Cara Membuat Slime Activator Mudah Tanpa Borax dengan Bahan Sederhana [+Video DIY]

CARA MEMBUAT SLIME MUDAH – Slime mulanya merupakan mainan anak-anak dengan tekstur yang kenyal dan lentur. Namun sekarang tidak hanya anak-anak yang menyukai slime, tetapi juga orang dewasa. Tahukah kamu bahwa sebenarnya slime sangat mudah dibuat.

Sebelum mainan ini populer dan diperjualbelikan, slime biasa hanya digunakan saat acara atau event-event tertentu saja, seperti acara ulang tahun dan acara di televisi yang bertema anak-anak.

Sekilas mungkin wujud dari slime ini menjijikkan. Namun, sekarang ini banyak anak-anak yang menyukai slime. Bahkan gembira sekali jika slime tersebut diguyurkan ke badan mereka.

Sekarang mainan slime ini sudah populer sekali, anak-anak bisa membelinya di toko mainan. Atau, jika ingin lebih hemat lagi, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana saja.

cara membuat slime
youtube.com

Untuk membuat slime sendiri di rumah caranya sangat mudah sekali. Kamu bisa membuatnya dengan melakukan beberapa cara dan bahan yang sederhana. Mau tau caranya? Ikuti saja tutorial cara membuat slime di bawah ini :

Cara Membuat Slime dengan Lem Fox

Lem Fox adalah lem yang mudah didapat di pasaran. Lem Fox dikenal mampu merekatkan bahan ke berbagai media dengan kuat.

Selain sebagai perekat, lem Fox juga bisa digunakan untuk membuat slime. Lem Fox dapat kamu peroleh di toko bahan bangunan, supermarket, maupun toko daring. Nah, inilah cara membuat slime dengan memakai lem Fox.

Bahan Membuat Slime Dengan Lem Fox:

  • Lem Fox 3 sampai 4 sendok makan.
  • Beberapa tetes obat sariawan, lebih baik yang bermerek GOM.
  • Beberapa tetes pewarna makanan sesuai yang kamu inginkan.
  • ½ sendok teh sabun atau deterjen cair bisa merek apapun.
  • Deterjen atau sabun cair.

Langkah Membuat Slime Dengan Lem Fox:

  1. Siapkan alat-alat seperti baskom plastik dan pengaduk.
  2. Tuang lem Fox ke dalam wadah.
  3. Tambahkan deterjen atau sabun cair. Aduk campuran tersebut dan jika perlu beri cairan deterjen atau sabun lagi sampai adonan slime lentur.
  4. Masukkan pewarna makanan dan terus diaduk.
  5. Terakhir campur adonan dengan obat sariawan GOM dan aduk kembali.
Mau tahu lebih detailnya? Tonton video di bawah ini sampai selesai!

Cara Membuat Slime dengan Shampoo

cara membuat slime
youtube.com

Salah satu cara mudah dalam membuat slime adalah dengan memakai shampoo. Produk ini juga bisa kamu temukan di rumah kamu sendiri dan ramah bujet.

Bahan Membuat Slime Dengan Shampoo:

  • Shampoo merek apa saja, usahakan memilih shampoo yang tidak terlalu cair.
  • Pasta gigi.

Langkah Membuat Slime Dengan Shampoo :

  1. Masukkan shampoo dan pasta gigi ke dalam wadah. Perbandingan shampoo dan pasta gigi ialah 1:1. Tuang kedua bahan tersebut secukupnya, tidak perlu terlalu banyak.
  2. Aduk shampoo dan pasta gigi sampai tercampur rata memakai sendok.
  3. Letakkan campuran shampoo dan pasta gigi ke dalam lemari pendingin sekitar 10 menit. Jangan sampai membeku.
  4. Keluarkan adonan slime dari lemari pendingin dan aduk kembali.
  5. Tambahkan pewarna jika suka dan simpan di dalam wadah yang rapat.

Cara Membuat Slime Tanpa Lem

cara membuat slime
youtube.com

Slime tidak selalu terbuat dari lem. Bahan lain yang ada di rumah dan sering digunakan anggota keluarga pun bisa dipakai untuk membuat slime. Contoh bahan itu adalah bedak bayi. Harga bedak bayi juga relatif terjangkau dibandingkan beberapa jenis lem.

