jenis jenis teks karangan

Jenis Jenis Teks Karangan dalam Bahasa Indonesia beserta Contohnya

JENIS JENIS TEKS KARANGAN Kita sebagai anak bangsa Indonesia harus tahu ya segala kekayaan yang dimiliki oleh negeri tercinta ini. Salah satu kekayaan yang selalu digunakan untuk berinteraksi adalah bahasa. Ya, negeri ini memiliki aset yang sangat berharga, dari ujung Sabang hingga Merauke semua lapisan masyarakat berinteraksi degan bahasa yang dimiliki negeri ini, yaitu Bahasa Indonesia.

jenis jenis teks karangan
deweezz.com

Maka tak bisa dipungkiri jika di sekolah siswa/siswi wajib mempelajari pelajaran bahasa Indonesia. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang jenis jenis teks dalam bahasa Indonesia, karena mengingat teman-teman yang masih duduk di bangku sekolah sebentar lagi akan menghadapi Ujian Akhir Semester 1 (UAS 1). Nah, artikel ini bisa jadi referensi buat kalian untuk belajar di rumah.


Artikel Menarik Lainnya :


PENGERTIAN KARANGAN

jenis jenis teks
deweezz.com

Karangan adalah sebuah karya tulis yang dituangkan dari hasil kegiatan seseorang guna mengemukakan gagasan dan menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada para pembaca untuk dipahami.

Ada berbagai jenis karangan atau teks dalam bahasa Indonesia, yang mana setiap jenisnya memiliki pengertian, struktur, dan ciri khas yang berbeda. Kami akan bahas mengenai itu semua, berikut ini ulasannya.


Baca Juga: Kumpulan Contoh Puisi Chairil Anwar Yang Melegenda


JENIS JENIS TEKS KARANGAN

Jenis Teks Karangan Eksposisi

jenis jenis teks
deweezz.com

Teks Eksposisi merupakan sebuah karangan yang mengandung sebuah informasi. Karangan ini ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan definisi dengan tata penulisan yang singkat, padat, dan akurat.

Contoh Teks Eksposisi

DAMPAK NEGATIF AKSI MOGOK BURUH

Aksi mogok nasional buruh tidak hanya membuat perusahaan mengalami kerugian, tetapi juga membuat para investor asing merasa tidak nyaman. Bahkan beberapa investor sempat menyatakan akan hengkang dari Indonesia. Dalam Wacana dan pembicaraan, ada investor yang komplain dan berniat untuk keluar dari Indonesia.

Aksi mogok nasional buruh ini banyak merugikan berbagai pihak. Baik buruh itu sendiri, pengusaha, investor, pemerintah, dan masyarakat, karena kondisi yang tak nyaman. Menurut para buruh, aksi yang mereka lakukan telah membuat sejumlah perusahaan tidak beroperasi.

Sedangkan bagi pemerintah, kerugian yang dialami adalah masalah stabilitas, sehingga bisa membuat para investor merasa trauma.

Jenis Teks Karangan Eksplanasi

jenis jenis teks
deweezz.com

Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi tentang hasil sebuah penelitian atau observasi. Isi dari teks eksplanasi ini mengandung unsur sebab akibat, yaitu berkaitan dengan “Mengapa” dan “Bagaimana” fenomena alam, budaya, sosial, ilmu pengetahuan, dan kejadian lain bisa terjadi.

Contoh Teks Eksplanasi

PELANGI

Pelangi adalah suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahri oleh butiran air. Pelangi juga dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya.

Pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang jelas.


Baca Juga: Kumpulan Puisi Persahabatan Paling Syahdu Sedunia


Jenis Teks Karangan Narasi

jenis jenis teks
deweezz.com

Teks Narasi adalah sebuah karangan yang berisi sebuah rangkaian peristiwa atau kejadian dari waktu ke waktu. Peristiwa dalam teks ini ditulis dengan alur yang berurutan, sehingga ada bagian awal, tengah dan akhir.

Narasi memiliki 3 unsur pokok, yaitu; kejadian, tokoh, dan konflik. Jika ketiga unsur disatukan, maka disebut dengan plot atau alur.

Contoh Teks Narasi

Pergilah Uncal ke pasar dengan mengendarai sepeda buntutnya, sesampainya di pasar dibeli lah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli, ia kembali mengayuh sepeda buntutnya menuju ke rumah yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.

Jenis Teks Karangan Deskripsi

jenis jenis teks
deweezz.com

Teks Deskripsi ialah sebuah bentuk karangan yang gagasan utamanya itu menggambarkan sebuah objek atau peristiwa yang sedang viral secara rinci. Dengan seperti itu pembaca seakan-akan merasakan langsung apa yang digambarkan dalam karangan deskripsi tersebut.

Contoh Teks Deskripsi

Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi. Tinggi tiang itu sekitar 8 meter. Tiang tersebut diberi cat warna putih. Di ujung tiang terlihat sang merah putih berkibar. Bendera tersebut akan dikibarkan pada saat upacara hari Senin pagi.

Jenis Teks Karangan Argumentasi

jenis jenis teks
deweezz.com

Karangan Argumentasi secara umum memiliki arti sebuah ungkapan pendapat. Secara penjabarannya, teks karangan argumentasi ini ditulis guna meyakinkan pambacanya. Isi pada karangan ini berupa pembuktian, penjelasan, alasan, atau pun opini secara objektif. Ditulis secara rinci dengan menyertakan contoh, analogi dan sebab akibat.

Contoh Teks Argumentasi

Narkoba mengandung beberapa zat-zat yang sangat berbahaya bagi tubuh. Salah satunya yaitu zat adiktif. Zat inilah yang akan mengganggu sistem saraf pada tubuh. Zat adiktif yang telah masuk ke dalam tubuh akan menuntut otak untuk terus mengkonsumsinya. Akibatnya para pengkonsumsi narkoba akan menjadi sakaw dan tidak bisa lepas dari narkoba.

Jenis Teks Karangan Persuasi

jenis jenis teks
deweezz.com

Karangan Persuasi adalah sebuah teks yang isinya sebuah ungkapan untuk memengaruhi dan meyakinkan orang lain, umumnya disebut sebagai kalimat ajakan. Dengan persuasi ini setiap orang menyampaikan informasi lalu mencoba memengaruhi kepercayaan dan harapan orang lain.

Contoh Teks Persuasi

Ayo Tanamkan Jiwa Saling Tolong Menolong

Manusia adalah makhluk sosial yang berarti tak bisa hidup sendiri. Kita pasti membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan semua urusan kita di dunia ini, di mulai dari ketika lahir hingga menemui kematian.

Selain itu, pekerjaan yang dilakukan bersama-sama akan terlihat muda. Seperti pepatah mengatakan, “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.” Meski pun ada beberapa pekerjaan yang bisa kita lakukan sendiri, tetapi pekerjaan itu akan terasa berat dan hasilnya kurang memuaskan.

Namun, jika kita bisa saling membantu, maka pekerjaan itu akan terasa sangat muda dengan hasil yang optimal. Oleh karena itu, marilah kita tanamkan jiwa saling tolong menolong dengan sesama, agar semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

TINGKATKAN WAWASAN KAMU DENGEN MEMBACA

 Terima kasih sudah berkunjung

Leave a Comment