Gempa Bumi Tasikmalaya Berpotensi Tsunami untuk Wilayah Jabar, DIY, dan Jateng

GEMPA BUMI TASIKMALAYA¬† –¬†Pukul 23.55 WIB terjadi gempa yang mengguncang Pulau Jawa, terutama wilayah selatan. Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi dengan kekuatan 4,5 SR – 6,9 SR dengan episenter terpusat pada koordinat 7.75 LS 108.11 BT dan kedalaman 107 Km, yaitu menunjukkan titiknya berada di 11 Km barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

“Peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di wilayah Sukabumi, Tasikmalaya, dan sekitarnya,” Joko Susanto, Kepala BMKG Wilayah III Tangerang Selatan. Pada laman situs resminya, BMKG memberi peringatan dini mengenai potensi tsunami.

Tak hanya di wilayah Jawa Barat, guncangan gempa bumi juga merambat ke wilayah selatan Jawa Tengah, terutama Yogyakarta dan sekitarnya. Di saat waktunya masyarakat beristirahat, secara tiba-tiba terasa guncangan selama kurang lebih 1 menit, dan membuat masyarakat berhamburan keluar rumah.

gempa bumi tasikmalaya
CNN Indonesia

Dan uniknya, pada laman sosial media juga secara tiba-tiba dihebohkan oleh kaum mahasiswa. Berbagai macam postingan muncul, mulai dari mereka yang panik, sekedar memberikan informasi, dan muncul beberapa status anekdot seperti, “Baru diguncang lindu sebentar aja (Jawa: gempa) aja udah goyah, apalagi diguncang rindu setiap hari.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, terdeteksi bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi dengan kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia, yang mengakibatkan deformasi batuan. Hasil pantauan BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan.

Yang terpenting seluruh masyarakat harus tetap waspada, karena musibah dapat terjadi kapan saja. Akan lebih baik lebih dekatkan diri kepada Allah.swt, karena Dia lah yang memegang kekuasaan Takdir. Terselip hikmah dalam setiap hal yang terjadi, dengan adanya gempa ini mari kita maknai Allah.swt sedang rindu kepada hamba-Nya, merindukan lantunan doa hamba-Nya, rindu kepada hamba-Nya yang masih terjebak dalam jalan kesesatan, rindu kepada hamba-Nya melantunkan sholawat untuk Sang Rasulullah.

Semoga Allah.swt senantiasa memberikan kita perlindungan dan memudahkan kita dalam mengambil hikmah-Nya dari peristiwa gempa bumi Tasikmalaya ini. Amin…

 

Source : CNNIndonesia

Tinggalkan komentar