15 Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan

CONTOH PIDATO SINGKAT BAHASA INDONESIA – Pendidikan merupakan elemen penting bagi seluruh kehidupan manusia. Keberadaannya sangat membantu kemajuan bangsa, karena semakin tinggi kualitas pendidikan, akan semakin mudah menjadikan bangsa ini besar.

Namun, di era globalisasi ini kondisi pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan. Pemerintah yang kurang perhatian, terutama mengenai fasilitas pendidikan bagi mereka yang berada di daerah terpencil.

Terlepas dari faktor pemerintah, banyak juga generasi muda yang kurang bersyukur. Mereka yang tinggal di wilayah perkotaan, dengan kondisi keluarga yang mampu, namun tidak memanfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik mungkin. Tak sedikit di antara mereka yang bolos ketika jam pelajaran, tidak menghormati guru saat di sekolah, melakukan tindakan kriminal.

contoh pidato singkat
deweezz.com

Karena itulah, di sini kita bukan saatnya saling menyalahkan, untuk menuju bangsa yang besar kita semua harus menyatukan prinsip kemudian bergerak bersama.

Alhamdulillah, sekarang pemerintah banyak memberikan jaminan sekolah gratis. Kemudian banyak juga lembaga pendidikan swasta yang membuka peluang beasiswa bagi mereka yang kurang mampu. Dan perlu diingat, mencari ilmu itu tidak harus mengikuti pendidikan formal.

Dalam kehidupan ini kita diberikan banyak sekali jendela untuk melihat dan mempelajari segala hal yang baik tentunya. Jika tidak ingin bersekolah karena terlalu formal, kamu bisa ikut berkomunitas, mempelajari hal yang kamu suka, atau ke pondok pesantren untuk menekuni ilmu agama.

Nah, lalu bagaimana caranya memotivasi dan mengajak mereka yang masih bermalas-malasan untuk membangun pendidikan di Indonesia ini. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan berpidato tentang pendidikan, tentunya yang berkaitan dengan moral, agama, dan budaya.

Mari kita mengenal apa itu teks pidato dengan menonton sejenak video di bawah ini.

Berikut ini kami berikan Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia tentang Pendidikan. Yuk langsung simak aja! Mudah dihafal kok.

CONTOH PIDATO SINGKAT BAHASA INDONESIA TENTANG PENDIDIKAN

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Pentingnya Menuntut Ilmu

contoh pidato singkat
jambi.tribunnews.com

PEMBUKA

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang Saya hormati, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon.

Yang Saya hormati, seluruh Dewan Kepala Sekolah Wilayah 3 Cirebon.

Yang Saya hormati, Persatuan Guru Wilayah 3 Cirebon.

Serta seluruh siswa/siswi sekolah Wilayah 3 Cirebon yang Saya banggakan.

Pertama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah.Swt, karena atas kenikmatan dan keberkahan-Nya kita semua dapat dipertemukan dan berjumpa di tempat yang InshaAllah dimuliakan-Nya ini dalam keadaan sehat sejahtera.

ISI PIDATO

Pendidikan memiliki peran penting guna memajukan bangsa. Jika sarana pendidikan dimanfaatkan dengan baik, kemungkinan bangsa ini untuk maju sangat besar. Namun sebaliknya, jika kita tidak bisa memanfaatkan sarana pendidikan dengan baik, maka bangsa ini akan stagnan dalam kondisi berkembang.

Dalam ajaran Islam, kita diwajibkan untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya. Karena dengan bekal ilmu, kita dapat menjalankan kehidupan dengan sangat mudah. Kewajiban menuntut ilmu sudah ada sejak zaman Nabi dan Allah pun berjanji, bagi hambanya yang menuntut ilmu dijalan-Nya, maka Allah.Swt akan meningkatkan derajatnya.

Allah.Swt sangat mencintai hambanya yang pintar dan Allah akan lebih mencintai lagi jika hambanya dapat mengamalkan ilmu kepada orang lain. Dan di situlah letak keutamannya, kita akan memiliki satu dari tiga amalan yang tidak terputus walaupun sudah meninggal, yaitu ilmu yang bermanfaat.

