Pengertian Puisi

Memahami Pengertian Puisi, Jenis Jenis Puisi, Unsur-unsur, dan Ciri-ciri Puisi serta Strukturnya Secara Detail

PENGERTIAN PUISI – Assalamu’alaikum beroo and sist.. Mas Admin kali ini enggak perlu basa-basi panjang lebar deh. Hehe.. Lagi badmood. Langsung aja deh to the point. Pada artikel ini Mas Admin akan membahas secara detail, menggali lebih dalam tentang Pengertian Puisi, Jenis-jenis Puisi, Unsur-unsur puisi, Struktur Puisi, dan Ciri-ciri Puisi.

Seperti tadi Mas Admin bilang, enggak perlu basa-basi panjang lebar. Di sini Mas Admin akan membagikan ilmu yang InshaAllah bermanfaat bagi Bro and Sist semuanya. Oke lah kalo begitu. Mari simak artikel ini sampai habis. HABISKAN ARTIKELNYA!!! SEMANGAT!

Pengertian Puisi

Pengertian Puisi
Deweezz.com | Pengertian Puisi

Buat teman-teman yang masih SMP atau SMA nih, tau enggak pengertian puisi itu apa? #Puisi itu kata-kata indah kak #Puisi itu kata-kata cinta #Puisi mah kata-kata yang bikin baper tuh kak.. Huft.. Teman-teman, jawaban kalian kurang tepat. Ini nih pengertian puisi yang bener..

Pengertian Puisi Secara Bahasa

Puisi, secara singkat adalah seni tertulis, yang mana berasal dari sebuah makna bahasa Yunani Kuno: poiéo dalam bahasa Inggris berarti I Create. Di sini puisi termasuk dalam bentuk seni. Seni tertulis yang dibuat oleh penyair dengan menggunakan bahasa yang penuh mengandung makna.

Pengertian Puisi Secara Umum

Secara umum, puisi adalah sebuah hasil karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan perasaan dan pemikiran seorang penyair. Puisi dibuat atas dasar ungkapan perasaan penyair dengan rangkaian bahasa yang indah serta mengandung makna, irama, rima, matra dan bait.

Puisi akan lebih kuat dan mengena kepada hati pembaca jika dibuat dari hati, kemudian dituangkan secara imajinatif, lalu berkonsentrasi dalam penyusunan bahasa pada struktur fisik dan batinnya.

Dapat disimpulkan bahwa puisi adalah seni tertulis yang menggunakan bahasa untuk menguatkan kualitas estetika nya (keindahan).

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

  • Puisi Menurut Thomas Carlye
    Menurut Thomas Carlye, puisi adalah ungkapan pikiran yang bersifat musikal
  • Puisi Menurut Sumardi
    Sumardi menyatakan puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang disingkat, dipadatkan, dan diberi irama dengan bunyi yang padu dengan pemilihan kata-kata imajinatif.
  • Puisi Menurut Herman Waluyo
    Puisi menurut Herman Waluyo adalah karya sastra tertulis yang paling awal ditulis oleh manusia
  • Puisi Menurut James Reevas
    James Reevas, puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya tarik.

Unsur-Unsur Puisi

Unsur Intrinsik Puisi

Apa itu unsur intrinsik? Dalam puisi, unsur intrinsik adalah segala unsur-unsur yang terkandung dan tercipta dari sebuah jiwa puisi itu sendiri. Nah, inilah unsur intrinsik yang terkandung dalam sebuah puisi:

  1. Tema
  2. Nada
  3. Rasa
  4. Diksi
  5. Amanat
  6. Imajinasi
  7. Majas
  8. Rima
  9. Tipografi
  10. Ritme
  11. Enjambemen
  12. Akulirik
  13. Citraan
  14. Kata Konkret

Unsur Ekstrinsik Puisi

Jika intrinsik tadi adalah sebuah unsur yang terpancar dari jiwa puisi tersebut. Maka unsur ekstrinsik puisi adalah unsur yang tercipta dan datang dari luar naskah puisi. Seperti berasal dari penyair (penulis puisi) atau lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

Berikut inilah unsur-unsur ekstrinsik puisi:

  1. Unsur biografi
  2. Nilai cerita dalam puisi
  3. Unsur Sosial

Jenis-Jenis Puisi

Jenis Jenis Puisi
Deweezz.com | Pengertian Puisi

Di Indonesia, Puisi dikenal dan dipakai sejak dahulu kala oleh masyarakat tradisional. Karena masyarakat sudah mengenal sejak lama itulah yang menjadikan puisi sebagai bentuk karya sastra tertua di Nusantara.

Masyarakat tradisional pada kala itu menggunakan puisi sebagai mantra, atau disebut sebagai tradisi tembang Jawa. Pada tradisi itu setiap lirik pada bait puisi dilantunkan dengan diiringi musik tradisional Jawa.

Dahulu puisi sering dipertunjukkan pada acara adat dan sakral, seperti tradisi mitoni, pernikahan, dan upacara adat lainnya.

Seiring berjalannya waktu, semakin berkembanglah wawasan masyarakat dan teknologi yang lebih maju. Sehingga puisi juga ikut berkembang mengikuti rotasi zaman. Dicetuskanlah karya puisi yang telah ada sebelum abad ke-20 disebut sebagai puisi lama, dan setelah masuk abad 20 muncullah bentuk puisi baru.

Puisi lama dan puisi baru, memiliki macam-macam bentuk puisi yang berbeda. Berikut ini Jenis Puisi dan macam-macamnya:

Jenis Puisi Lama

a. Mantra

b. Pantun

c. Karmina

d. Seloka

e. Gurindam

f. Syair

g. Talibun

Jenis Puisi Baru

a. Himne

b. Balada

c. Epigram

d. Romansa

e. Satire

f. Ode

g. Elegi

Ciri-ciri Puisi

Pengertian Puisi
Deweezz.com | Ciri-ciri Puisi

Ciri-ciri Puisi Lama

Ciri-ciri yang mencolok dalam puisi lama adalah banyaknya aturan yang harus dipenuhi untuk merangkai sebuah puisi. Antara lain:

  • Jumlah kara dalam satu baris
  • Jumlah baris dalam satu bait
  • Sajak atau rima yang senada
  • Setiap baris mengandung banyak suku kata
  • Irama

Ciri-ciri Puisi Baru

Dalam segi bentuknya, puisi baru tidak begitu mengacu pada standar kontekstual puisi. Lebih bebas dalam merangkai, mulai dari jumlah barisnya, suku kata, hingga rima-nya.

  • Bentuk puisi bebas, namun tertata rapih
  • Setiap bait mengandung akhir sajak yang teratur
  • Lebih dominan menggunakan pola sajak syair dan pantun
  • Tiap barisnya mengandung 4-5 suku kata
  • Antara bait satu dengan yang lainnya saling berkaitan

Selesai sudah pembahasan mengenai pengertian puisi, ciri-ciri puisi, jenis-jenis puisi dan strukturnya. Semoga ini dapat bermanfaat buat kalian semua teman-teman, Bro and Sist. Hehe. Sampai jumpa di artikel berikutnya. See you next time..

TINGKATKAN WAWASAN KAMU DENGAN MEMBACA

Terima kasih sudah berkunjung

Tinggalkan komentar