sejarah hari valentine

Sejarah Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang dan Hukum Merayakannya

SEJARAH HARI VALENTINE – Hallo sobat semua, kemarin kita telah merayakan momen tahun baru, namun tak terasa kembali akan masuk pada bulan kedua di tahun 2017, yaitu bulan Februari. Nah, pasti sobat semua tau kalau ini, akan ada peringatan hari kasih sayang. Yap, hari Valentine namanya.

sejarah hari valentine
deweezz.com

Hari Valentine diperingati setiap tanggal 14 Februari. Tapi sob, kalian yang sering merayakannya, apakah tau bagaimana sejarah hari valentine itu gimana? Nah, kalo belum tau, simak sob artikel ini sampai abis. Biar lebih berkesan, kalian merayakannya karena memang tau bagaimana sejarahnya, bukan karena ikut-ikutan orang lain ya sob.

Sejarah Hari Valentine

Hari Valentine atau yang biasa disebut juga sebagai hari kasih sayang, yang diperingati pada 14 Februari. Hari itu adalah di mana para kekasih yang sedang jatuh cinta kepada pasangannya menyatakan cintanya.

sejarah hari valentine
deweezz.com

 

Peringatan hari kasih sayang ini merupakan budaya Kristen yang lahir di Dunia Barat. Orang-orang di Dunia Barat sana biasanya merayakan dengan kegiatan mengirim hadiah atau kartu ucapan, berkencan dengan kekasih, dan sembahyang di gereja.

Namun dalam literatur ilmiah, asal mula sejarah berawal dari upacara ritual agama bangsa Romawi Kuno. Pada tahun 496, Paus Gelasius I membawa ritual ini masuk dalam agama Nasrani, sehingga sejak saat itu Nasrani memiliki hari besar baru, yaitu yang kini disebut Valentine Day.

Dituliskan juga keterangannya pada ‘The World Encyclopedia 1998‘ mengenai Paus Gelasius I yang membawa adat Romawi Kuno masuk dalam agama Nasrani. Keterangannya terdapat pada The Encyclopedia Britania Vol. 12 “Agar lebih mendekatkan lagi kepada ajaran kristen, pada 496 M Paus Gelasius I menjadikan upacara Romawi Kuno ini menjadi hari perayaan gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati St. Valentine yang meninggal pada 14 Februari”.

Di Amerika Serikat, pada akhir abad ke-20 masyarakat kristen merayakan dengan bertukar kartu dan memberikan segala macam hadiah, yang biasa dilakukan oleh sang pria kepada kekasihnya. Hadiah tersebut biasanya berupa bunga mawar dan cokelat.

Namun sebenarnya Hari Valentine ini bukan diperuntukkan bagi sepasang kekasih atau pacar saja, konteks hari kasih sayang ini berlaku universal, karena kasih sayang itu luas.

Hari Valentine Pada Era Modern

Budaya memperingati hari valentine dibawa oleh Bangsa Britanisa Raya, Amerika Utara. Di Amerika Serikat, kartu ucapan valentine pertama diproduksi dalam jumlah besar oleh Esther A. Howland.

Hari Valentine Menurut Syari’at Islam

sejarah hari valentine
deweezz.com

Tanggal 14 Februari, hari yang dinantikan oleh para kaum remaja, baik di Indonesia ini maupun di luar negeri sana. Para kaum remaja kebanyakan mempercayai bahwa hari tersebut merupakan hari untuk mengungkapkan rasa kasih sayang.

Islam dengan tegas, yang mendasarkan pada hukum syari’at dan aqidah, seorang muslim haram hukumnya ikut serta dalam merayakan hari besar agama lain, baik itu Nasrani maupun agama penyembah berhala lainnya.

Kasih Sayang Dalam Pandangan Islam

sejarah hari valentine
deweezz.com

Islam tegas mengharamkan untuk merayakan hari Valentine, karena memang latar belakang dan sejarahnya yang bertolak atau tidak sejalan dengan syari’at Islam.

Islam memaknai kasih sayang dengan perwujudan yang luas, karena memang agama ini penuh dengan kasih sayang antara Allah.SWT dengan Rasulullah.SAW dan juga hamba-Nya.

Cari Indah Menjalin Kasih Sayang Sesuai Syari’at

sejarah hari valentine
deweezz.com

Nih sobat muslim, daripada mengikuti ajaran yang sudah jelas diharamkan dalam Islam, kamu bisa merayakan atau memberikan rasa kasih sayang dengan cara yang Syar’i. Enggak perlu repot-repot nyiapin kartu-kartu ucapan, kado atau hadiah lainnya. Nih Sob caranya, cobain dah, pasti bakal ketagihan.

  1. Ajak teman atau saudara, pergi ke Masjid, lantunkan dzikir kepada Allah.SWT dan sholawat untuk Sang Baginda Rasul.
  2. Bercengkrama dengan pasangan. Inget! Yang sudah halal sob..
  3. Sungkem kepada orang tua kalian masing-masing sob.
  4. Traktir teman atau sahabat, sebagai rasa kasih sayang kamu kepada mereka.
  5. Lakukan hal-hal positif lainnya. Inget juga! Yang sesuai syari’at Islam.

Nah itu dia caranya, cukup mudah, sangat berkesan, dan yang paling penting mendatangkan pahala. Kami jamin, pasti bakal ketagihan. InshaaAllah, itu semua akan mendekatkan diri kalian kepada Sang Pencipta. Amin.

Terima kasih sudah berkunjung

Leave a Comment