Bahan Membuat Slime Tanpa Lem :

  • ½ sampai 1 botol bedak bayi.
  • 2 gelas air mentah bersih atau air matang.
  • 1-3 sendok teh pewarna makanan. Semakin banyak pewarna makanan, warna slime akan lebih pekat.
  • 4 sendok makan baby oil merek apa saja.

Langkah Membuat Slime Tanpa Lem:

  1. Sebelumnya kamu harus menyiapkan toples bersih yang tidak terpakai.
  2. Tuang bedak bayi ke dalam toples tersebut.
  3. Tambahkan air dan aduk hingga keduanya tercampur. Jangan tuang air 2 cangkir sekaligus, tetapi tuanglah sedikit demi sedikit.
  4. Beri baby oil sampai adonan slime kental dan kenyal.
  5. Tambahkan pewarna makanan dan aduk adonan slime. Simpan rapat di dalam toples.

Cara Membuat Slime Tanpa Borax

cara membuat slime
pinterest

Selama ini, borax memang kerap digunakan sebagai bahan utama membuat slime. Namun, slime yang terbuat dari borax sangat berbahaya apalagi jika dimainkan dan sampai tertelan anak-anak. Atas dasar itu, penting bagi kamu membuat slime tanpa memakai borax sama sekali.

Bahan Membuat Slime Tanpa Borax:

  • 1 wadah lulur mandi, disarankan memilih lulur mandi Ayudya.
  • 1 sampai 2 sachet masker wajah, sebaiknya masker wajah yang bisa dikelupas (peel off).
  • ½ sendok teh sabun atau deterjen cair.
  • Obat sariawan, bisa diganti obat tetes mata.
  • Pewarna makanan secukupnya.

Langkah Membuat Slime Tanpa Borax:

  1. Masukkan lulur mandi dan masker wajah ke dalam wadah yang ukurannya cukup besar. Campur sampai merata.
  2. Tambahkan sekitar ½ sendok teh cairan deterjen atau sabun. Aduk hingga semua bahan tercampur.
  3. Beri pewarna makanan sesuai tingkat kepekatan yang kamu kehendaki.
  4. Aduk agar adonan slime menjadi lentur. Tambahkan beberapa tetes obat mata atau obat sariawan, lalu aduk kembali.
  5. Slime pun siap dimainkan.

Cara Membuat Slime dengan Tepung

cara membuat slime menggunakan tepung
ytv.com

Ada keuntungan memanfaatkan tepung sebagai bahan utama adonan slime. Slime dari tepung jauh lebih aman untuk dimainkan oleh anak-anak dibandingkan dengan penggunaan bahan lain.

Bahan Membuat Slime Dengan Tepung :

  • 2 gelas tepung tapioka/kanji. Jika susah menemukan tepung ini, tepung maizena dapat menjadi pengganti.
  • ½ gelas minyak goreng merek apa saja.
  • 350-400ml air mentah bersih atau air matang.
  • 1-3 sendok teh pewarna makanan. Bisa ditambah atau dikurangi sesuai warna yang kamu mau.

Langkah Membuat Slime Dengan Tepung :

  1. Tuang dan ratakan tepung kanji atau tepung maizena ke dalam baskom plastik.
  2. Masukkan air sedikit demi sedikit dan aduk terus hingga adonan tepung tidak mengalami penggumpalan.
  3. Tambah minyak goreng ke dalam campuran tepung dan air. Terus aduk bahan-bahan agar kekentalannya pas.
  4. Apabila terlalu padat, beri sedikit minyak atau air.
  5. Tambahkan pewarna makanan, aduk rata, tempatkan di dalam plastik lalu ikat.

Cara Membuat Slime Dengan Lem Kertas

cara membuat slime
blogspot.com

Tanpa lem fox, kamu juga bisa membuat slime dengan lem kertas. Juga tidak membutuhkan bahan terlalu banyak untuk digunakan dan caranya sangat mudah. Ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini :

Bahan Membuat Slime Dengan Lem Kertas

  • GOM, yang bisa dapatkan di apotek.
  • Pewarna makanan (pilih warna sesuai keinginan kamu).
  • 1 botol lem kertas cair.
  • Wadah.
  • Centong atau sendok untuk mengaduk.

