35+ Jenis Bunga Anggrek yang Ada di Indonesia Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

JENIS BUNGA ANGGREK – Para pencinta tanaman hias pasti familiar sekali dengan bunga ini, Bunga Anggrek namanya. Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias bunga yang memiliki pesona sangat indah.

Bunga Anggrek
deweezz.com

Bunga Anggrek ini memiliki banyak jenis, yang paling populer salah satunya adalah jenis anggrek bulan. Di Indonesia, jenis anggrek bulan sangat disukai oleh kawula muda, karena umumnya mereka menjadikan anggrek bulan ini sebagai hadiah spesial untuk kekasihnya.


ARTIKEL TERKAIT : Jenis Tanaman Hias dari Berbagai Negara beserta Gambar dan Penjelasan


Tak jarang orang yang membudidayakan tanaman anggrek. Namun, tak mudah juga proses untuk merawatnya, lingkungan menjadi faktor utama dalam merawat tanaman hias anggrek.

Simak berikut ini sob, pembahasan lengkap jenis tanaman hias bunga anggrek.

Pengertian Tanaman Hias Bunga Anggrek

Bunga Anggrek
deweezz.com

Apa itu bunga anggrek? Bunga Anggrek adalah salah satu jenis dari tanaman hias, memiliki nama latin Orchidaceae yang berarti anggrek ini bunga yang memiliki jenis paling banyak. Semua jenis itu tersebar luas dari kawasan tropika basah hingga wilayah Sirkumpolar.

Tanaman Anggrek ini bersifat epifit, yang berarti tanaman ini tumbuh dan hidup dengan cara menumpang pada tanaman lain. Namun ada sebagian anggrek yang hidup di tanah, yaitu anggrek yang berada di wilayah beriklim sedang.


BACA JUGA: Jenis Ikan Laut Dalam yang Aneh, Langka, dan Menyeramkan


Ciri-ciri Tanaman Hias Bunga Anggrek

Bunga Anggrek
deweezz.com

 

Ciri khas utama yang dimiliki bunga anggrek adalah bunganya yang berbentuk simetri bilateral. Bunga pada tanaman anggrek tersusun majemuk, tumbuh dari tangkai bunga yang memanjang dan muncul dari ketiak daun. Karena itulah bunga pada tanaman anggrek menjadi ciri utama untuk membedakannya dengan jenis yang lain.

Cara Merawat Tanaman Hias Bunga Anggrek

Bunga Anggrek
deweezz.com

Telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa merawat tanaman anggrek itu tidak mudah. Perlu memerhatikan lingkungan, terutama kondisi iklim pada lingkungan tersebut. Walaupun dikatakan sulit untuk merawatnya, masih banyak orang yang merawat dan menanam bunga anggrek ini untuk dijadikan sebagai tanaman yang menghiasi halaman maupun ruang dalam rumah.

Tetapi jika kamu merawatnya dengan sungguh-sungguh, maka semakin lama jika sudah terbiasa akan terasa mudah. Buat kamu yang ingin memiliki tanaman anggrek, tak perlu repot menanam bibit dan lalu merawat hingga besar.

Kini banyak sekali toko bunga yang menjual tanaman hias, salah satunya kamu bisa membeli anggrek yang sudah cukup besar dan merawatnya sendiri. “Aku bingung nih gimana cara merawatnya?” Jangan khawatir! Kami sajikan panduan cara mudah menanam bunga anggrek.

  • Taruh bunga di tempat yang alami terkena sinar matahari, agar bunga dapat bertumbuh secara maksimal.
  • Jika kamu menaruh anggrek di dalam ruangan, baiknya memberikan cahaya lampu, agar bunga tidak kekurangan cahaya dan tentunya guna menjaga kelembapan.
  • Seperti tanaman lainnya, anggrek memerlukan pupuk guna memenuhi asupan nutrisinya. Pupuk yang diberikan adalah pupuk jenis khusus yang memang digunakan untuk tanaman tropis.

Berbagai Manfaat Tanaman Hias Bunga Anggrek

Bunga Anggrek
deweezz.com

Pasti diantara kalian sedikit yang mengetahui bahwa bunga anggrek memiliki manfaat lain selain menjadi tanaman hias. Agar kalian tahu dan sadar untuk setia merawat tanaman hias anggrek kalian di rumah, simak ulasan manfaat dari bunga anggrek berikut.

