contoh resensi buku non fiksi

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Contoh Resensi Buku Non FiksiKali ini kami kembali lagi dengan menyajikan artikel yang berisi contoh resensi novel non fiksi. Perlu diketahui lagi bahwa kalian yang ingin membuat resensi sebuah buku, ada kalanya untuk memahami terlebih dahulu hal yang perlu diperhatikan dalam meresensi buku dan tentunya mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan juga.

contoh resensi buku non fiksi
deweezz.com

Buat kalian yang masih belum paham juga bagaimana caranya meresensi sebuah buku, bisa simak artikel kami yang berjudul contoh resensi novel fiksi. Di dalamnya kami sajikan pembahasan yang sangat lengkap, hingga kalian yang sebelumnya belum paham akan menjadi paham setelah menyimak pembahasan di dalamnya.

Perlu diingat lagi guys, bahwasanya tujuan resensi ini adalah mengulas kembali suatu buku karya seseorang, lalu memberikan informasi kepada pembaca dan masyarakat luas tentang kelebihan dan kekurangan buku itu. Memberikan rekomendasi dan berusaha mendapatkan apresiasi baik atau tidakkah untuk dibaca dari masyarakat.

Pada artikel sebelumnya kami juga membahas tema yang sama, yaitu contoh resensi novel fiksi dan contoh resensi buku pengetahuan. Pada pembahasan kali ini kami akan menyajikan contoh resensi buku non fiksi.

contoh resensi buku non fiksi
deweezz.com

Umumnya dalam buku non fiksi banyak sekali ungkapan kiasan atau biasa disebut majas. Bagi yang belum mengetahui macam-macam majas mungkin agak sedikit sulit saat meresensi lalu menemukan ungkapan kiasan. Agar kalian paham juga mengenai majas, simak artikel kami yang berjudul macam-macam majas lengkap dengan contohnya. Jika sudah paham, langsung aja kita simak contoh resensi buku non fiksi berikut ini.

CONTOH RESENSI BUKU NON FIKSI

1. Contoh Resensi Buku Non Fiksi Teknik Seni Bermain Gitar

contoh resensi buku non fiksi
deweezz.com

Judul Buku : Teknik Seni Bermain Gitar
Penulis : Famoya
Tebal Buku : 80 halaman
Penerbit : Terbit Terang, Surabaya
Tahun Terbit : 1999

Sinopsis

Teknik Seni Bermain Gitar ini merupakan sebuah buku yang menjelaskan tutorial mudah bermain gitar. Dalam salah satu babnya, yaitu pada bab “body gitar”, menjelaskan bagaimana cara memilih gitar. Lalu pada “bab accord dan kunci nada”, memberikan sugesti bahwa akan mampu membedakan jenis nada tanpa melihat accord nada tertentu.

Gitar adalah sebuah alat musik modern, sebutan untuk pemain gitar yaitu “Gitaris”. Keinginan hati menjadi seorang gitaris muncul alami yang menciptakan kreasi melimpah tidak kenal waktu. Mungkin sejenis akademi cuma sebatas formalitas belaka.

Gitar merupakan alar musik modern yang memiliki bentuk seperti tubuh wanita dan menghasilkan melodi yang indah yang berasal dari petikan senarnya. Bentuk bodi gitar berpengaruh pada kualitas suara gitar.

Dalam memainkan gitar, tidak hanya berpacu pada teori nada mayor dan minor, tapi juga dengan ketajaman felling dan meyetem senar gitar. Selain itu, untuk menghasilkan melodi indah tidak bisa hanya asal petik, namun menggunakan nada dasar pada accord dan menentukan kunci nada.

Kunci nada pada sebuah lagu harus sinkron dengan kemampuan suara penyanyi. Dengan begitu lagu yang dinyanyikan akan terdengar indah.

Kelebihan

Buku dikemas dengan apik dan menarik. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan cocok untuk para kalangan anak muda. Disertai juga dengan kaidah EYD. Sampul buku juga sesuai dengan isi bukunya. Di dalamnya lengkap disertai gambar kunci nada dengan tabel accordnya.