Maka dari itu marilah kita menjunjung tinggi Fastabiqul Khairat, berlomba-lomba untuk kebaikan dalam rangka menuntut ilmu di jalan Allah.Swt. Karena sudah jelas banyak pula firman-firman Allah di dalam kitab Al-Qur’an yang menjelaskan bagaimana pentingnya menuntut ilmu.

Para hadirin yang Saya hormati,

Menuntut Ilmu bukan hanya tentang dakwah yang bertujuan untuk mendapatkan pahala saja. Namun, ilmu memiliki peran penting bagi diri kita, yang mana dijadikan sebagai satu pegangan saat memutuskan suatu permasalahan dalam kehidupan ini.

Jika kita memiliki pegangan ilmu yang cukup, InshaAllah kita pasti bisa menghadapi dan memutuskan berbagai pertimbangan yang pada setiap masalah, sehingga menghasilkan keputusan yang terbaik. Namun jika sebaliknya, kita fakir ilmu, tidak memiliki ilmu yang kuat, lantas bagaimana akan menghadapi suatu permasalahan nanti.

Di Indonesia ini seringkali kita mendengar, melihat, dan bahkan melakukan sendiri. Bahwasanya tempat yang terbaik untuk menuntut ilmu itu di sekolah atau lembaga formal. Sebenarnya, di manapun kita berada adalah tempat yang terbaik untuk menuntut ilmu dan dapat mengambil pelajaran dari setiap kejadian yang telah dialami.

PENUTUP

Bagi para dewan kepala sekolah janganlah lelah untuk membina para guru. Dan bagi para guru janganlah sampai lelah menebarkan ilmu bermanfaat kepada generasi bangsa ini. Dan kalian para siswa/siswi Indonesia, para penerus bangsa, janganlah lelah untuk menuntut ilmu.

Semoga apa yang Saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Demi menjunjung tinggi bangsa ini, marilah kita terus bersemangat menuntut ilmu di jalan Allah.swt. Dengan niat seperti itu, semoga Allah.swt senantiasa memberikan rahmat-Nya.

Terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Bahaya Narkoba

contoh pidato singkat
nasional.kompas.com

Seperti yang kita ketahui bersama, Narkoba adalah salah satu ancaman besar untuk merusak negeri ini. Kesadaran yang kurang, kehidupan dianggapnya bebas begitu saja, itulah yang menjadi faktor terjerumusnya mereka sebagai pengguna.

Namun, bagi kita yang memiliki akal yang sehat dan kuat, marilah mengajak mereka untuk move on dari jalan yang salah itu. Mungkin bagi kalian para pelajar, cukup dengan menyampaikan pidato di sekolah. Dengan begitu, kalian sudah berperan penting dalam membasmi ancaman hancurnya bangsa ini. Simak berikut ini, contoh pidato singkat tentang narkoba.

PEMBUKA

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang Saya hormati, Bapak Kepala Sekolah dan para  Dewan Guru sekalian.

Dan seluruh teman-teman yang Saya cintai.

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah.Swt yang telah melimpahkan rahmat dan kenikmatan-Nya, sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat yang InshaAllah dimuliakan-Nya ini. Amin..

Kemudian, shalawat serta salam marilah kita curahkan kepada junjungan besar umat Islam, suri tauladan kita semua, Kanjeng Nabi Muhammad.SAW. Atas jasa Beliau lah umat Islam dapat sampai pada zaman yang cerah ini.

Sungguh jasa Beliau memang tak tergantikan. Beliau menebarkan agama Islam dengan berjuang, berkorban, dan berusaha keras menghadapi kejahiliyahan, kekufuran, dan kehinaan zaman pada masa itu.

ISI PIDATO

Narkoba dapat menyebar luas dengan cepat, layaknya wabah. Tidak hanya orang tua dan dewasa yang terjerumus di dalamnya, tapi juga merambat kepada anak remaja, terutama mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

Sebagai generasi muda penerus bangsa, sudah seharusnya kita sadar. Sadar untuk menjauhkan diri dari ancaman narkoba, karena hal ini dapat mengganggu efektifitas kerja otak kita, sehingga membuat kita tidak fokus belajar dan mematikan kreatifitas dalam diri.

