Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa, Banyak Part yang Mengandung Bawang!

Selama ini mungkin kamu lebih banyak mengenal anime bergenre fantasi, romantis school, atau petualangan. Namun ternyata, sad anime atau anime sedih juga cukup menarik untuk ditonton.

Alur cerita dan penyampaian yang menyentuh hati dijamin akan membuat setiap pentontonnya baper. Bahkan tak jarang sampai membuat penontonnya berlinang air mata, lho. Jadi jangan salah ya, bukan hanya drama atau movie Korea saja yang sukses membuat penontonnya baper, tapi anime Jepang juga banyak menyuguhkan tontonan yang mengandung bawang, alias melow.

Rekomendasi Anime Sedih Sad Ending

Sebelum mulai maraton beberapa judul anime ini, siapkan tisu karena kamu akan dibuat menangis hingga cerita berakhir.

1. Shigatsu Wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

anime bikin nangis

Salah satu sad anime terbaik yang menggambarkan betapa pentingnya persahabatan, cinta, dan keluarga adalah Your Lie in April. Anime yang juga menjadikan musik sebagai poin interest ini mengisahkan tentang Arina Kousei, seorang remaja yang memiliki trauma untuk memainkan alat musik, khususnya piano.

Trauma yang muncul akibat kematian ibunya ini membuat Arima selalu berusaha menjauhi alat musik. Hingga ia bertemu dengan seorang gadis pemain biola, Miyazono Kaori.

Meski pada pertengahan kamu akan dibuat baper dengan kedekatan keduanya, yang mana Kaori mengajak Arima untuk perlahan melepaskan diri dari jebakan trauma masa lalunya itu. Namun, pada akhir cerita, kamu justru akan dibuat nangis bombay, karena kedekatan keduanya justru berakhir menyedihkan.

2. Clannad: After Story

anime sedih bikin nangis

Tomoya, sosok remaja menjadi tokoh utama pada anime sedih ini awalnya tampil dengan gaya berandalan. Remaja yang hanya hidup berdua dengan ayahnya ini kemudian bertemu Nagisa, seorang gadis cantik yang menderita suatu penyakit.

Pasangan remaja yang menempuh pendidikan SMA bersama ini terpaksa harus karena Nagisa tinggal kelas, akibat penyakit yang dideritanya. Sembari menunggu Nagisa lulus, Tomoya bekerja untuk menghidupi dirinya dan mengumpulkan biaya untuk menikahi Nagisa.

Tapi di sinilah awal drama kehidupan dimulai. Salah satu the best sad anime ini begitu banyak menampilkan adegan-adegan yang mengandung bawang. Jadi, jangan lupa siapkan tisumu ya.

3. Boku dake ga Inai Machi (Erased)

rekomendasi anime

Sama seperti anime sebelumnya, Boku dake ga Inai Machi atau yang lebih dikenal dengan judul Erased juga termasuk sad anime yang wajib kamu tonton.

Meskipun memadukan genre fantasi, namun suasana kesedihan tak bisa dilepaskan dari anime satu ini. Saturo Fujinuma, seorang cowok mangaka yang sudah berusia 29 tahun menemukan fakta, bahwa ia bisa bergerak mundur ke masa lalu.

Walaupun belum menguasai kekuatan tersebut secara maksimal, Satoru memanfaatkannya untuk berbagai hal baik. Malang, suatu ketika ia mendapati seseorang menjebak dirinya dalam kasus pembunuhan.

Kasus ini membuatnya menjadi buronan, dan di sinilah ia menggunakan kekuatannya untuk kembali ke tahun 1988 saat dirinya masih kecil. Ia berharap bisa mengungkap pelaku pembunuhan yang sesungguhnya.

4. Angel Beats

berakhir bahagia

Angel Beats merupakan salah satu anime sedih dengan alur cerita yang cukup unik. Dengan latar belakang kehidupan sekolah, mungkin kamu akan membayangkan bagaimana drama para siswa di dalamnya.

Tapi, dalam anime ini, sekolah yang dimaksud adalah tempat yang dijadikan sebagai naungan bagi jiwa orang-orang yang sudah meninggal namun tak bisa melepaskan keterikatannya dengan dunia.

Dengan kata lain, roh yang berada di sekolah ini belum bisa kembali dengan tenang. Tapi bukannya menyeramkan, anime yang rilis pada 2010 ini justru hadir dengan cerita menyedihkan dan akan membuat air matamu mengalir saat menyaksikannya.

5. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai ( Anohana: The Flower We Saw That Day)

Kartun Jepang

Mungkin kamu akan sedikit kesulitan untuk menghafal judul anime terbaik satu ini, tapi tidak dengan ceritanya. Alur cerita yang begitu menyedihkan akan meninggalkan jejak di hatimu.