Kekurangan

Dengan tebal buku hanya 80 halaman, menjadikan daftar lagu yang ada di dalamnya juga terbatas.


Baca juga : Jenis dan Macam-macam Majas Lengkap dengan Pengertian dan Contoh


2. Contoh Resensi Buku Non Fiksi Tips dan Trik Jago Main Rubik

contoh resensi buku non fiksi
pixabay.com

Judul Buku : Tips dan Trik Jago Main Rubik
Penulis : Wicaksono Adi
Tebal Buku : 184 halaman
Penerbit : Gradien Mediatama
Tahun Terbit : 2009

Sinopsis

Tips dan Trik Jago Main Rubik, buku hasil karya Wicaksono Adi. Di komunitas rubik nasional dan internasional, sang penulis dikenal dengan nama panggilan Chuck. Sang penulis membuat karya ini karena rasa jatuh cintanya terhadap permainan ini yang ia kenal pada tahun 2009.

Buku ini terbit sebagai solusi ampuh dan lengkap. Buku ini akan menjadi pedoman setia buat kalian yang ingin mempelajari permainan rubik, dimulai dari nol hingga mahir. Bahkan kalian akan bisa menyelesaikan dalam waktu di bawah 20 detik, tidak menutup kemungkinan juga mampu menyelesaikan dengan mata tertutup.

Rubik merupakan permainan puzzle mekanik yang memiliki bentuk kubus dan enam warna pada setiap sisinya. Permainan ini ditemukan pada tahun 1974, oleh Profesor Erno Rubik, yang merupakan seorang arsitek dan pemahat berasal dari Hungaria.

Dengan perkembangan pesat, rubik menciptakan sensasi dalam kancah internasional. Popularitas permainan ini merambat ke mana-mana, baik pada kalangan anak-anak maupun kalangan dewasa. Permainan yang memiliki konsep sederhana, elegan, lalu dengan mengejutkan sulit untuk diselesaikan ini memiliki pengaruh kepada orang-orang menjadi terpikat.

Satu per satu kompetisi lokal diadakan dalam lomba menyelesaikan rubik, diantaranya yaitu American Rubik’s Cube Championship pada tahun 1981, United Kingdom Rubik’s Cube Championship 1981, Canadian Rubik’s Cube Championship pada tahun 1982.

Karisma permainan rubik di kalangan publik mulai menyusut pada tahun 1990. Orang-orang sudah merasa terlalu jengkel saat mencoba menyelesaikannya, mengingat memang terbatasnya alur informasi saat itu.

Kelebihan

Banyak mencantumkan gambar yang menarik. Penjelasannya dikemas dengan sangat rinci, sehingga pemula lebih mudah mengerti saat menggunakan buku ini sebagai pedoman dalam mempelajari rubik. Tersedia indeks istilah-istilah kata yang sulit dipahami.

Kekurangan

Walaupun tersedia indeks kata, namun diantara beberapa kata yang sulit dipahami tidak masuk dalam indeks.

3. Contoh Resensi Buku Non Fiksi The Magic Smile

contoh resensi buku non fiksi
deweezz.com

Judul Buku : The Magic Smile
Penulis : Athif Abdul ‘Id
Tebal Buku : 108 halaman
Penerbit : Al-JadidTahun Terbit : –

Sinopsis

Buku ini adalah karya Athif Abdul ‘Id, lalu diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Irwan Raihan. Dalam buku yang berjudul “The Magic Smile” ini dituliskan bahwa senyum adalah kekuatan sihir yang dapat mengubah hidup Anda.

Tak satupun orang yang dapat memungkiri kekuatan magic senyuman dan dampaknya. Baik itu dampak terhadap orang lain maupun terhadap diri sendiri. Betapa banyak senyuman yang bisa membuat hati terbuka dan memengaruhi orang lain.

Senyuman menunjukkan sikap sederhana seseorang, tapi jika dilihat pada hakikatnya, senyum itu memiliki perilaku kompleks yang memikat. Secara psikis, senyum itu terdiri dari banyak makna. Ada senyum yang jujur, senyum palsu, senyum dibalik amarah, dan lain sebagainya.