Kebanyakan orang yang mengkonsumsi narkoba, mereka sangat rentan sekali untuk melakukan tindakan yang berunsur kejahatan. Dan sudah seharusnya kita sadar itu adalah berasal dari hasutan syaiton, yang hanya menyebabkan kita tersesat dalam kehidupan yang salah ini.

Hadirin yang saya hormati,

Jika kita sudah tahu bagaimana bahayanya narkoba, maka janganlah sekali-kali untuk mencoba menggunakannya. Jika kita sudah terjebak di dalamnya, maka kehidupan ini sudah terancam suram.

Jadi, marilah kita sebagai putra dan putri bangsa harus bisa membawa tanah air ini lebih maju lagi, lebih cerdas, dan lebih beriman. Tanamkan prinsip dalam diri kita masing-masing untuk mengatakan ‘Say No To Drugs’.

PENUTUP

Demikian, semoga apa yang telah saya sampaikan memberikan manfaat bagi diri saya dan haidirin semua. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pidato saya ini. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Berkarakter

contoh pidato singkat
deweezz.com

Apa yang kamu tahu tentang karakter? Karakter adalah sebuah sikap yang dapat dikatakan sebagai bagian identitas negara. Maka penekanan pada pendidikan karakter merupakan bagian amat penting. Nah, berikut ini contoh pidato pendidikan karakter yang cukup singkat dan mudah dipahami.

PEMBUKA

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah.SWT yang telah melimpahkan nikmat kepada kita semua. Dengan nikmat-Nya, kita semua dapat bertemu dan berkumpul di tempat yang InshaAllah dimuliakan-Nya ini dalam keadaan sehat walafiat.

Tak lupa sholawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad shallallahu’alaihi wasallam yang telah berjuang atas nama agama yang luhur hingga sampai pada generasi kita semua.

Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan tempat yang telah disediakan untuk menyampaikan pidato singkat tentang pendidikan berkarakter. Harapannya kelak para generasi muda memiliki visi dan misi besar dalam membangun bangsa ini.

Saya juga berharap, semoga apa yang akan saya sampaikan saat ini dapat memberikan manfaat. Khususon bagi pribadi saya dan seluruh hadirin yang ada.

ISI PIDATO

Hadirin yang saya hormati,

Saat ini bangsa kita tengah menghadapi problematika yang sangat serius, yaitu krisis moral di kalangan remaja. Banyak remaja yang sudah terpengaruh oleh sikap hedonis dan kehidupan yang mengabaikan nilai-nilai norma dalam berperilaku di masyarakat.

Hal ini bisa dilihat dari data yang telah disampaikan oleh beberapa lembaga. Misalanya, Salah satu lembaga independen memaparkan fakta yang mencengangkan, bahwa 65% remaja saat ini sudah pernah melakukan hubungan seksual seperti ciuman, seks bebas dan bahkan berhubungan dengan sesama jenis.

Tidak hanya itu, data yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) tidak kalah mengherankan. Mereka mengeluarkan data bahwa pengguna narkoba dari golongan remaja mencapai 79% pada tahun 2015.

Angka ini mengalami kenaikan sekitar 20% dari tahun lalu. Bahkan mereka juga menyatakan bahwa setiap 7 menit terdapat korban yang meninggal dunia akibat penggunaan narkoba.

Hadirin yang saya hormati,

Data-data tersebut sudah cukup membuktikan apa yang sedang terjadi saat ini. Lantas, dimanakah peran pendidikan sekolah, guru dan orangtua?

Mengapa para remaja saat ini terjerumus ke dalam kehidupan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat kita?

Setelah diteliti ternyata pemuda atau remaja saat ini telah kehilangan karakternya sebagai ksatria. Hal ini disebabkan lemahnya pendidikan karakter yang mereka dapatkan baik di sekolah maupun di rumah.

Lebih dari itu, sekolah saat ini hanya mengutamakan pendidikan yang mengejar hasil berupa nilai daripada mendidik anak agar mempunyai karakter yang baik dan mulia.

Hal ini bisa dilihat dari berkurangnya jam Pendidikan Moral dan Pancasila (PPKN) di sekolah. Oleh sebab itu, yang kita butuhkan saat ini adalah contoh pendidikan karakter agar dapat mengatasi permasalahan yang terjadi.

