Ide Materi Kultum Ramadhan Ringan dan Singkat

Setiap menjelang buka puasa atau selepas sahur, pasti kamu sering mendengar kultum Ramadhan, baik di TV, radio, video YouTube atau di majlis-majlis lain. Kultum merupakan salah satu kegiatan yang bisa dikatakan wajib setiap kali bulan suci Ramadhan datang.

Materi yang disampaikan setiap harinya pun sangat bervariasi, dan sesuai namanya, penyampainnya singkat namun mendalam. Nah, buat kamu yang tahun ini mengemban tugas atau amanah untuk membawakan kultum Ramadhan, beberapa ide materi kultum berikut ini bisa jadi inspirasi.

Ide Kultum Ramadhan

Selain bisa dbawakan saat kultum di majelis, ide kultum singkat ini juga bisa kamu gunakan saat tarawih bersama keluarga nanti. Mengingat pandemi Covid-19 belum mereda, dan masyarakat masih dianjurkan untuk tarawih di rumah masing-masing bersama keluarga.

1. Hal-Hal yang Membatalkan Puasa

ramadhan
pixabay.com

Materi dasar ini sangat cocok untuk kamu bawakan di awal puasa. Meski sebagian besar orang dewasa mungkin sudah tahu hal-hal apa saja yang membatalkan puasa, namun tidak dengan anak-anak.

Nah, jika jamaah kultum kamu juga terdiri dari anak-anak, coba sampaikan materi ringan ini dengan pembawaan yang lucu. Kamu juga bisa menambahkan tips-tips agar umat muslim lebih kuat dan sabar menjalani puasa di tengah pandemi seperti sekarang.

2. Meneladani Cara Rasulullah Berpuasa

Sebagai umat muslim, kita memiliki sosok terbaik yang harus menjadi panutan sepanjang masa, yakni baginda agung Nabi Muhammad SAW.

Termasuk dengan tata cara Rasulullah berpuasa. Etika-etika beliau selama bulan Ramadhan, kebiasaan baik yang beliau lakukan dan teladan-teladan lain bisa kamu sampaikan dengan penuh khidmat.

Kamu bisa mengajak jamaah kultum untuk sama-sama mencontoh kebiasaan-kebiasaan baik beliau, bahkan Rasulullah juga sangat memudahkan para pemula yang baru belajar puasa, lho. Dengan meneladani Rasulullah, semoga kita bisa lebih dekat dengannya.

3. Jangan Malas Sahur

Ide kultum Ramadhan satu ini mungkin bisa juga jadi self rimender buat kamu yang malas makan sahur. Membiasakan diri untuk bangun lebih awal untuk menyantap menu sahur memang tidak mudah. Terlebih lagi jika kamu terbiasa bangun di akhir waktu Subuh.

Tapi, dengan menjelaskan fadilah makan sahur, kamu bisa memberikan semangat bagi pendengar untuk selalu sahur sebelum puasa wajib. Sebab, selain dapat menjaga energi tubuh agar kuat menjalankan puasa sehari penuh, makan sahur juga termasuk sunah yang sangat dianjurkan Rasulullah.

4. Kultum Dengan Materi Tentang Sabar

kultum
pixabay.com

Sejak Ramadhan 2020 lalu, masyarakat harus merasakan suasana yang cukup berbeda dengan Ramadhan-Ramadhan sebelumnya. Tarawih di rumah, dibatasinya majlis kajian, dan kekhawatiran terkait wabah Covid-19 menjadi duka yang cukup mendalam.

Meski begitu, semua yang terjadi pasti ada hikmahnya. Nah, kamu bisa membawakan kultum bertemakan “Sabar” sehingga masyarakat akan lebih kuat mengadapi situasi yang sulit ini.

Sebenarnya, tema ini sangat cocok dibawakan dalam nuansa apapun. Mengingat hidup manusia memang selalu diliputi dengan cobaan, dan untuk menguatkan diri, kesabaran adalah kunci terbaik.

5. Menjaga Kebersihan Sebagian dari Iman

Islam adalah agama terbaik yang selalu memperhatikan umatnya dari segala aspek. Tak terkecuali dalam aspek kesehatan dan kebersihan. Ya, menjaga kebersihan diri, pakaian, dan lingkungan adalah anjuran Islam yang harus dijalankan oleh setiap umat.

