contoh cover makalah

7 Contoh Cover Makalah Beserta Cara Mudah Membuatnya Yang Baik dan Benar

CONTOH COVER MAKALAH – Tak jarang memang seorang pelajar, mahasiswa atau pun anggota organisasi menganggap cover atau sampul makalah itu hal yang remeh. Dalam setiap pembuatan makalah, mereka sangat fokus dalam merancang isinya.

contoh cover makalah
deweezz.com

Sebenarnya, yang menjadi daya tarik utama adalah covernya. Karena yang pertama akan ditatap oleh pembaca adalah covernya, dari situlah pembaca akan tertarik untuk membuka dan membaca isi makalahnya.

Namun, ada beberapa kesalahan yang cukup fatal. Selain yang terlalu fokus terhadap isi makalahnya, sehingga cover terlihat biasa saja. Ada juga yang fokus pada pembuatan desain cover makalahnya, sehingga kualitas isinya tidak diperhatikan. Jangan seperti ya sob, seharusnya dengan cover yang menarik maka isi juga harus berkualitas, agar pembaca tidak kecewa.

Tapi ada juga mereka yang membuat cover biasa aja itu bukan karena malas, tapi karena bingung bagaimana cara membuatnya yang baik dan benar. Tenang aja sob, sekarang kalian jangan khawatir, nih kami berikan solusinya.

CARA MEMBUAT COVER MAKALAH

contoh cover makalah

Kerangka Makalah

1. Judul Makalah

Judul adalah bagian pertama yang harus ditulis. Fungsinya yaitu guna memberikan informasi pokok kepada pembaca mengenai hal yang akan dibahas pada makalah tersebut. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan judul adalah:

Format

  • Menggunakan font Times New Roman, size: 14 atau 16, huruf kapital (caps lock) dan Bold
  • Pengaturan Margin (batas tepi kertas), kiri: 3,5 cm, kanan: 2 cm, atas dan bawah: 2,5 cm
  • Letak menggunakan rata tengah, tekan CTRL+E di Microsfot Word
  • Kertas A4

Tips

Judul dirancang dengan susunan kalimat yang singkat, padat, akurat, menarik dan bersifat informatif.

2. Tujuan Pembuatan Makalah

Nah, selanjutnya adalah bagian Tujuan Pembuatan Makalah. Pada bagian ini ditulis berupa alasan atau dengan tujuan apakah kalian membuat makalah ini. Misalnya “Makalah ini dibuat sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Nasional dan Uji Kompetensi“. Ditulis dengan ukuran huruf: 12.

3. Logo Organisasi/Lembaga/Instansi

Logo menjadi hal yang wajib dalam penyusunan cover makalah, karena menunjukkan bahwa makalah tersebut memang bersifat formal.

Logo diletakkan pada bagian tengah cover, untuk ukurannya dapat disesuaikan, yang terpenting jangan terlalu kecil atau besar, cukup bisa terlihat jelas oleh pembaca.

4. Identitas Penulis/Penyusun Makalah

Identitas penulis atau penyusun makalah dituliskan di bawah logo. Jika penyusun ini individu tuliskan nama, kelas/jurusan, dan nomor identitas diri. Nah, bagaimana jika makalah ini tugas kelompok? Cukup tuliskan nama anggota dalam kelompok itu saja.

Identitas penulis atau penyusun ini memiliki peran penting sob. Identitas ini sebagai penunjuk kepemilikan karya makalah tersebut, juga agar tidak diklaim milik orang lain atau pun ditiru kerangka materinya.

5. Identitas atau Nama Lembaga/Sekolah/Universitas/Jurusan/Instansi

Selanjutnya, di bawah identitas penulis, tuliskan identitas lembaga/sekolah/instansi/universitas yang penulis tersebut tempati. Penulisan menggunakan huruf kapital dan ditebalkan (Bold), contoh:

Nama Sekolah dan Universitas
  • SMK NU KAPLONGAN
  • UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
  • HARDVARD OF UNIVERSITY
Nama Jurusan
  • ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 CIREBON
  • MANAJEMEN INTERNATIONAL UNIVERSITAS PASUNDAN
  • FACULTY OF HEALTH OXFORD UNIVERSITY

Keterangan : Nama sekolah atau universitas diletakkan di bawah nama jurusan.

6. Alamat

Jangan lupa sob, tuliskan identitas alamat sekolah/universitas/lembaga tersebut. Untuk penulisannya menggunakan font size: 10. Tuliskan nama jalan, nomor alamat, kecamatan atau distrik, kabupaten, provinsi, dan kode pos. Sertakan kontak yang bisa dihubungi, nomor telepon, faksimile, dan email.

7. Tahun Pembuatan Makalah

Poin yang terakhir adalah tahun pembuatan makalah. Karena makalah ini bersifat dokumen, maka tahun pembuatan ini berperan penting. Fungsinya sebagai pengingat ketika suatu saat dibutuhkan lagi, dan memudahkan dalam sistem pengarsipan.

CONTOH COVER MAKALAH

1. Contoh Cover Makalah Individu

contoh cover makalah
deweezz.com

Cover makalah individu ini digunakan untuk makalah atau tugas laporan siswa atau mahasiswa yang bersifat pribadi.

2. Contoh Cover Makalah Kelompok

contoh cover makalah
deweezz.com

Cover makalah kelompok digunakan untuk makalah atau tugas laporan siswa atau mahasiswa yang bersifat kelompok atau terdiri dari banyak anggota dalam satu tugas.

3. Contoh Cover Makalah Penelitian SMP

contoh cover makalah
deweezz.com

Cover makalah penilitian SMP digunakan untuk makalah atau tugas laporan bagi siswa SMP, khususnya dalam tugas makalah penelitian.

4. Contoh Cover Makalah Ilmiah SMA

contoh cover makalah
deweezz.com

Cover makalah ilmiah SMA digunakan untuk makalah atau tugas laporan bagi siswa SMA.

5. Contoh Cover Makalah Bahasa Inggris

contoh cover makalah
deweezz.com

6. Contoh Cover Makalah Sekolah

contoh cover makalah

7. Contoh Cover Makalah Sekolah Bahasa Inggris

contoh cover makalah

1 thought on “7 Contoh Cover Makalah Beserta Cara Mudah Membuatnya Yang Baik dan Benar

Leave a Comment