Bekal agar benar mencari jodoh

Merasa Sulit Mencari Jodoh? 9 Amalan ini Memudahkan Mu

Amalan Mencari Jodoh – Sesungguhnya jodoh adalah rahasia Allah.swt, namun manusia harus ikhtiar mencari atau menjemputnya. Setiap manusia pasti memiliki keinginan yang sama dalam mencari jodoh, ingin mendapatkan yang saleh ataupun salehah. Namun sesungguhnya jodoh adalah cerminan diri, barang siapa yang ingin mendapat yang terbaik dari sisi-Nya, maka jadikanlah dirimu terlebih dahulu menjadi yang terbaik di hadapan-Nya.

bekal agar benar mencari jodoh
deweezz.com

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji pula, dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk wanita-wanita yang baik pula. Mereka yang dituduh itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka yang menuduh. Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).”
QS. An-Nur : 26


9 AMALAN MENCARI JODOH

1. Niat yang benar karena Allah.swt

Bekal Agar Benar Mencari Jodoh
deweezz.com

“Sesungguhnya amal perbuatan itu bergantung pada niat.”


Sudah jelas dalam dalilnya jika ingin melakukan sesuatu harus diawali dengan niat. Dengan niat yang benar karena Allah.swt, maka apa yang kita lakukan akan menghasilkan buah yang baik. Niatkan langkah mencari jodoh ini hanya untuk beribadah kepada Allah.Swt.

2. Perbanyak bergaul dengan orang saleh

Bekal Agar Benar Mencari Jodoh
aridasahputra.blogspot.com

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْمِسْكِ ، وَكِيرِ الْحَدَّادِ ، لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ الْمِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ ، أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ ، وَكِيرُ الْحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ أَوْ ثَوْبَكَ أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَةً

“Seseorang yang berteman dengan orang saleh dan orang jelek akhlaknya adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal mencium baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak memperoleh badan atau pakaian mu hangus terbakar, minimal engkau peroleh baunya yang tidak enak.”
HR. Bukhari


Pergaulan sangat berpengaruh terhadap kepribadian kamu. Jika kamu berteman dengan orang yang saleh, maka kamu juga akan menjadi pribadi yang saleh. Begitu juga dengan sebaliknya, jika kamu berada dalam pergaulan yang salah, maka pribadi saleh mu tidak akan terbentuk.

3. Silaturrahmi dengan saudara atau teman yang sudah menikah

Bekal agar mudah mencari jodoh
deweezz.com

Menjalin silaturrahmi dengan saudara atau teman kamu yang sudah menikah. Dengan amalan itu kamu bisa meminta saran atau kiat-kiat yang dilakukan saat dulu mereka berjuang mencari jodoh. Dengan begitu kamu telah mendapatkan wawasan baru dan bisa dicoba untuk mengamalkannya.

4. Banyak introspeksi diri dan memperbaikinya

Bekal agar benar mencari jodoh
deweezz.com

Manusia memang tak pernah luput dari kesalahan, oleh sebab itu ada kalanya kamu harus bisa mengintrospeksi diri lalu memperbaiki agar tidak mengulang kembali kesalahan yang sama. Jika merasa sulit dan belum menemukan jalan dalam mencari jodoh, kamu perlu pikirkan apa yang menjadi penghalang ikhtiar mu.

5. Perbanyak istighfar dan bertobat

Bekal agar benar mencari jodoh
deweezz.com

Berusahalah memperbanyak istighfar setiap hari dan menghindari perbuatan yang menimbulkan dosa, karena dosa bisa menjadi penghalang ikhtiar mu dalam mencari jodoh.

6. Mendekatkan diri kepada Allah.Swt

Bekal agar benar mencari jodoh
deweezz.com

“Hai orang-orang beriman, bertaqwalah kepada Allah.Swt dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu dapat keberuntungan.”
QS. Al-Maidah : 35


Agar mempermudah jalan ikhtiar mu, berusahalah selalu mendekatkan diri kepada Allah.Swt. Dengan begitu kamu akan mendapatkan kecintaan Allah.Swt dan akan selalu dimudahkan dalam menghadapi segala sesuatu.

7. Salat istikharah membantu menemukan petunjuk-Nya

Bekal agar benar mencari jodoh
blog.platechno.com

Jika kamu merasa bimbang dalam ikhtiar yang sudah dilakukan, jangan khawatir! Amalkan salat istikharah di malam hari mu, dengan amalan itu Allah.Swt akan memberikan petunjuk melalui mimpi atau perantara-Nya.

8. Berdoa agar diberikan yang terbaik

bekal agar benar mencari jodoh
deweezz.com

Segala sesuatu yang terbaik menurut kamu, belum tentu terbaik di hadapan Allah.Swt. Segala yang diberikan oleh-Nya sudah pasti menjadi yang terbaik. Jadi panjatkan lah doa kepada Allah.Swt agar diberikan jodoh yang terbaik menurut-Nya, bukan menurut diri sendiri.

9. Tawakal kepada Allah.Swt

Bekal agar benar mencari jodoh
deweezz.com

“Dan hanya kepada Allah.Swt hendaknya engkau bertawakal jika kamu benar-benar orang yang beriman.”
QS. Al-Maidah : 23


Jika kamu sudah berikhtiar, kemudian serahkan saja semuanya kepada Allah.Swt. Ikhtiar mu akan dijawab oleh-Nya, baik atau tidaknya menurut diri sendiri atas pemberian-Nya itu patut disyukuri.

Namun lakukanlah semua itu bukan karena mencari jodoh. Tapi berharap lah hanya mendapatkan ridho Allah.swt semata, karena keridhoan-Nya pasti Allah.swt akan memberikan yang terbaik.

Tinggalkan komentar