Manfaat Bunga Anggrek Sebagai Simbol

Pada umumnya, anggrek dijadikan sebagai simbol perasaan cinta, keindahan dan kemewahan. Namun bangsa Yunani menganggap anggrek sebagai simbol kejantanan. Sedangkan pada zaman dahulu kala bangsa Tiongkok menyakini bahwa anggrek merupakan tanaman yang dapat mengeluarkan aroma harum dari tubuh Kaisar mereka.

Manfaat Bunga Anggrek Sebagai Tanaman Obat Herbal

Dahulu pada zaman pertengahan, tanaman hias anggrek memiliki manfaat penting sebagai pengembangan sistem pengobatan dari tumbuhan atau sekarang yang lebih dikenal pengobatan herbal.

Terutama di wilayah Cina, sudah sejak tahun 2800 SM anggrek dijadikan salah satu sumber obat-obatan herbal. Jenisnya yang dijadikan sebagai pengobatan adalah jenis anggrek Gastrodia Elata.

Manfaat Bunga Anggrek Sebagai Sumber Makanan

Salah satu anggota dari suku anggrek-anggrekan yang dapat dimanfaatkan buahnya adalah Vanili (Vanilla Planifolia)Namun di beberapa negara memanfaatkan anggrek jenis Dendrobium sebagai olahan makanan.

Contohnya di Singapura dan Thailand, bunga anggrek dimanfaatkan sebagai salah satu produk olahan makanan ringan yang nikmat. Bangsa Eropa, mengkonsumsi bunga anggrek dalam bentuk sebagai hiasan makanan (Garnish). Suku Aborigin juga memanfaatkan bunga anggrek sebagai pengganti bahan pangan pokok saa terdesak.

Manfaat Bunga Anggrek Sebagai Pembasmi Racun di Udara

Beruntung lah kamu yang menanam tanaman bunga anggrek di halaman rumah, karena bermanfaat dapat membasmi racun yang terkandung dalam polusi udara. Dengan menanamnya, maka rumah kamu akan tercipta lingkungan yang sehat dan bersih, sehingga nyaman saat berada di rumah.

JENIS JENIS TANAMAN HIAS BUNGA ANGGREK

1. Jenis Bunga Anggrek Hitam

Bunga Anggrek
deweezz.com

Anggrek Hitam memiliki nama ilmiah (Coelogyne Pandurata) merupakan jenis anggrek yang banyak terdapat di Kalimantan dan Sumatera. Nama anggrek hitam diberikan karena jenis ini memiliki labellum atau lidah berwarna hitam yang sedikit berbulu.

2. Anggrek Jenis Cattleya

Bunga Anggrek
deweezz.com

Bunga Anggrek Cattleya adalah salah satu jenis anggrek yang bersifat epifit. Jenis anggrek ini berasal dari Kosta Rika, namun di Indonesia juga banyak ditemukan. Nama Cattleya diberikan oleh John Lindley pada tahun 1824, sebelum itu Sir William Cattley yang telah berhasil membudidayakan anggrek jenis anggrek Cattleya.

Ciri khas dari anggrek jenis ini adalah efektivitas daunnya, yang mana Cattleya tidak baik jika setiap hari terkena sinar matahari langsung. Dalam sehari jenis ini hanya membutuhkan matahari selama 4-5 jam. Jika daunnya berwarna hijau gelap, berarti menandakan bunga kekurangan sinar matahari. Dan sebaliknya, jika sinar matahari terlalu lebih bunga akan berwarna hijau kekuningan.

3. Anggrek Tebu

Bunga Anggrek
deweezz.com

Jenis Angrek Tebu, memiliki nama ilmiah (Grammatophyllum Speciosum). Bunga anggrek ini merupakan jenis terbesar diantara spesies lainnya. Seringkali anggrek ini disebut anggrek macan, anggrek ratu, dan anggrek harimau.

