masing dan tentunya wawasan tersebut bermanfaat bagi masyarakat luas. Pramuka mengajarkan menjalin relasi yang baik dalam berorganisasi, relasi kepada masyarakat, mengabdi pada alam, dan tentunya mendekatkan diri kepada Sang Penciptanya.

Hal yang paling dinantikan dalam pramuka adalah permainannya. Itulah yang membuat pramuka menjadi ekstrakurikuler paling favorit di sekolah, kita bisa mencari ilmu dan menghibur diri. Hanya pramuka lah ekstrakurikuler yang memiliki banyak permainan seru dan menyenangkan.

Simak yuk guys, berikut ini kumpulan permainan pramuka siaga yang mudah dilakukan, seru, dan pastinya menyenangkan.

PERMAINAN PRAMUKA SIAGA

1. Permainan Pramuka Rebut dan Rampas

permainan pramuka
deweezz.com

Nama permainan ini adalah Rebut dan Rampas. Dalam permainan ini kamu perlu mempersiapkan peralatan, yaitu tongkat atau sapu lidi yang dibagikan kepada setiap anggota dalam regu. Tujuan dari permainan adalah melatih kecekatan dan kekompakan setiap regu.

Teknis bermainnya yaitu diawali dengan semua peserta membentuk lingkaran, jarak antar orang kira-kira 1 meter. Setiap peserta memegang tongkat hingga dapat berdiri tegak di lantai.

Jika sudah ada kode instruksi “Ya”, tongkat harus dilepaskan dari pegangan dan peserta secepat mungkin menangkap tongkat teman yang ada di sebelah kanannya. Peserta akan mendapat diskualifikasi jika tongkat lebih dulu jatuh.

2. Permainan Petani dan Pencuri

permainan pramuka
deweezz.com

Permainan berikutnya yang tak kalah seru adalah Petani dan Pencuri. Kamu perlu mempersiapkan alat yang tak sulit untuk didapatkan, hanya sebuah karet gelang, kantong kacang atau potongan kain, dan buah apel.

Permainan ini dimainkan untuk melatih kecepatan. Mulanya peserta membentuk sebuah lingkaran dan salah satu peserta yang menjadi pencuri harus menyingkir dahulu atau keluar dari ruangan. Saat pencuri itu di luar, harus ada salah seorang peserta yang ditunjuk sebagai petani.

Jika sudah siap, maka dimulailah permainan. Letakkan sebuah benda di tengah lingkaran. Lalu si pencuri tersebut datang dan berjalan mengitari lingkaran. Untuk mencuri benda itu, si pencuri dapat melalui dari sudut lingkaran mana saja. Lalu tugas petani adalah menangkap si pencuri saat sudah menyentuh benda tersebut.

Yang harus pencuri lakukan adalah berusaha untuk keluar dari lingkaran tersebut, melalui jalan masuk yang ia lewati tadi, dan pencuri dianggap berhasil dan selamat jika bisa keluar tanpa tertangkap. Jika pencuri tertangkap, maka petani tersebut menjadi pencuri, kemudian dipilihlah petani baru.

3. Loncat Berantai

permainan pramuka
deweezz.com

Loncat berantai, permainan yang dilakukan untuk melatih kekuatan, kecepatan, dan kekompakan regu. Teknisnya, setiap peserta dalam satu regu membentuk barisan vertikal ke depan, dengan jarak antar orang yang berada di depannya adalah satu lengan. Kemudian semua peserta membungkuk.

Garis finish berada di 15 meter dari garis start atau dari posisi peserta yang paling depan. Jika permainan sudah dimulai, peserta paling belakang harus melompati teman-temannya hingga semua terlewati.

Saat sudah terlewati semua, peserta tersebut membungkuk kembali, kemudian peserta yang paling belakang berikutnya juga melakukan hal yang sama. Lompatan terus berantai hingga ada yang sudah sampai garis finish lebih dahulu, dan itulah pemenangnya.

