15 Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan

CONTOH PIDATO SINGKAT BAHASA INDONESIA – Pendidikan merupakan elemen penting bagi seluruh kehidupan manusia. Keberadaannya sangat membantu kemajuan bangsa, karena semakin tinggi kualitas pendidikan, akan semakin mudah menjadikan bangsa ini besar.

Namun, di era globalisasi ini kondisi pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan. Pemerintah yang kurang perhatian, terutama mengenai fasilitas pendidikan bagi mereka yang berada di daerah terpencil.

Terlepas dari faktor pemerintah, banyak juga generasi muda yang kurang bersyukur. Mereka yang tinggal di wilayah perkotaan, dengan kondisi keluarga yang mampu, namun tidak memanfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik mungkin. Tak sedikit di antara mereka yang bolos ketika jam pelajaran, tidak menghormati guru saat di sekolah, melakukan tindakan kriminal.

contoh pidato singkat
deweezz.com

Karena itulah, di sini kita bukan saatnya saling menyalahkan, untuk menuju bangsa yang besar kita semua harus menyatukan prinsip kemudian bergerak bersama.

Alhamdulillah, sekarang pemerintah banyak memberikan jaminan sekolah gratis. Kemudian banyak juga lembaga pendidikan swasta yang membuka peluang beasiswa bagi mereka yang kurang mampu. Dan perlu diingat, mencari ilmu itu tidak harus mengikuti pendidikan formal.

Dalam kehidupan ini kita diberikan banyak sekali jendela untuk melihat dan mempelajari segala hal yang baik tentunya. Jika tidak ingin bersekolah karena terlalu formal, kamu bisa ikut berkomunitas, mempelajari hal yang kamu suka, atau ke pondok pesantren untuk menekuni ilmu agama.

Nah, lalu bagaimana caranya memotivasi dan mengajak mereka yang masih bermalas-malasan untuk membangun pendidikan di Indonesia ini. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan berpidato tentang pendidikan, tentunya yang berkaitan dengan moral, agama, dan budaya.

Berikut ini kami berikan Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia tentang Pendidikan. Yuk langsung simak aja! Mudah dihafal kok.

CONTOH PIDATO SINGKAT ‘BAHASA INDONESIA’ TENTANG PENDIDIKAN

1. Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan ‘Pentingnya Menuntut Ilmu’

contoh pidato singkat
jambi.tribunnews.com
PEMBUKA

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang Saya hormati, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon.

Yang Saya hormati, seluruh Dewan Kepala Sekolah Wilayah 3 Cirebon.

Yang Saya hormati, Persatuan Guru Wilayah 3 Cirebon.

Serta seluruh siswa/siswi sekolah Wilayah 3 Cirebon yang Saya banggakan.

Pertama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah.Swt, karena atas kenikmatan dan keberkahan-Nya kita semua dapat dipertemukan dan berjumpa di tempat yang InshaAllah dimuliakan-Nya ini dalam keadaan sehat sejahtera.

ISI PIDATO

Pendidikan memiliki peran penting guna memajukan bangsa. Jika sarana pendidikan dimanfaatkan dengan baik, kemungkinan bangsa ini untuk maju sangat besar. Namun sebaliknya, jika kita tidak bisa memanfaatkan sarana pendidikan dengan baik, maka bangsa ini akan stagnan dalam kondisi berkembang.

Dalam ajaran Islam, kita diwajibkan untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya. Karena dengan bekal ilmu, kita dapat menjalankan kehidupan dengan sangat mudah. Kewajiban menuntut ilmu sudah ada sejak zaman Nabi dan Allah pun berjanji, bagi hambanya yang menuntut ilmu dijalan-Nya, maka Allah.Swt akan meningkatkan derajatnya.

Allah.Swt sangat mencintai hambanya yang pintar dan Allah akan lebih mencintai lagi jika hambanya dapat mengamalkan ilmu kepada orang lain. Dan di situlah letak keutamannya, kita akan memiliki satu dari tiga amalan yang tidak terputus walaupun sudah meninggal, yaitu ilmu yang bermanfaat.

Maka dari itu marilah kita menjunjung tinggi Fastabiqul Khairat, berlomba-lomba untuk kebaikan dalam rangka menuntut ilmu di jalan Allah.Swt. Karena sudah jelas banyak pula firman-firman Allah di dalam kitab Al-Qur’an yang menjelaskan bagaimana pentingnya menuntut ilmu.

Para hadirin yang Saya hormati,

Menuntut Ilmu bukan hanya tentang dakwah yang bertujuan untuk mendapatkan pahala saja. Namun, ilmu memiliki peran penting bagi diri kita, yang mana dijadikan sebagai satu pegangan saat memutuskan suatu permasalahan dalam kehidupan ini.

