Cara Membuat dan Contoh Proposal Kagiatan, Usaha, Penilitian, Pengajuan Dana

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN – Mendengar kata proposal, pasti terlintas di benak Anda suatu pengajuan untuk melakukan suatu kegiatan. Proposal juga dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai syarat untuk skripsi. Dengan demikian, maka proposal merupakan rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.

Tujuan utama dibuatnya proposal adalah untuk mendapatkan persetujuan dari pihak yang terlibat di dalamnya atas kegiatan yang akan Anda rencanakan. Sehingga penulisan proposal pun harus dengan baik, benar serta relevan agar Anda bisa mendapat persetujuan.

Pembuatan proposal tentunya harus tersusun rapi dan terperinci agar memudahkan pemahaman tentang rencana yang Anda ajuan. Sebab proposal memuat rincian kegiatan yang akan Anda lakukan, dan menjadi pertimbangan apakah proposal tersebut disetujui atau tidak.

Dengan demikian maka tak heran jika banyak yang mencari bagaimana contoh proposal yang baik dan benar, untuk mendukung keberlangsungan kegiatan yang akan dilakukan. Karena banyak jenis proposal, maka masing-masing proposal pun memiliki beberapa bagian yang berbeda. Sehingga Anda perlu memperhatikan beberapa point yang perlu ada dalam proposal yang Anda buat.

Untuk memudahkan pembuatan proposal dalam kegiatan yang akan Anda ajukan, berikut ini contoh proposal berdasarkan kegiatan yang akan Anda lakukan.

Contoh Proposal Penelitian

contoh proposal kegiatan

Bagaimana contoh proposal penelitian yang baik? Berikut ini teknik penulisan proposal penelitian yang perlu Anda perhatikan.

  • Halaman judul

Memuat judul penelitian, jenis laporan yang digunakan, lambang dari instansi terkait, keterangan mengenai instansi dan tahun pengajuan

Judul ulasan penelitian dibuat dengan singkat dan jelas, namun menggambarkan konsep dan topik serta keterkaitan antara variabel yang digunakan. Selain itu judul juga memuat lokasi dan tahun penelitian. Untuk penulisan judul diketik menggunakan huruf kapital dan tidak boleh disingkat.

  • Halaman Persetujuan

Memuat judul ulasan penelitian, serta persetujuan pihak yang akan diajukan proposal.

  • Daftar Isi

Merupakan daftar yang menunjukkan isi setiap bagian dalam proposal atau sub bagian proposal. Penulisannya juga dengan memuat nomor halaman sesuai letak sub judul dalam proposal.

  • Isi

Merupakan isi dari seluruh bagian proposal. Isi proposal juga dibuat menjadi beberapa bagian bab, dan per bagian bab juga dibagi menjadi beberapa sub bab.

Contoh Proposal Skripsi

Proposal skripsi merupakan intro atau awalan dari skripsi yang akan Anda lakukan. Lebih lanjut, proposal skripsi merupakan laporan usulan penelitian tugas akhir mahasiswa dalam skripsi.

Lalu bagaimana contoh proposal skripsi yang baik agar mendapat persetujuan dari dosen? Berikut ulasannya:

  • Cover proposal

Merupakan halaman utama yang berisi judul skripsi, nama penyusun, NIM mahasiswa, logo universitas, program studi, jurusan, nama universitas dan tahun pembuatan.

  • Lembar pengesahan

Lembar pengesahan merupakan persetujuan dari dosen pembimbing utama. Dimana jika ditandatangani maka proposal Anda disetujui.

  • Daftar isi

Merupakan daftar halaman dari isi proposal skripsi yang Anda buat. Hal ini agar memudahkan pembaca dalam menemukan serta menelaah isi proposal skripsi.

  • Kata pengantar

Memuat tentang tujuan dan maksud ditulisnya skripsi. Kata pengantar juga memuat ucapan terima kasih penulis kepada pihak yang telah membantu penulisan.

  • Daftar tabel

Jika dalam proposal Anda memuat tabel, maka daftar tabel ini digunakan agar memudahkan pembaca untuk menemukan tabel yang berkaitan terhadap pembahasan dalam skripsi.

  • Daftar gambar

Jika dalam skripsi proposal Anda juga memuat banyak gambar, maka bagian daftar gembar juga digunakan untuk memudahkan pembaca menemukan gambar dalam pembahasan skripsi.

  • Daftar lampiran

Daftar lampiran, merupakan daftar dari beberapa berkas yang Anda lampirkan dalam proposal, misalnya surat penelitian, lampiran berkas atau lainnya.

  • Isi

Merupakan isi dari skripsi yang Anda buat. Dimana di dalamnya memuat beberapa bab, dan setiap bab dibagi menjadi beberapa sub bab.

Contoh Proposal Usaha

Proposal usaha merupakan rancangan usaha yang disampaikan secara tertulis untuk pihak investor. Dimana penulisannya harus secara sistematik dan jelas dengan menggambarkan aktivitas yang akan dilakukan serta perhitungan keuangan dan rincian kebutuhan aset.