4. Permainan Stick Goyang

permainan pramuka
deweezz.com

Selanjutnya adalah permainan Stick Goyang, permainan ini memiliki banyak tujuan loh teman-teman. Permainan ini dimainkan bertujuan untuk melatih kekompakan dan sikap toleransi antar peserta, kemudian melatih diri untuk siap menghadapi segala rintangan yang ada, dan rela memberikan kesempatan kepada orang lain.

Peralatan yang digunakan dalam permainan ini yaitu tali pramuka yang diharapkan setiap peserta memiliki, kemudian tongkat bambu atau papan kayu dengan panjang 3 meter, dan mempersiapkan rintangan yang beragam.

Setiap anggota harus memegangi seutas tali, kemudian letakkan tongkat bambu pada utas tali tersebut dan tarik utasan tali hingga tongkat terikat kencang. Setiap regu harus menempuh sebuah perjalanan yang akan ada banyak rintangan.

Rintangan harus dibuat dengan sesulit mungkin untuk dilewati, sehingga setiap regu harus berusaha melewatinya dengan kerja keras agar tongkat yang dibawa tak akan jatuh.

Regu yang lebih dahulu sampai di pos terakhir atau pos finish dan tongkat bambu yang dibawa tak pernah jatuh, maka regu itulah pemenangnya.

5. Permainan Baut Barisan

permainan pramuka
deweezz.com

Baut barisan adalah permainan dalam pramuka yang memiliki tujuan sangat bermanfaat. Tujuan permainan yaitu agar seluruh peserta dapat saling mengenal lebih jauh, dari mengenal fisik hingga mengenali masing-masing sifat mereka. Dengan begitu mereka akan merasa lebih dekat dan dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan dalam berkelompok.

Pertama yang perlu dilakukan adalah membagi peserta menjadi dua kelompok yang sama banyak anggotanya. Jika jumlah peserta ganjil, maka salah seorang kakak pemandu dapat masuk ke dalam salah satu kelompok.

Dalam permainan ini, kedua kelompok tersebut akan membentuk sebuah barisan. Barisan akan dibentuk berdasarkan kode instruksi dari pemandu, yaitu seperti menyesuaikan tinggi badan, panjang rambut, usia, dan seterusnya.

Pemandu akan memberikan waktu hingga 10 hitungan, lalu selesai atau belum kelompok harus jongkok. Kemudian setiap kelompok mengecek apakah kelompok lawan melaksanakan instruksi dengan benar. Pemenang dalam permainan ini adalah kelompok yang dapat melaksanakan tugas instruksi dengan benar dan cepat.


Baca juga artikel edukasi lainnya:


6. Arung Jeram Game Pramuka Seru

permainan pramuka
deweezz.com

Permainan Arung Jeram, dari namanya saja bisa dilihat ya permainannya akan seru. Permainan ini bertujuan melatih kekompakan dan kerja sama regu, melatih setiap regu untuk membangun strategi yang efisien, dan menjalankan tugas dengan baik.

Peralatan yang dibutuhkan yaitu berupa tali besar dengan diameter 5 sentimeter dan panjangnya menyesuaikan peserta regu yang bermain. Kemudian ujung tali diikat dengan kuat.

Lanjut pada teknis permainannya. Pertama, semua peserta duduk membentuk lingkaran dengan posisi kaki selonjor ke dalam. Kemudian setiap peserta kedua tangannya memegang tali, jarak antar peserta lainnya adalah satu meter, semakin rapat jaraknya akan semakin baik.

Di dalam permainan ini semua peserta berusaha untuk berdiri secara bersamaan. Namun, saat mencoba berdiri, kedua kaki harus tegak tak boleh menekuk lutut. Setelah berhasil berdiri semua, kemudian berusaha untuk duduk kembali secara bersamaan, dan diusahakan jangan sampai ada peserta yang jatuh.