Jika kita memiliki pegangan ilmu yang cukup, InshaAllah kita pasti bisa menghadapi dan memutuskan berbagai pertimbangan yang pada setiap masalah, sehingga menghasilkan keputusan yang terbaik. Namun jika sebaliknya, kita fakir ilmu, tidak memiliki ilmu yang kuat, lantas bagaimana akan menghadapi suatu permasalahan nanti.

Di Indonesia ini seringkali kita mendengar, melihat, dan bahkan melakukan sendiri. Bahwasanya tempat yang terbaik untuk menuntut ilmu itu di sekolah atau lembaga formal. Sebenarnya, di manapun kita berada adalah tempat yang terbaik untuk menuntut ilmu dan dapat mengambil pelajaran dari setiap kejadian yang telah dialami.

PENUTUP

Bagi para dewan kepala sekolah janganlah lelah untuk membina para guru. Dan bagi para guru janganlah sampai lelah menebarkan ilmu bermanfaat kepada generasi bangsa ini. Dan kalian para siswa/siswi Indonesia, para penerus bangsa, janganlah lelah untuk menuntut ilmu.

Semoga apa yang Saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Demi menjunjung tinggi bangsa ini, marilah kita terus bersemangat menuntut ilmu di jalan Allah.swt. Dengan niat seperti itu, semoga Allah.swt senantiasa memberikan rahmat-Nya.

Terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

2. Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan ‘Bahaya Narkoba’

contoh pidato singkat
nasional.kompas.com

Seperti yang kita ketahui bersama, Narkoba adalah salah satu ancaman besar untuk merusak negeri ini. Kesadaran yang kurang, kehidupan dianggapnya bebas begitu saja, itulah yang menjadi faktor terjerumusnya mereka sebagai pengguna.

Namun, bagi kita yang memiliki akal yang sehat dan kuat, marilah mengajak mereka untuk move on dari jalan yang salah itu. Mungkin bagi kalian para pelajar, cukup dengan menyampaikan pidato di sekolah. Dengan begitu, kalian sudah berperan penting dalam membasmi ancaman hancurnya bangsa ini. Simak berikut ini, contoh pidato singkat tentang narkoba.

 PEMBUKA

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang Saya hormati, Bapak Kepala Sekolah dan para  Dewan Guru sekalian.

Dan seluruh teman-teman yang Saya cintai.

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah.Swt yang telah melimpahkan rahmat dan kenikmatan-Nya, sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat yang InshaAllah dimuliakan-Nya ini. Amin..

Kemudian, shalawat serta salam marilah kita curahkan kepada junjungan besar umat Islam, suri tauladan kita semua, Kanjeng Nabi Muhammad.SAW. Atas jasa Beliau lah umat Islam dapat sampai pada zaman yang cerah ini.

Sungguh jasa Beliau memang tak tergantikan. Beliau menebarkan agama Islam dengan berjuang, berkorban, dan berusaha keras menghadapi kejahiliyahan, kekufuran, dan kehinaan zaman pada masa itu.

ISI PIDATO

Narkoba dapat menyebar luas dengan cepat, layaknya wabah. Tidak hanya orang tua dan dewasa yang terjerumus di dalamnya, tapi juga merambat kepada anak remaja, terutama mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

Sebagai generasi muda penerus bangsa, sudah seharusnya kita sadar. Sadar untuk menjauhkan diri dari ancaman narkoba, karena hal ini dapat mengganggu efektifitas kerja otak kita, sehingga membuat kita tidak fokus belajar dan mematikan kreatifitas dalam diri.

Kebanyakan orang yang mengkonsumsi narkoba, mereka sangat rentan sekali untuk melakukan tindakan yang berunsur kejahatan. Dan sudah seharusnya kita sadar itu adalah berasal dari hasutan syaiton, yang hanya menyebabkan kita tersesat dalam kehidupan yang salah ini.

Hadirin yang saya hormati,

Jika kita sudah tahu bagaimana bahayanya narkoba, maka janganlah sekali-kali untuk mencoba menggunakannya. Jika kita sudah terjebak di dalamnya, maka kehidupan ini sudah terancam suram.

Jadi, marilah kita sebagai putra dan putri bangsa harus bisa membawa tanah air ini lebih maju lagi, lebih cerdas, dan lebih beriman. Tanamkan prinsip dalam diri kita masing-masing untuk mengatakan ‘Say No To Drugs’.

Tinggalkan komentar