Anggrek tebu dapat tumbuh mencapai ketinggian 2 hingga 3 meter, dengan diameter 2 sentimeter, dan bunganya berdiameter 10 sentimeter. Karena itulah jenis ini diberikan nama anggrek tebu, yang memang bentuknya besar dan memiliki batang seperti tebu.

4. Tanaman Hias Anggrek Jenis Oncidium

Bunga Anggrek
Deweezz.com

Oncidium merupakan suku anggrek yang berasal dari keluarga Epidendroideae. Jenis ini tersebar di wilayah Florida Selatan hingga Amerika Selatan. Pada umumnya anggrek oncidium tumbuh di daerah kering.

5. Anggrek Selop

Bunga Anggrek
deweezz.com

Anggrek Selop adalah jenis anggrek yang termasuk tanaman endemik di JawaTimur. Anggrek dengan nama latin Paphiopedilum Glaucophyllum banyak ditemukan pada habitatnua di kawasan selatan lereng Gunung Semeru, Jawa Timur.

Ciri dari bunga anggrek selop yaitu memiliki 4 helai kelopak, yang mana 2 helai adalah kelopak utama, 2 helai kelopak samping, dan terdapat 1 labellum. Uniknya anggrek selop ini memiliki bentuk bibir yang mirip dengan tanaman kantung semar.

6. Jenis Anggrek Bulan

Bunga Anggrek
deweezz.com

Anggrek Bulan memiliki nama ilmiah yaitu Phalaenopsis Amabilis, anggrek jenis ini tidak begitu menyukai sinar matahari. Pada umumnya anggrek bulan diletakkan di dalam ruangan yang tak tersinari matahari secara langsung.

Anggrek bulan memiliki aroma yang sangat harum dan pula bunganya mekar lebih lama dibanding bunga anggrek lainnya. Di Indonesia, banyak sekali dari kalangan masyarakat hingga pencinta tanaman hias yang menyukai bunga anggrek bulan. Bunga anggrek adalah salah satu bunga nasional Indonesia, yang mana telah ditetapkan sebagai Puspa Pesona.

7. Anggrek Monyet

Bunga Anggrek
deweezz.com

Anggrek monyet atau dikenal dalam bahasa Inggris yang diberikan nama oleh Luer, yaitu Dracula Simia. Bunga ini memiliki bentuk yang sangat unik, keunikannya dapat dilihat dari bentuk bunganya yang mirip dengan rupa monyet. Habitatnya berada pada ketinggian 2000 meter, dengan suhu 27° celcius.

8. Anggrek Bibir Berbulu

Bunga Anggrek
deweezz.com

Anggrek Berbulu merupakan bunga cantik yang berasal dari Indonesia asli. Namun, anggrek bulu ini jarang dikenal, kalah populer dibanding Anggrek Hitam. Anggrek berbulu memiliki nama ilmiah Coelogyne Speciosa. Jelas mengapa bunga ini dinamakan anggrek bibir berbulu, ya karena memang bunga ini memiliki bibir yang ditumbuhi bulu dan itu merupakan ciri khasnya tersendiri.

9. Jenis Anggrek Ki Aksara

Bunga Anggrek
deweezz.com

Anggrek Ki Aksara atau dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan nama Mecodes Petola. Bunga ini berbeda dengan jenis lainnya, yang mana keindahan bunga ini terletak pada daunnya. Terlihat daunnya yang berwarna hijau serta sedikit ungu gelap, dan mempunyai urat yang bertekstur longitudinal berwarna emas cerah, serta permukaan yang seperti beludru.

10. Tanaman Hias Anggrek Violet

Bunga Anggrek
deweezz.com

Bunga Anggrek Violet memiliki nama ilmiah Phalaenopsis Violacea. Pesona yang dimiliki bunga ini adalah kelopak bunga yang indah dan aroma yang sangat harum. Jadi sangat cocok sekali buat kamu yang mau menjadikan halaman rumah selalu segar dan harum.

11. Bunga Anggrek Serat

Bunga Anggrek
deweezz.com

Bunga Anggrek Serat merupakan salah satu tumbuhan endemik yang ada di Indonesia. Bunga Anggrek ini bagian dari kehidupan flora di Sulawesi Tenggara. Anggrek Serat memiliki nama ilmiah Dendrobium Utile.