7. Tawon dengan Bunga

permainan pramuka
deweezz.com

Permainan yang terbilang seru juga nih, yaitu permainan Tawon dengan Bunga. Seluruh peserta membentuk lingkaran kecil, dengan posisi jongkok dan erat berpegangan tangan. Kemudian pembina menunjuk salah seorang dari peserta sebagai “Tawon” dan lainnya menjadi bunga.

Permainan dimulai, tawon seolah terbang dengan berputar mengelilingi lingkaran, kemudian mendekati salah satu peserta yang menjadi bunga dan terjadilah tanya jawab :


Bunga : “Siapa itu?”
Tawon : “Aku Tawon.”
Bunga : “Kamu mau apa?”
Tawon : “Aku ingin memetik bunga.”Bunga : “Bunga apa?”
Tawon : “Bunga Mawar.”
Bunga : “Silakan petiklah.”


Setelah percakapan selesai, kemudian tawon memilih salah seorang peserta yang menjadi bunga, lalu menariknya untuk dilepas dari barisan. Bunga yang lepas tersebut menjadi tawon, dan tawon pun menjadi 2 ekor, kemudian bunga harus yang harus dipetik juga berjumlah 2.

Jika persentase jumlah tawon adalah 30% dari seluruh peserta, kemudian tawon dihitung dan dikualifikasikan dari regu mana sajakah. Pemenangnya adalah regu yang anggotanya paling sedikit menjadi tawon.

8. Raja dan Ratu Permainan Pramuka

permainan pramuka
deweezz.com

Permainan Raja dan Ratu ini dilakukan dengan membentuk sebuah barisan horizontal, lalu sejauh 15 meter di belakang barisan tersebut diletakkan sebuah tonggak sebagai batas.

Terbagi menjadi 2 kelompok barisan yang berhadapan, yaitu di sebelah kanan adalah Raja dan sebelah kiri adalah Ratu. Pembina sewaktu-waktu akan memberikan kode instruksi. Jika pembina memberikan kode Raja, maka barisan sebelah kanan yang berperan sebagai raja ini segera balik kanan kemudian lari menuju batas tonggak.

Barisan ratu yang ada di sebelah kiri harus mengejar dan menepuk barisan raja tersebut. Bagi peserta yang kena tepuk maka harus berhenti. Lalu dihitunglah peserta yang sampai pada batas tonggak. Pemenangnya adalah regu yang anggotanya paling banyak sampai ke batas tonggak.

9. Game Pramuka Seru Petik Lari

permainan pramuka
deweezz.com

Selanjutnya permainan seru lagi nih, yaitu permainan Petik Lari. Dari seluruh peserta dibentuk lah 2 barisan berbanjar 1, dengan jarak antar barisan yaitu 15 meter.

Jika permainan sudah dimulai, banjar 1 maju menuju barisan banjar 2 hingga berjarak 1 lengan berhadapan. Kemudian banjar 2 mengulurkan telapak tangan untuk dipetik, lalu peserta dari banjar 1 memetik atau menepuk telapak tangan peserta yang di depannya, dan segera berlari menuju ke tempat semula.

Peserta yang dipetik, yaitu banjar 2 kemudian mengejar dan menepuk peserta yang lari sebelum sampai garis batas. Bagi peserta yang kena tepuk harus berhenti, dan bagi yang menepuk mendapatkan nilai 1 angka. Pemenangnya adalah regu yang mendapatkan angka menepuk terbanyak.

10. Permainan Musang dan Ayam

Permainan pramuka selanjutnya adalah permainan Musang dan Ayam namanya. Permainan dimulai dengan seluruh peserta membentuk sebuah lingkaran besar dan bergandengan tangan.

Permainan dilakukan dengan menunjuk 2 orang dari regu A untuk menjadi musang yang harus berada di luar lingkaran. Kemudian semua peserta dari regu B menjadi ayam yang berada di dalam lingkaran. Peserta lain tetap bergandengan membentuk lingkaran, berjalan dan bernyanyi.

