Kumpulan Ucapan Menyambut Ramadhan Menyentuh Hati, Permintaan Maaf dan Kocak

Tak terasa, Ramadhan hampir tiba, dan sebuah kebahagiaan tak tertandingi bagi setiap umat muslim yang masih menjumpai bulan penuh berkah ini. Meski di tahun 2021 ini suasana Ramadhan tampaknya masih cukup berbeda dari tahun-tahun lalu dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum juga usai, tapi kebersamaan tetap bisa tercipta.

Jika biasanya kamu berkumpul bersama keluarga untuk menikmati momen Ramadhan bersama, tahun ini pemerintah masih menerapkan kebijakan untuk tidak mudik. Tapi tak perlu bersedih, karena kamu masih bisa saling menyapa dan mengirim ucapan menyambut Ramadhan via telepon, chat atau video call.

Ucapan Menyambut Ramadhan Menyentuh Hati

ramadhan
pixabay.com

Contoh kata-kata ucapan menyentuh hati ini bisa kamu kirimkan pada keluarga dekat, sanak saudara atau sahabat yang jauh di sana.

“Matahari bertasbih, angin memuji keagunanmu, pepohonan dan rumput berdzikir tanpa henti. Alam begitu bergembira menyambut bulan penuh ampunan ini. Selamat datang bulan suci Ramadhan, bulan terbaik bagi umat muslim. Selamat beribadah puasa. Semoga segala amal ibadah kita diterima dan ampunan senantiasa menghampiri kita.”

“Burung-burung terbang dengan riangnya, matahari tersenyum dengan manis dan angin berhembus lembut tatkala Ramadhan datang. Tak ada yang tak bahagia menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Marhaban ya Ramadhan, semoga kita termasuk hamba-Nya yang mendapat berkah besar di bulan agung ini.”

Sebelum cahaya padam, sebelum pintu taubah di tutup, sebelum kehidupan di dunia berakhir, dan sebelum Ramadhan datang, ijinkan saya memohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan.”

“Jika hati sebersih awan, jagalah agar tidak ada yang mengotorinya. Jika senyum seindah bulan sabit, jangan biarkan senyuman itu lenyap dari hari-harimu. Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah penuh berkah.”

“Tidak ada kebahagiaan tanpa rasa syukur di hati. Tidak ada rasa syukur tanpa sabar, dan tidak ada sabar tanpa memaafkan. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin, semoga Ramadhan tahun ini hati kita selalu dijaga dalam kebaikan.”

“Selama 30 hari, Ramadhan mengajarkan kita untuk menjaga dan membersihkan hati. Kasih sayang selalu dipupuk antar umat muslim. Kebahagiaan seperti inilah yang sulit untuk didapat pada bulan lain. Selamat menjalankan ibadah puasa, barakallah.”

“Ramadhan kembali mengunjungi kita. Sebuah nikmat dan kesempatan besar kembali datang. Semoga hati kita selalu dituntun untuk lebih dekat dengan-Nya. Marhaban ya Ramadhan.”

“Fajar Ramadhan akan segera datang, menyinari hati yang dipenuhi kegelapan dosa. Semoga sinar-sinar Ramadhan dapat menyucikan jiwa kita, dan membawa pada kenikmatan terbaik, dekat dengan Sang Pencipta. Marhaban ya Ramadhan.”

“Seperti jalanan yang tak pernah bersih dari kerikil. Begitu juga dengan kehidupan yang tak pernah luput dari cobaan dan kesalahan. Dan di bulan suci inilah kesempatan kita untuk memohon ampun, kelak Allah akan memperbaiki hidup kita. Marhaban ya Ramadhan.”

“Bulan kebahagiaan segera tiba. Persiapan terbaik yang harus kita lakukan adalah membersihkan hati yang tak pernah luput dari kesalahan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.”

“Bulan berkah kembali datang, ketenangan jiwa segera menetap. Akankah kita sia-siakan bulan suci ini? Mari persiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, dan raih kemenangan yang begitu besar.”

Ucapan Minta Maaf di Bulan Ramadhan

ucapan ramadhan
pixabay.com

Selain dosa pada Allah SWT, setiap manusia tak pernah luput dari kesalahan terhadap sesama. Sehingga sebelum bulan suci Ramadhan datang, tak ada salahnya mengirim ucapan menyambut Ramadhan dengan konteks minta maaf. Sehingga Ramadhan tahun ini, hati lebih tenang dan fokus dengan ibadah pada Allah SWT.

