siapakah pramoedya ananta toer

Siapakah Pramoedya Ananta Toer? Simak Biografinya Berikut Ini

SIAPAKAH PRAMOEDYA ANANTA TOER – Pramoedya Ananta Toer, seorang sastrawan tersohor yang produktif dalam mengarang dalam sejarah sastra Indonesia. Pramoedya lahir di Blora pada tanggal 6 Februari 1925, beliau telah menghasilkan karangan lebih dari 50 karya sastra dan diterjemahkan dalam 41 hingga lebih bahasa asing.

siapakah pramoedya ananta toer
deweezz.com

Pramoedya telah banyak menciptakan karya tulis dan artikel pendek yang isinya mengkritik sistem pemerintahan Indonesia saat ini. Beliau menulis buku yang berjudul Perawan Remaja dalam Cengkraman Militer, sebuah karya tulis dokumentasi tentang kisah pilu para wanita Jawa yang dipaksa menjadi wanita penghibur selama masa penjajahan oleh Jepang.

MENGAPA PRAMOEDYA ANANTA TOER JADI GOOGLE DOODLE

Nah sekarang muncul nih pertanyaan mengapa sosok beliau menjadi google doodle hari ini. Jika hari ini kamu membuka halaman search engine google, maka kamu akan melihat sesosok ilustrasi seorang pria berambut putih, memakai kacamata, dan berkaos. Sosok pria tersebut digambarkan sedang mengetik pada mesin tik manual.

Di atas kami sudah menjelaskan mengenai biografi singkat beliau. Nah hari ini, Google Doodle hari ini membuat sebuah perayaan ulang tahun ke-92 untuk beliau. Walaupun sosok sastrawan ini telah sirna dari kehidupan karena komplikasi diabetes dan penyakit jantung pada 31 April 2006 silam.

Pramoedya sempat dipenjara oleh pemerintahan Belanda di Pulau Buru selama 30 tahun. Lalu pada 1979, Pramoedya dibebaskan dari tahanan dan dinyatakan tidak bersalah dan tidak terlibat Gerakan 30 September.

Leave a Comment