Dalam buku ini penulis menjelaskan semua macam senyuman, kamu pun akan tahu bagaimanakah senyum yang ideal. Pada bagian pertama, penulis menuturkan bahwa ragam senyuman ada 18 jenis. Kemudian menjelaskan bahwa kebahagiaan hakiki dalam hidup ini terletak pada senyuman yang jujur.

Di bagian kedua, dijelaskan mengenai kemampuan senyuman jujur yang dapat membuat hati yang tertutup menjadi terbuka dan dapat memengaruhi orang lain. Dituturkan juga mengenai bantahan terhadap sangkaan orang, bahwa berwajah masam itu menandakan keteguhan dan kebijaksanaan seseorang.

Pada bagian ketiga, penulis mengajak kita untuk berbincang mengenai segenggam manfaat senyuman yang menyebarkan atmosfer kebahagiaan, senyuman dan cita-cita, lalu kemampuan senyuman guna memperkuat rasa percaya diri. Senyuman juga merupakan jalan kesuksesan dan keuntungan yang menyakinkan.

Kemudian lanjut pada bagian keempat, pada judul babnya “senyuman dan kesehatan fisik-psikis. Penulis menyimpulkan dari berbagai pendapat dari para ahli psikologi mengenai pengaruh dan efektivitas senyuman yang secara magic dapat memengaruhi kesehatan jiwa.

Di bagian kelima judul babnya yaitu “keluarga senyum”. Pada bagian ini penulis lebih fokus membahas mengenai senyum dala ruang lingkup keluarga. Fondasi dasar dari seseorang yang paling sederhana. Penulis bercerita mengenai efek senyuman istri di hadapan suami.

Ibu yang handal adalah ia yang dapat selalu tersenyum dalam membesarkan anaknya, itu merupakan sebuah manisfestasi positif yang dapat mencerdaskan generasi penerus bangsa. Interaksi yang ditumbuhkan dari sebuah senyuman dapat membuat suatu ruang yang damai, baik secara fisik maupun psikis.

Kelebihan

Buku ini dapat memotivasi banyak orang. Salah satu manfaatnya adalah dapat membimbing para pembacanya menjadi manusia yang mempunyai kunci-kunci pembuka hati. Dan dapat pula menuntun pembacanya dalam menyelesaikan masalah kehidupan dengan senyuman.

Kekurangan

Hampir tidak ada kekurangan dalam buku ini. Karena buku ini hasil terjemahan, mungkin ada beberapa kata yang secara real tidak sesuai artinya, namun masih dalam konteks makna yang sama.

4. Contoh Resensi Buku Non Fiksi Cewek Smart

contoh resensi buku non fiksi
deweezz.com | Diambil dari koleksi pribadi

Judul Buku : Cewek Smart
Penulis : Ria Fariana
Tebal Buku : 200 halaman
Penerbit : Gema Insani, Jakarta
Tahun Terbit : 2008

Sinopsis

Buku ini dibuat oleh penulis guna membantu para remaja perempuan agar dapat menyikapi permasalahan yang ada di sekitar kita. Dalam buku ini, penulis juga membahas bagaimana menjadi sesosok perempuan yang cantik, cerdas, dan memiliki kepribadian yang baik sesuai syariat Islam.

Perempuan yang cerdas sesuai syariat ialah sesosok perempuan yang dengan kecerdasannya akan semakin meningkatkan keimanannya. Perempuan yang cerdas itu tak diukur dari seberapa tinggi IPnya. Namun perempuan yang cerdas itu bagaimana mereka dapat menyelesaikan seluruh masalah dalam hidup dengan satu tolak ukur tertentu dengan tanggung jawab penuh.

Saat ini, tak jarang orang yang beranggapan bahwa perempuan yang istimewa ialah sesosok yang memiliki kecantikan di wajah. Padahal, kecantikan itu tak menentukan tingkat kecerdasan dan sikap dalam dirinya.

Secara umum, buku ini membahas dasar-dasar menjadi perempuan yang salehah. Dijelaskan dalam buku ini bagaimana menjadi perempuan yang cerdas, bagaimana sikap yang harus dimiliki oleh seorang perempuan, ganjen atau centil? Buku ini akan membantu kalian dalam menyikapi permasalahan tersebut.