Dalam bahasa Sulawesi Angrek Serat diberi nama anomi. Tumbuhan ini memiliki umbi semu yang mengandung serat, dan biasanya dimanfaatkan untuk menjadi bahan anyaman. Maka dari itulah tumbuhan dinamakan Anggrek Serat.

12. Papua Paphiopedilum

Bunga Anggrek
deweezz.com

13. Anggrek Jamrud

Bunga Anggrek
deweezz.com

Anggrek Jamrud memiliki nama ilmiah Dendrobium Macrophyllum. Anggrek jamrud merupakan spesies anggrek yang berasal dari Indonesia, dan tersebar di wilayah Filipina, Papua Nugini, serta di beberapa pulau Pasifik Barat.

14. Jenis Anggrek Jingga

Bunga Anggrek
deweezz.com

Tumbuhan ini diberi nama Anggrek Jingga karena daunnya yang berwarna jingga, dan juga terdapat corak merah.

15. Anggrek Sendok

Bunga Anggrek
deweezz.com

Sama halnya dengan anggrek jingga, bunga anggrek sendok ini diberi nama karena ciri khas dari bentuk daunnya yang mirip menyerupai sendok.

16. Bunga Anggrek Hartinah

bunga anggrek
deweezz.com | Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah atau dikenal juga dengan sebutan Anggrek Tien Soeharto, memiliki nama ilmiah Cymbidium Hartinahianum. Anggrek ini juga termasuk tumbuhan endemik dan hanya dapat tumbuh di wilayah tertentu, yaitu di Sumatera Utara.

17. Jenis Bunga Anggrek Bulan Bintang

bunga anggrek
deweezz.com | Anggrek Bulan Bintang

Anggrek Bulan Bintang memiliki nama ilmiah Paraphalaenopsis Denevei. Tumbuhan ini berasal dari Kalimantan. Anggrek bulan bintang dapat ditemukan di pohon dekat aliran sungai, atau di dataran rendah dengan ketinggian 300 Mdpl.

18. Anggrek Jenis Ascidieria

jenis bunga anggrek
deweezz.com

19. Anggrek Kebutan

jenis bunga anggrek
deweezz.com | anggrek kebutan

Anggrek Kebutan memiliki nama ilmiah Ascocentrum Miniatum merupakan spesies anggrek yang dapat ditemukan di wilayah Asia Tenggara, seperti Laos, Malaysia, Pulau Jawa, Sumatera dan juga Filipina. Di Indonesia sendiri jenis Anggrek ini dilindungi.

 20. Jenis Dendrobium Uniflorum

bunga anggrek

Anggrek jenis Dendrobium Uniflorum ini tersebar di beberapa wilayah Indonesia, yaitu di Pulau Sulawesi, Borneo, dan Sumatera. Namun juga tersebar di wilayah Asia Tenggara lain, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina.

21.  Anggrek Cryptopylos

22. Anggrek Kepala Tentara

23. Bunga Anggrek Dendrobium Triflorum

24. Anggrek Sikat Gigi

bunga anggrek

Anggrek Sikat Gigi memiliki nama ilmiah Dendrobium Secundum. Tumbuhan ini merupakan jenis anggrek dataran rendah, dan cukup banyak diminati oleh kalangan pecinta Anggrek.

25. Anggrek Dendrobium Hasseltii

26. Jenis Anggrek Calanthe Triplicate

27. Bunga Anggrek Jenis Alatiliparis

28. Dendrobium Mutabile

29. Bunga Anggrek Dendrobium Capra

30. Anggrek Neuwiedia Zollingeri

bunga anggrek

Itulah berbagai macam jenis bunga anggrek yang ada di Indonesia. Selain itu, bunga anggrek di Indonesia diklasifikasikan lagi dalam beberapa jenis kelompok, seperti kelompok bunga anggrek dalam jenis oncidium dan kelompok bunga anggrek dalam jenis dendrobium. Kami akan terus update untuk mengulas jenis bunga anggrek lainnya.

Terima kasih sudah berkunjung

Satu pemikiran pada “35+ Jenis Bunga Anggrek yang Ada di Indonesia Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

Tinggalkan komentar