Dengan menjaga kebersihan, kesehatan pun akan lebih terjaga. Tentu hal ini juga sangat berkesinambungan dengan kondisi saat ini, yang mana masyarakat harus ekstra menjaga kebersihan untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Nah, karena ini termasuk materi yang sangat ringan, kamu juga bisa melatih anak-anak untuk membawakan kultum tentang kebersihan. Beri materi yang jelas dan singkat, lalu ajak si kecil untuk mengulang apa yang sudah kamu sampaikan.

6. Benarkan Tidur Seharian Selama Puasa Itu Baik?

“Tidur saat puasa adalah sunah” mungkin kalimat tersebut sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Hingga tak sedikit yang menjadikannya sebagai alasan untuk bermalas-malasan selama bulan Ramadhan.

Tapi perlu diketahui, jika tidur seharian selama puasa itu sangat mubah. Kamu justru bisa melakukan hal-hal lain yang lebih bermanfaat, seperti tadarus Al-Qur’an, membantu sesama, atau bekerja dengan niat karena Allah.

Sementara tidur dianjurkan hanya beberapa saat. Tujuannya adalah untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit meski sedang puasa, dan untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi jika kamu tidak tidur siang.

7. Materi Sedekah Selalu Jadi Favorit Pendengar

kultum ramadhan
pixabay.com

Ramadhan merupakan bulan terbaik bagi umat muslim, karena di bulan ini segala amal kebaikan akan dilipat gandakan. Seluruh umat muslim akan berlomba-lomba melakukan kebaikan, dan salah satu amal yang selalu diunggulkan dalam bulan suci ini adalah sekedah.

Keutamaan dan manfaat sedekah bagi diri sendiri serta keluarga bisa kamu sampaikan, sehingga setiap pendengar akan terpacu untuk bersedekah semaksimal mungkin.

Tekankan kembali, jika sedekah tidak akan pernah membuat si pemberi menjadi miskin, namun sebaliknya. Harta yang disedekahkan itulah, yang sesungguhnya masih tersimpan hingga di akhirat nanti.

8. Bahayanya Sifat Dengki

Puasa bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, namun effort kita justru lebih banyak dikeluarkan untuk mengendalikan emosi dan hawa napsu. Bulan penuh berkah ini adalah waktu yang tepat untuk melatih jiwa menjadi lebih baik, mengendalikan hawa napsu yang sering menguasai diri serta merenungi segala kesalahan selama kita hidup.

Salah satu renungan yang harus selalu diingat adalah, apakah sifat dengki masih menguasai hati kita? Hati-hatilah dengan sifat dengki, karena dari sini sifat-sifat buruk lainnya bisa muncul.

Agar tidak spaneng, kamu bisa menyampaikan materi kultum Ramadhan ini dengan guyonan-guyonan ringan yang mudah dipahami pendengar.

9. Target Khatam AL-Qur’an di Bulan Ramadhan? Bagi Tipsnya

Berkah Ramadhan yang seakan tidak pernah dijumpai pada bulan-bulan lain adalah, keinginan lebih dekat dengan Al-Qur’an menjadi jauh lebih besar. Jika biasanya setiap hari hanya membaca satu atau dua lembar saja, kini keinginan untuk khatam Al-Qur’an dalam sebulan sangat mengebu-gebu.

Sampaikan keutamaan banyak membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan agar pendengar lebih terinspirasi. Kamu juga bisa menyampaikan tips-tips agar sukses khatam Qur’an selama sebulan. Bahkan lengkap dengan membaca tafsirnya.

10. Malam Paling Ditunggu-Tunggu, Lailatul Qadar

puasa
pixabay.com

Menjelang akhir bulan suci Ramadhan, kultum tentang malam Lailatul Qadar bisa jadi pilihan terbaik. Begitu banyak inspirasi dan referensi kultum Ramadhan tentang Lailatul Qadar yang bisa kamu saksikan di stasiun TV, seperti SCTV.

Namun bagi seorang pemula, kamu bisa memilih materi yang ringan. Seperti keutamaan malam Lailatul Qadar. Kemudian disusul dengan ibadah-ibadah sunah yang sebaiknya dilakukan pada malam seribu bulan ini.

Kesimpulan

Sepuluh ide kultum Ramadhan di atas bisa jadi referensi kamu untuk mengisi sesi kuliah tujuh menit selama bulan Ramadhan. Teruslah memperdalam ilmu dan melatih diri untuk menyampaikan kultum dengan jelas dan mudah dipahami.

Tips penting lainnya saat membawakan kultum adalah, buat suasana semenyenangkan mungkin. Dengan begitu, pendengar akan lebih antusias dengan apa yang kamu sampaikan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.