Kelebihan

Buku ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat menuntun remaja perempuan menuju jalan yang benar sesuai syariat Islam. Bahasa dalam buku ini pun mudah dipahami dan juga tak terlalu baku. Banyak nasihat dalam bentuk kata mutiara dalam buku ini.

Kelemahan

Buku ini memang sangat bermanfaat, namun di pasar penjualan buku ini sangat minim pembeli. Pada bukunya, banyak terdapat gambar ilustrasi yang hanya berwarna hitam putih.

5. Contoh Resensi Buku Non Fiksi Bakat Bukan Takdir

contoh resensi buku non fiksi
deweezz.com

Judul Buku : Bakat Bukan Takdir
Penulis : Bukik Setiawan dan Andrie FirdausTebal Buku : 250 halaman
Penerbit : Buah Hati
Tahun Terbit : 2016

Sinopsis

Bukik, penulis buku ini akan membahas bagaimanakah orang tua dapat mendidik anak dengan baik dengan menyesuaikan zaman yang serba modern kini. Pada era globalisasi kini segala informasi bermunculan di mana-mana, dari informasi tertulis dalam media majalah atau pun koran hingga dalam bentuk digital, yaitu melalui internet.

Wawasan generasi tua tidak lagi relevan dengan perkembangan zaman yang terus bergulir maju. Para orang tua harus dapat menyesuaikan zaman dalam mendidik anaknya. Pertanyaan besarnya, apa tantangan  yang dihadapi seorang anak di zaman yang serba kreatif ini? Lalu bagaimana peran orang tua dalam mempersiapkan mereka agar dapat menjelajahi zaman ini.

Salah satu hal yang dihadapi orang tua dalam mendidik anaknya ialah mengetahui apa bakatnya. Istilah bakat ini akan tumbuh saat melihat seorang anak kecil yang betah menggambar, dan hasilnya pun terlihat menarik dan bagus. Kemudian kita mengatakan, “Wah anak itu punya bakat menggambar”. Pertanyaannya, mengapa bakat seorang anak itu menjadi hal terpenting bagi orang tua?

Beberapa hal ditawarkan oleh Bukik sebagai bekal. Wawasan lam tak lagi relevan karena perubahan selalu terjadi setiap waktunya, maka yang terpenting adalah kemampuan dalam belajar. Namun, belajar di sini tidak lagi duduk mendengarkan orang berpidato.

Makna belajar terjadi saat anak melakukan aktivitas mengembangkan karya atau informasi. Profes atau pekerjaan yang sering kali ditanyakan seorang anak lulus sekolah bukanlah menjadi hal terpenting, karena profesi dapat berubah.

Maka sebaiknya fokus pada pemanfaatan kekuatan diri dalam menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. Anak-anak di zaman yang kreatif ini memilih profesi tidak hanya sebagai sarana memperoleh penghasilan, melainkan guna merasakan kepuasan batin dari gaya hidup sebuah profesi yang diminatinya.

Banyak orang berkata bahwa bakat adalah sebuah potensi. Lalu para orang tua akan berusaha sekuat tenaga mengenali bakat anaknya. Untuk mengembangkan bakat ini bukanlah sesuatu yang instan, namun melalui sebuah proses yang bertahap menyesuaikan umur si anak.

Saat anak pada umur 0-7 tahun merupakan fase eksplorasi, pada umur 7-13 ialah fase belajar mendalam, lalu fase yang mengarah pada karier dimulai pada umur 13 tahun, hingga anak berumur 18 tahun dan masuk ke dalam fase karier.

Kelebihan

Buku ini menuangkan berbagai panduan dan cara yang praktis agar orang tua dapat mendampingi anaknya, dalam mengenali dan mengembangkan bakat anak tersebut.

Kekurangan

Walaupun buku ini menuangkan cara yang praktis bagi orang tua, namun ada beberapa kata yang bermakna tinggi, seperti bahasa psikolog yang sulit dimengerti oleh para pembacanya.

Terima kasih sudah berkunjung

Leave a Comment