Mengingat tujuan proposal usaha sangat penting yaitu untuk merealisasikan peluang usaha yang profitabel serta sebagai sarana dalam menyakinkan pihak investor terhadap kelayakan usaha yang ada jalankan, maka dalam pembuatan proposal usaha harus secara sistematik, biak dan jelas.

Lalau bagaimana contoh proposal usaha yang baik? Berikut ulasannya:

  1. Cover dan halaman judul
  2. Daftar isi
  3. BAB I PENDAHULUAN

Memuat

  1. latar belakang
  2. tujuan usaha
  1. BAB II PERENCANAAN USAHA

Memuat

  1. Aspek pemasaran
  2. Aspek teknis dan produksi
  3. Aspek ekonomi sosial
  4. Aspek lingkungan
  5. Aspek manajemen
  6. Aspek keuangan
  1. Bab III PENUTUP

Memuat lampiran.

Contoh Proposal Kegiatan

Sistematika contoh proposal kegiatan yang baik yaitu:

  1. Judul proposal
  2. Latar belakang, memuat dasar dan alasan kegiatan tersebut diperlukan
  3. Tujuan, memuat tentang manfaat atau hal yang diharapkan dari kegiatan tersebut
  4. Kegiatan, memuat kegiatan pokok yang akan dilaksanakan dengan melampirkan jadwal kegiatan secara terperinci
  5. Anggaran, merupakan biaya yang diajukan atau dibutuhkan dalam kegiatan. Penulisannya harus secara detail dan terperinci.

Contoh Proposal Pengajuan Dana

Contoh Proposal Bisnis

Contoh proposal bisnis yang baik yaitu:

  1. Cover dan halaman judul bisnis
  2. Daftar isi proposal usaha
  3. BAB I PENDAHULUAN, memuat latar belakang dan dasar pemikiran
  4. BAB II Aspek Perencanaan Usaha

Memuat aspek pemasaran, aspek teknisi dan produksi, aspek ekonomi sosial, aspek lingkungan, aspek manajemen, dan aspek keuangan

  1. BAB II PENUTUP, memuat penjelasan dari hasil kalkulasi keuangan terhadap analisa kelayakan usaha yang elah diuraikan.

Contoh Proposal Yang Benar

Contoh proposal yang benar adalah memuat berapa bagian penting yaitu:

  1. Judul proposal
  2. Nama penyusun
  3. Kata pengantar atau pendahuluan yang berisi latar belakang
  4. Tujuan proposal
  5. Isi proposal
  6. Lampiran-lampiran (jika ada)
  1. Contoh Proposal PKM

Sistematika contoh proposal PKM yang baik yaitu:

  1. Judul proposal
  2. Latar belakang masalah
  3. Perumusan masalah
  4. Tujuan
  5. Luaran yang diharapkan
  6. Kegunaan program
  7. Gambaran umum rencana usaha
  8. Metode pelaksanaan program
  9. Jadwal kegiatan program
  10. Biaya

Contoh Proposal Singkat

Banyak yang mencari contoh proposal singkat, agar pembuatannya lebih mudah. Dalam contoh proposal yang singkat yaitu memuat:

  1. Judul proposal
  2. Tujuan proposal
  3. Isi proposal
  4. Penutup
  5. Lampiran

Contoh Proposal Sesuai EYD

Dalam membuat proposal tentunya haus memperhatikan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan. Lalau bagaimana contoh proposal yang sesuai EYD? Berikut ulasannya

  1. Pemakaian huruf
  2. Penggunaan huruf kapital. Judul proposal menggunakan huruf kapital
  3. Penulisan kata, harus menggunakan kata baku
  4. Pemakaian tanda baca harus secara sistematis
  5. Penulisan unsur serapan perlu diperhatikan.

Contoh Proposal Bakti Sosial

Sistematika contoh proposal kegiatan bakti sosial yaitu:

  1. Judul bakti sosial
  2. Latar belakang kegiatan dilaksanakan
  3. Maksud dan tujuan, yang memuat hasil akhir yang diharapkan dai kegiatan
  4. Tema, merupakan skripsi tujuan dari kegiatan yang akan dilakukan
  5. Isi kegiatan, merupakan waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan
  6. Anggaran, merupakan biaya yang dibutuhkan dalam kegiatan
  7. Penutup, berisi ucapan terima kasih kepada pihak terkait

Membuat proposal memang tak bisa dikatakan mudah, sebab penulisan proposal akan menjadi disetujui atau tidaknya proposal yang akan Anda ajukan. Jika dalam membuat proposal baik, maka kemungkinan untuk disetujui akan semakin tinggi. Dengan beberapa contoh proposal tersebut, tentunya akan memudahkan untuk mendapatkan persetujuan dalam kegiatan yang akan Anda lakukan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.