Langkah Membuat Slime Dengan Lem Kertas

  1. Tuang lem kertas ke dalam wadah yang sudah disiapkan.
  2. Berikan pewarna makanan pada lem kertas.
  3. Teteskan GOM secukupnya ke dalam adonan, kemudian aduk hingga merata dan adonan menggumpal.
  4. Jadi deh, slima sudah siap kamu mainkan.

Cara Membuat Slime Activator

cara membuat slime
youtube.com

Apa itu Slime Activator? Slime activator adalah sebuah cairan yang biasa digunakan untuk membuat slime. Fungsi dari cairan ini adalah sebagai bahan tambahan dan bisa membuat adonan slime jadi menggumpal.

Namun, tanpa slime activator pun kita masih bisa membuat slime. Karena tidak semuanya slime membutuhkan cairan slime activator ini. Tapi jika kamu ingin tahu bagaimana caranya membuat slime activator, simak ya langkah-langkahnya berikut ini :

Bahan Membuat Slime Activator

  • Siapkan air bersih secukupnya.
  • GOM, bisa kamu dapatkan di apotik atau warung sekitar.
  • Pengaduk bisa kamu gunakan tusuk gigi atau cotton bud.
  • Wadah bisa menggunakan tutup toples untuk menaruh slime activator.

Langkah Membuat Slime Activator

  1. Langkah pertama, tuangkan GOM ke dalam wadah yang telah disediakan.
  2. Kemudian tambahkan air ke dalam wadah dan aduk hingga merata.
  3. Yap, jadilah slime activator kreasi kamu. Simpel bukan?! Selamat mencoba..

Cara Bikin Slime Dari Tisu

cara membuat slime
blogspot.com

Tisu, benda berbentuk helaian tipis ini ternyata bisa kamu manfaatkan untuk membuat slim loh. Pasti biasa kamu setelah memakai tisu langsung dibuang, alangkah baiknya coba kamu manfaatkan deh. Mau tau caranya gimana memanfaatkan tisu untuk membuat slime? Berikut ini langkah-langkahnya :

Bahan Membuat Slime dari Tisu

  • Tisu
  • Slime activator
  • Pewarna makanan, sesuaikan warna dengan keinginan kamu
  • Air yang bersih
  • Clear Glue
  • Wadah, bisa menggunakan tutup toples atau baskom kecil
  • Pengaduk, bisa menggunakan tusuk gigi, cotton bud, atau sendok kecil

Langkah Membuat Slime dari Tisu

  1. Langkah pertama, sobek-sobek tisu hingga menjadi potongan kecil.
  2. Lalu sobekan tisu tersebut kamu masukkan ke dalam wadah yang sudah disiapkan.
  3. Tuangkan air bersih ke dalam wadah, kemudian aduk hingga merata. Kamu bisa menambahkan tisu lagi jika masih kurang.
  4. Setelah itu, tambahkan secukupnya clear glue dan teteskan pewarna makanan ke dalam wadah.
  5. Kemudian aduk seluruh adonan hingga merata dan masukkan cairan slime activatornya.
  6. Aduk lagi hingga adonan berubah menjadi slime.

Cara Membuat Slime Dari Tepung Kanji

cara membuat slime
merdeka.com

Kali ini dengan bahan yang berbeda, yaitu dengan tepung kanji. Apa itu tepung kanji? Tepung kanji atau orang jawa biasa menyebutnya tepung aci, adalah tepung yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon.

Dibandingkan kamu membeli slime di toko mainan, dengan membuat sendiri dari tepung kanji ini jauh lebih hemat dan mudah kamu dapatkan di warung atau toko sembako. Dan pastinya tepung kanji ini bahan yang aman untuk membuat slime.