PENUTUP

Demikanlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan dan mohon maaf apabila ada perkataan yang tidak berkenan di hati para hadirin sekalian. Akhir kata.

Wassalamualaikum Warahamatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Pergaulan Bebas

contoh pidato singkat
deweezz.com

Pada era globalisasi, segala informasi begitu mudah diakses oleh siapapun. Hal tersebut membawa dampak positif bagi masyarakat luas. Namun, jika tidak bisa memanfaatkan dengan baik, maka dampak negatif lah yang akan menjamur.

Tentunya bukan hanya orang dewasa saja yang menjadi aktornya, kalangan anak-anak dan pelajar pun ikut berperan dalam memanfaatkan teknologi era globalisasi. Kewajiban orang tua menjadi bagian penting dalam mengcover anak-anaknya pada era ini. Karena dampak penggunaan teknologi yang tidak bijaksana bisa menjerumuskan kalangan anak-anak usia dini dan remaja kepada pergaulan bebas.

Nah berikut ini salah satu contoh pidato yang membahas tentang pergaulan bebas, monggo disimak!

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Para Bapak dan Ibu sekalian,

Pada pagi yang cerah ini, mari kita mengucap syukur pada Allah.swt yang telah melimpahkan rahmat dan keberkahan-Nya, sehingga kita semua dapat dipertemukan di tempat yang InshaAllah dimuliakan-Nya ini. Mohon izin kepada para hadirin semua, agar saya dapat menyampaikan pidato singkat terkait dengan pergaulan bebas yang nge-trend pada era globalisasi ini.

Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang saya hormati,

Kita sadar bahwa pergaulan remaja pada dewasa ini telah melampui batas-batas norma. Hal tersebut tentu membuat beberapa anak-anak kita terjerembab di dalamnya, dan kondisi itu sungguh meresahkan kalangan orang tua.

Segala sesuatu tentu ada penyebabnya, begitupun dengan pergaulan bebas. Adapun faktor yang menjadi sebab terjadinya pergaulan bebas antara lain kurangnya kasih sayang dan arahan dari orang tua, pengaruh teman dan lingkungan yang buruk, serta penggunaan internet yang tidak bijaksana.

Jika sebab-sebab ini tidak teratasi, maka anak-anak akan semakin terjerembab ke dalam pusaran pergaulan bebas. Bukan tidak mungkin jika anak-anak kita mesti menanggung konsekuensi negatif akibat pergaulan bebas, seperti kecanduan obat-obatan terlarang, prestasi yang menurun, serta terlilit utang dan masalah kriminal.

Karena itu sebagai orang tua mesti mencegah semua hal tersebut dengan berbagai upaya. Adapun salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memberi kasih sayang yang cukup, serta pengarahan yang tepat kepada anak-anak.

Dengan memberi kasih sayang, anak-anak tidak akan merasa kecewa dan dikucilkan, kemudian tidak akan melampiaskannya dengan melakukan tindakan negatif. Dengan memberi pengarahan dan didikan yang tepat, anak-anak akan mampu menghindari pergaulan bebas.

Selain itu, mengenalkan anak kepada teman dan lingkungan yang baik juga patut untuk dilakukan. Dengan cara tersebut, dampak atau pengaruh positif akan tertular pada anak-anak kita, sehingga mereka tidak akan terjebak ke dalam pergaulan bebas.

Penggunaan internet pun juga harus dibimbing agar anak-anak kita tidak mengakses konten negatif yang memicu mereka untuk masuk ke pusaran pergaulan bebas. Dengan melakukan hal itu semua, diharapkan anak-anak kita tidak terjebak ke dalam pusaran pergaulan bebas, serta menjadikan mereka sebagai anak-anak yang budiman.

Baik bapak-bapak dan ibu-ibu, mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Atas segala kekurangan dan lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh Pidato Pendidikan Bahasa Indonesia Lingkungan

contoh pidato singkat
autos.id

Berbicara soal lingkungan, pastinya terkait dengan kebersihannya. Dalam Islam, kebersihan merupakan sebagian dari Iman. Dengan lingkungan yang bersih, maka InshaAllah hati terasa nyaman saat melakukan kegiatan yang positif. Namun, pada faktanya masih banyak orang rendah kesadaran terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya.