Anime sedih ini mengisahkan persahabatan dan cinta yang terjalin antara enam anak yang merupakan teman masa kecil. Mereka berpisah setelah salah seorang diantaranya meninggal dunia, Menma.

Kelima sahabat ini saling menyalahkan dirinya masing-masing dan membuat mereka terbebani dengan pikiran sendiri. Hingga suatu ketika, salah satu diantara lima orang yang tersisa ini didatangi roh Menma.

Anohana sendiri merupakan anime tentang drama kehidupan yang dipadukan dengan sad romance. Berbagai tragedi masa lalu banyak diangkat pada anime ini. Penasaran?

6. Koe no Katchi (A Silent Voice)

Kamu merasa pernah membully teman sekelasmu karena kekurangan yang ada pada dirinya? Kalau iya, anime berjudul Koe no Katachi ini wajib untuk kamu tonton.

Koe no Katachi merupakan anime yang mengisahkan tentang Shouko Nishimiya, seorang gadis tuli yang baru pindah sekolah. Di sekolah barunya ini, ia bertemu dengan Shouya Ishida.

Bukannya menjadi teman yang menghibur, Shouya justru sering mengejek Shouko secara berlebihan, hingga membuatnya tidak betah dan memutuskan untuk pindah sekolah.

Karena ulahnya ini, Shouya justru jadi sering dibully oleh teman sekelasnya, dan hal ini membuatnya berubah jadi pribadi yang pendiam.

Nah, yang menarik dari sad anime ini adalah, bagaimana perjuangan Shouya untuk bisa minta maaf pada Shouko. Momen-momen haru ini dijamin bakal bikin nangis.

7. Spirited Away

Rekomendasi anime sedih selanjutnya adalah Spirited Away. Chihiro Ogino, seorang gadis berusia 10 tahun bersama kedua orangtuanya melakukan perjalanan ke rumah baru mereka. Di tengah jalan, keluarga ini menemukan terowongan dengan ujung padang rumput yang begitu indah.

Penasaran dengan keindahan padang rumput tersebut, mereka pun menyusuri terowongan dan menemukan beberapa booth makanan. Kedua orangtuanya pun mencicipi makanan yang seolah tidak ada pemiliknya tersebut.

Sempat mengingatkan kedua orangtuanya namun tak dihiraukan, kejadian naas pun menimpa kedua orang tua Chihiro. Mereka berubah menjadi babi. Di sini Chihiro baru tersadar bahwa dirinya terjebak di alam roh, dan untuk bisa kembali ia harus bekerja untuk roh tersebut.

Kesedihan dan kepedihan demi kepedihan dialami Chihiro untuk bisa kembali bersama orangtuanya. Apakah mereka bisa kembali dan menjalani kehidupan normal yang berakhir bahagia?

8. Hotaru no Haka (Graves of the Fireflies)

Mengusung latar belakang pada masa Perang Dunia II, Graves of the Fireflies bisa jadi tontonan menarik untuk menemani akhir pekanmu nanti.

Cerita yang diusung pada anime ini adalah kehidupan dua bersaudara, Seita dan Setsuko yang ditinggal mati ibunya akibat pengeboman oleh Amerika Serikat. Sedangnya ayahnya bekerja di laut, dan terpaksa membuat keduanya tinggal dengan bibinya yang sangat galak.

Karena merasa tidak betah, keduanya memutuskan untuk hidup mandiri di bawah bunker bekas perang. Malang tak disangka, di tempat inilah kehidupan tragis mereka dimulai.

9. Ookammu Kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children)

Pernah membayangkan bagaimana menjadi single parent dan mengasuh dua orang anak? Bukan anak manusia, namun dua anak Werewolf lah yang harus diasuh Hana dalam anime berjudul Wolf Children ini.

Berawal dengan kisah romantis school, di mana Hana jatuh cinta dengan teman sekelasnya yang ternyata dapat berubah menjadi seekor serigala.

Fakta tersebut tak membuat Hana mundur, hingga akhirnya ia melahirkan dua anak serigala, Yuki dan Ame. Tak lama setelah anak bungsunya lahir, sang suami meninggal dunia.

Kedua anak yang belum bisa mengendalikan diri dengan perubahan pada tubuhnya membuat Hana memutuskan untuk pindah di suatu tempat. Dan di sini, kesabaran Hana mengurus dua anak serigala benar-benar diuji.

Kesimpulan

Pastikan beberapa judul anime sedih di atas masuk dalam list tontonan favorit kamu ya. Meskipun bukan series atau movie nyata, tapi alur cerita dan setiap adegan di dalamnya dijamin bakal sukses bikin kamu nangis.

Kalo kamu berhasil dibuat nangis setelah menonton semua rekomendasi di atas, pasti akan ketagihan dan sudah pantas dinobatkan menjadi wibu.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.