Yuk simak langkah-langkah membuat slime dari tepung kanji di bawah ini :

Bahan Membuat Slime Dari Tepung Kanji

  • 2 gelas Tepung kanji
  • Siapkan air bersih 400 ml
  • Pewarna makanan
  • Minyak goreng 1/2 gelas
  • Wadah, bisa menggunakan baskom (sedang) atau mangkuk

Langkah Membuat Slime Dari Tepung Kanji

  1. Pertama, siapkan baskom berukuran sedang atau mangkuk. Sebelum dipakai, bersihkan lebih dahulu wadah tersebut.
  2. Selanjutnya, masukkan tepung ke dalam wadah dan ratakan, agar adonan mudah di aduk.
  3. Kemudian tuangkan 400 ml air bersih secara perlahan sambil kamu aduk adonannya, agar tidak menggumpal dan kaku.
  4. Agar tidak lengket, masukkan minyak goreng ke dalam adonan. Lanjut aduk adonan hingga rata. Cek kembali kekentalannya, jika masih kental menggumpal, tambahkan sedikit air dan minyak goreng.
  5. Jika sudah, langkah selanjutnya yaitu tuangakn pewarna makanan pada adonan slime. Aduk adonan hingga pewarna makanan tercampur dan merata dengan adonan.
  6. Kemudian masukkan slime ke dalam plastik dan ikat sekuat mungkin.

Cara Membuat Slime Dari Susu Cair

cara membuat slime
mediamaya.net

Lanjut nih, sekarang mari kita coba membuat slime dari susu cair. Dengan bahan dasar susu cair ini pastinya aman banget guys, selain itu bisa kamu makan juga. Karena slime dari susu cair ini juga dibuat dengan bahan tambahan yang layak dikonsumsi, tidak berbahaya bagi kesehatan.

Bahan Membuat Slime Dari Susu Cair

  • 1 kotak susu cair, bisa kamu beli susu kental manis
  • Air mineral
  • 1 ¼ sendok makan tepung meizena
  • 3 sendok teh pewarna makanan. Warna sesuaikan selera kamu
  • Bubuk vanili secukupnya
  • Wadah, gunakan panci atau baskom

Langkah Membuat Slime Dari Susu Cair

  1. Siapkan wadah berupa panci atau baskom berukuran sedang, yang dapat menampung semua bahan.
  2. Tuangkan susu kental manis ke dalam panci, tambahkan air dan panaskan di atas kompor dengan suhu api yang kecil. Aduk hingga terasa sedikit panas. Agar slime nanti bisa dikonsumsi, maka bahan dasar susu cair ini perlu disterilkan dengan dipanaskan.
  3. Masukkan bubuk vanili ke dalam adonan sembari diaduk.
  4. Tambahkan tepung meizena dengan ditaburkan sedikit-sedikit sembari diaduk hingga merata.
  5. Cek kembali kadar kekentalannya, jika kurang, kamu bisa tambahkan sedikit tepung meizena.
  6. Jika adonan sudah mendidih, angkat dan biarkan adonan hingga dingin.
  7. Kemudian jika sudah dingin, masukkan pewarna makanan ke dalam adonan tersebut. Aduk hingga pewarna tercampur rata.
  8. Yang terakhir, simpan adonan slime dalam wadah yang tertutup dan jauhkan dari tempat yang terpapar sinar matahari langsung.

Cara Membuat Slime Menggunakan Bedak Bayi

Masih ada banyak cara untuk membuat slime, kalo yang ini menggunakan bedak bayi. Recommended banget nih buat slime party yang biasa dilakukan secara dadakan. Tentunya karena bahan ini sangat aman dan sangat mudah didapatkan. Eitss.. Tapi tunggu dulu, buat kalian yang punya adik bayi di rumah, jangan asal comot bedaknya ya.. Langsung aja nih simak caranya.

Bahan Membuat Slime Menggunakan Bedak Bayi

  • Bedak bayi 1 ½ botol
  • 4 Sendok makan baby oil
  • 2-3 Sendok teh pewarna makanan
  • 2 Gelas air bersih

Langkah Membuat Slime Menggunakan Bedak Bayi

  1. Siapkan wadah berukuran sedang dan yang ada tutupnya, bisa menggunakan toples atau sejenisnya.
  2. Mulai masukkan bedak bayi ke dalam wadah, ratakan supaya mudah dicampur.
  3. Tuangkan air secara perlahan, sedikit demi sedikit sambil mengaduk adonan.
  4. Tambahkan baby oil ke dalam adonan, jangan lupa untuk terus aduk sampai merata.
  5. Tes kekentalannya, jika masih kurang, kamu bisa tambahkan sedikit lagi bedak bayi atau air bersih.
  6. Kemudian masukkan pewarna makanan ke dalam adonan, campur hingga merata.
  7. Simpan dan tutup adonan tersebut dalam wadah selama 2 jam.