Kebersihan lingkungan pun adalah tanggung jawab bersama. Maka harus ada inisiatif dalam diri untuk bergerak dan mengingatkan sesama masyarakat untuk menjaga. Nah, perlu juga sosialisasi atau motivasi dari perangkat pemerintah daerah untuk menyadarkan kembali masyarakatnya.

Di bawah ini akan kami berikan contoh pidato singkat tentang lingkungan yang dapat dijadikan bahan sosialisasi.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita dapat berkumpul pada acara hari ini. Ucapan terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada rekan rekan guru serta anak-anak ku tercinta siswa siswi di lingkungan sekolah tercinta kita ini.

Hadirin yang terhormat

Pada hari ini, di kesempatan emas ini, saya ingin menyampaikan sebuah pidato tentang “lingkungan kita”. Pidato yang saya akan sampaikan merupakan keluh hati saya terhadap lingkungan yang semakin hari semakin tercemar.

Semoga di moment hari lingkungan hidup yang jatuh pada hari ini, saya ingin mengajak teman-teman semua untuk menjaga lingkungan yang selama ini menjaga kita.

Sadar atau tidak, kita hidup di dunia ini bergantung pada lingkungan, kita minum air yang bersumber dari lingkungan kita, kita menghirup udara yang bersumber dari lingkungan kita, kita makan makanan yang bersumber dari sumber makanan yang hidup dan ditanam dari lingkungan kita.

Lingkungan kita tempati memiliki dampak yang besar untuk kehidupan kita seakan lingkungan berarti hidup kita. Oleh karena itu baik atau buruk lingkungan secara langsung akan berpengaruh terhadap baik-buruknya kehidupan kita khususnya.

Beberapa tahun kebelakang, tentunya kita pernah mengalaminya sendiri ketika hidup terasa hijau karena masih banyak pohon yang terdapat di lingkungan kita. Tetapi lihat lah sekarang, pohon-pohon itu telah berkurang dan nyaris tiada. Kehijauan hidup kita terganti dengan kepulan Carbon Monxida yang tidak bisa dirubah menjadi Oksigen karena pohon-pohon tiada.

Kesejukan udara yang dulu akrab dengan hidung kita, kini terganti dengan bau busuk polusi sumber dari moderenisasi yang tidak bersahabat dengan lingkungan.

Beberapa tahun kebelakang, tentunya kita pernah mengalaminya sendiri ketika setiap langkah yang kita tempuh, terlihat bersih tanpa adanya sampah yang merusak pandangan mata.

Tetapi melangkah lah sekarang, tanah yang dulu bersih nan subur sekarang tertimbun sampah busuk yang sudah seperti teman di setiap perjalanan. Kesuburan yang dulu diandalkan pun kini tinggal legenda usang tak yang terabaikan.

Hadirin yang terhormat

Saya yakin pengalaman-pengalaman itu pernah dialami oleh semua orang di sini. Sadarlah, keruasakan itu kita semua lah penyebabnya. Jika kita terus mengabaikan itu, bencana yang kita tidak pernah bayangkan akan pasti datang mengingatkan.

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk memperbaiki lingkungan kita? Saya berdiri di sini bukan hanya untuk menjabarkan kondisi miris-kritis lingkungan kita saja, saya pribadi juga ingin mengajak untuk melakukan beberapa tindakan yang sebenarnya kecil dan mudah kita lakukan.

Dimulai dengan memilah sampah dan membuangnya pada tempat seharusnya, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan menghemat listrik serta menanam pohon sebagai investasi hidup anak cucu kita selanjutnya.

Hal-hal tersebut ayo kita bina dari sekarang. Hal-hal kecil tersebut merupakan investasi besar untuk generasi mendatang.

Cintailah lingkungan kita sebagaimana kita mencintai hidup dan masa depan kita. Sebenarnya itu yang saya ingin ungkapkan. Pidato yang saya sampaikan bukanlah apa-apa dibandingkan tindakan kita selanjutnya. Terima kasih banyak atas perhatiannya, mohon maaf jika ada salah kata.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Pendidikan Bahasa Inggris

Tinggalkan komentar