  • “Manusia tempatnya salah. Tak ada satu manusia pun yang luput dari kesalahan. Menyambut bulan suci ini, mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan yang pernah diperbuat. Semoga Allah selalu memberkahi kita.”
  • “Harga diri seseorang tidak akan turun dengan minta maaf. Namun harga diri seseorang akan naik ketika mampu memaafkan sesamanya. Mohon maaf lahir batin.”
  • “Syahrul taubat akan segera datang. Namun hati tak kunjung tenang kala kesalahan pada sesama belum juga terhapus. Mohon maaf lahir batin kawanku. Marhaban ya Ramadhan.”
  • “Lidah memang tak bertulang, hingga dengan mudahnya ia tergelincir mengucap kata-kata yang menyayat hati sesamanya. Alangkah hinanya jika diri ini tak berkenan meminta maaf. Mohon maaf lahir batin, Marhaban ya Ramadhan”
  • “Luka karena goresan pedang bisa sembuh. Namun luka hati akan sukar sembuh tanpa permintaan maaf. Untuk itu, mohon maafkan segala kesalahan yang pernah diperbuat. Marhaban ya Ramadhan.”
  • “Selembut empun pagi, secantik mentari kala memancarkan sinarnya. Begitu juga dengan permintaan maaf yang diterima secara tulus. Mohon maaf lahir batin.”
  • “Tak ada kata seindah dizkir, tiada bulan seindah Ramadhan, dan tak ada yang lebih mempesona selain hati yang pemaaf. Ramadhan hampir tiba, ijinkan diri ini menerima maaf darimu. Marhaban ya Ramadhan.”
  • “Saat tangan tak sampai untuk menjabat. Saat mata tak bisa saling menatap. Hanya ucapan maaf yang mampu ku katakan. Semoga hati kita senantiasa dibersihkan, sesuci bulan Ramadhan.”
  • “Jika harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika jiwa ini dipenuhi dosa, maka taubatlah pembersihnya. Jika diri ini tak luput dari kesalahan, maka permohonan maaflah yang bisa diutarakan. Marhaban ya Ramadhan. Semoga Allah selalu membukakan pintu taubatnya pada kita.”

Ucapan Kocak Untuk Sahabat saat Menyambut Ramadhan

menyambut ramadhan
pixabay.com

Tidak harus selalu menggunakan kata-kata bijak, ucapan menyambut Ramadhan juga bisa disampaikan dengan kalimat lucu atau ucapan dengan bahasa daerah, pantun bahkan slogan sederhana. Namun tetap mengandung makna dalam.

Kamu bisa memberikan ucapan-ucapan lucu ini untuk sahabat terdekat.

  • “Bersiaplah untuk menyaksikan iklan sirup yang tampak begitu segar setiap harinya, sebagai pertanda Ramadhan segera datang. Marhaban ya Ramadhan, tetap semangat puasa!”
  • “Ada angsa beli pusa (CAKEP). Burung kakak tua hingga di jendela (CAKEP). Tak terasa sudah mau puasa. Jangan lupa untuk memperbanyak pahala!”
  • “Main ke Jogja hari Selasa. Pulangnya naik kereta. Sehari lagi kita akan puasa. Mohon maaf lahir batin ya.”
  • Kalau kamu putus cinta pasti galau. Lihat status lucu bikin ketawa. Meski puasa di musim kemarau. Lanjutannya ga nyambut gan :D. Mohon maaf lahir batin yak! Tetap puasa dan jangan putus asa.”
  • “Orang Sunda beli bolu pandan. Yang jual orang Jawa. Perbanyak ibadah di bulan Ramadhan, ingat hanya amal ibadah yang kita bawa.”

Kesimpulan

Beberapa contoh ucapan menyambut Ramadhan di atas bisa kamu kirimkan ke keluarga, kerabat, rekan kerja atau sahabat. Selain ucapan kebahagiaan dan permohonan maaf, doa terbaik juga turut kamu sertakan pada kata-kata di atas.

Nah, biar lebih “ngena” kamu juga bisa menggunakan hadist untuk ucapan yang lebih mendalam. Pilih hadist yang sesuai dengan suasana Ramadhan.

Yuk kirim ucapan Ramadhanmu sekarang juga, dan rasakan kebahagiaan sederhana yang tercipta dengan saling menyapa pada sesama muslim.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.