Cara Membuat Slime Dengan Lem UHU

Ada lagi nih guys, hanya membutuhkan sedikit bahan, tapi hasilnya akan sama seperti menggunakan lem fox yang bisa kenyal dan stratchy. Cara ini yaitu menggunakan LEM UHU, hanya membutuhkan 3 bahan saja untuk mendapatkan hasil yang cukup bagus. Simak yuk.

Bahan Membuat Slime Dengan Lem UHU

  • 1 Buah Lem UHU
  • 10 Sendok makan sabun cuci piring
  • ¼ Sendok teh pewarna makanan

Langkah Membuat Slime Dengan Lem UHU

  1. Siapkan wadah seperti slime dari bedak bayi tadi, yaitu bisa menggunakan toples yang ada tutupnya atau wadah sejenis lainnya.
  2. Masukkan Lem UHU, sabun cuci piring, pewarna makanan ke dalam wadah. Kemudian aduk hingga lem mengental dan terpisah dari sabun cuci piring.
  3. Ambil slime yang masih setengah jadi itu, lalu peras dengan tisu kering atau kain kering. Agar cairan lengket dari sabun yang belum tercampur rata bisa hilang.
  4. Kemudian cek slime yang sudah jadi. Jika terasa kenyal atau bisa terus kembali jika ditekan-tekan berarti sudah maksimal hasilnya.
  5. Jika slime tidak dimainkan, maka simpan slime dari wadah yang kering dan tertutup rapat.

Walaupun hasilnya maksimal, slime dari Lem UHU ini sedikit berbeda dengan slime dari lem FOX. Karena slime dari Lem UHU ini kurang begitu stratchy seperti dari lem FOX. Namun, untuk warnanya bagus, glowly, dan bening.

Cara Membuat Slime Dengan Lem Povinal

Ternyata bukan hanya lem fox dan GOM saja yang bisa dipakai untuk membuat slime. Namun, dengan Lem Povinal kamu juga bisa membuat slime. Dan pastinya bahan ini masih aman untuk digunakan, karena untuk membuat slime nya tidak memerlukan borax.

Bahan Membuat Slime dengan Lem Povinal

  • Lem cair povinal
  • Pewarna makanan
  • Baby oil
  • Sabun mandi cair
  • Obat tetes mata
  • Sendok makan plastik

Langkah Membuat Slime dengan Povinal

  1. Masukkan lem povinal secukupnya ke dalam plastik.
  2. Tuangkan air secukupnya.
  3. Tuangkan pewarna makanan beberapa tetes saja. Sembari aduk hingga merata.
  4. Teteskan obat mata secukupnya, aduk hingga adonan menjadi sedikit mengental.
  5. Campurkan sedikit sabun cair dan aduk hingga merata.
  6. Kemudian campurkan juga sedikit Baby Oil, agar adonan tidak lengket di tangan.
  7. Diamkan adonan beberapa saat, dan cobalah untuk memainkannya.

Cara Membuat Slime Dengan Tepung Maizena

Masih ada nih cara membuat slime dengan bahan dasar tepung. Bukan menggunakan tepung terigu ataupun tepung beras, tapi menggunakan tepung Maizena. Dan faktanya, slime dari tepung Maizena ini bisa dimakan guys. Penasaran? Langsung aja yuk simak!

Bahan Membuat Slime dengan Tepung Maizena

  • Susu cair
  • Tepung maizena
  • Vanili bubuk
  • Pewarna makanan

Langkah Membuat Slime dengan Tepung Maizena

  1. Tuangkan susu cair dalam panci, dan masak hingga panas.
  2. Tambahkan bubuk vanili dan tepung maizena juga ke dalam panci, aduk hingga merata.
  3. Jika sudah mendidih, maka dinginkan adonan.
  4. Dan slime pun dapat dimainkan atau pun dimakan.

Cara Membuat Slime Dengan Jelly

Cara Membuat Slime Dengan Serbuk Fiber

Itulah berbagai cara membuat slime yang bisa kamu coba. Cara tersebut sangat praktis, mudah, dan tidak menguras kantong kamu. Apalagi bahan membuat slime di atas adalah bahan yang mudah diperoleh di sekitar kamu. Yuk, buat slime sendiri!

Tinggalkan komentar