Musang pun berusaha menangkap ayam yang ada di dalam lingkaran, dan ayam juga berusaha menghindari tangkapan musang dengan lari keluar masuk lingkaran.

Jika ayam selalu dibiarkan keluar dan masuk lingkaran, namun untuk musang selalu dihalangi jika akan masuk. Bagi ayam yang tertangkap akan berhenti bermain dan berdiri di luar lingkaran.

11. Permainan Gerobak Sorong

Permainan Gerobak Sorong ini adalah permainan pramuka yang hanya diperuntukkan bagi pria. Diawali dengan membentuk barisan horizontal. Setiap regu menunjuk 2 orang untuk menjadi perwakilan yang akan menjadi peserta.

Dari 2 orang ini, yang satu berada dalam posisi berdiri dan satu lagi dalam posisi tangannya di bawah dan kakinya diangkat oleh peserta yang berdiri. Jika sudah ada kode instruksi “Gerobak Sorong” dari pembina, maka segeralah berjalan cepat menuju garis batas finish. Sudah jelas pemenangnya adalah mereka yang sampai lebih dahulu.

12. Permainan Pramuka Gembala, Sapi, dan Harimau

Selanjutnya adalah permainan pramuka Gembala Sapi dan Harimau. Pertama yaitu permainan dilakukan di lapangan dan membuat garis segi empat dengan ukuran lebar 10 meter, panjang 20 meter, dan garis panjang dibagi 3. Dua ruang kiri dan kanan adalah ruang bebas yang selebar 5 meter.

Peraturannya, ada 3 orang yang harus ditunjuk dari salah satu regu untuk menjadi harimau 1 orang dan 2 orang menjadi gembala. Harimau kemudian bersiap di lapangan. Gembala 1 berada di ruang bebas kiri dan gembala 2 berada di ruang bebas kanan.

Kemudian anak yang lain sebagai sapi, mereka berada di ruang bebas bersama gembala 1. Setelah pembina memberikan instruksi, maka bicara :


Gembala 2 : “Gembala 1, keluarkan sapinya!”
Gembala 1 : “Aku tak berani.”
Gembala 2 : “Mengapa”
Gembala 1 : “Ada harimau.”
Gembala 2 : “Harimau sudah ditangkap, keluarkan sapinya.”
Gembala 1 : “Ayo keluar.”


Lalu semua lari menuju ruang bebas gembala 2. Harimau pun berusaha menepuk sapi sebanyak-banyaknya. Sapi yang kena tepuk maka harus keluar lapangan dan dihitung. Regu yang menepuk mendapatkan 1 angka setiap satu tepukan sapi, dan regu yang sapinya tertepuk akan berkurang 1 nilainya. Dan regu yang paling banyak nilai lah pemenangnya.

13. Lingkaran Mahkota

Permainan seru lainnya adalah permainan Lingkaran Mahkota. Permainan ini dimulai dengan posisi awal membentuk sebuah lingkaran besar, kemudian di bagian tengahnya diberi tanda lingkaran dengan diameter 1,5 meter.

Teknisnya, peserta berbaris membentuk lingkaran besar, kemudian sambil berjalan dan bernyanyi ria. Jika pembina meniupkan peluit, maka peserta harus berlari ke lingkaran yang berada di tengah.

Pembina akan menghitung setiap regunya, berapa peserta yang berada dalam lingkaran. Maka yang berada di dalam lingkaran itulah mendapatkan “Mahkota”. Kemudian permainan dilanjutkan hingga menemukan pemenangnya. Pemenangnya adalah regu yang paling banyak mendapatkan “Mahkota”.

14. …

15. …

Itulah kumpulan permainan pramuka yang seru dan menyenangkan. Jika tidak ada permainan seperti itu, pramuka tak mungkin jadi favorit di setiap sekolah.

Artikel ini akan terus diupdate hingga semaksimal mungkin dan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Terima kasih sudah berkunjung

Leave a Comment