kerupuk palembang

Kerupuk Palembang! Oleh-oleh Khas yang Bikin Istri Makin Lengket

KERUPUK PALEMBANG – Siapa yang tidak menyukai camilan kerupuk ? makanan yang hanya bisa ditemukan di Indonesia ini memang tidak bisa dilepas dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang doyan ngemil. Selain itu, kerupuk sudah dianggap pelengkap makanan ataupun untuk camilan sekedar saja.

Kerupuk memiliki banyak jenis dan bahan baku yang berbeda. Termasuk kerupuk Palembang yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, bukan hanya Kota Palembang. Apa saja ciri khas dan bagaimana awalnya kerupuk Palembang hadir ? bagi anda para pecinta kerupuk, simak informasi ini.

kerupuk palembang

Asal Muasal Kerupuk Palembang

Menurut cerita rakyat Palembang, kerupuk khas kota mereka berasal dari sebuah dusun miskin yang ada di Palembang jaman dahulu. Karena hidup dengan kekurangan mereka harus menerima panganan yang seadanya dan tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Dulu banyak tanaman singkong yang berada disekitar dusun tersebut, akhirnya dimanfaatkan untuk dikonsumsi.

Namun karena panganan singkong hanya dimasak dalam jenis yang sama berulang-ulang, akhirnya dibuatlah singkong dalam bentuk lain. Dengan memarut singkong dan mengambil air perasannya, setelah itu singkong dijemur hingga kering. Jika sudah selesai mereka mengolahnya menjadi tepung tapioka dan dibuatlah kerupuk. Dengan proses penggorengan saja kerupuk sudah bisa matang dan dikonsumsi.

Kerupuk Ikan Khas

Dulu kerupuk Palembang sama halnya dengan kerupuk lain yang hanya menggunakan rasa tapioka saja. Namun suatu hari ada seorang bapak yang memancing di sungai dan mendapatkan ikan belida. Akhirnya timbulah ide untuk memasukan atau menambahkan ikan belida pada kerupuk tersebut.

Untuk itulah kenapa kerupuk yang berasal dari kota Palembang rata-rata menggunakan ikan. Karena makanan yang mudah didapat dulu kala yakni ikan, melihat memang geografis Palembang terdapat banyak sungai. Disisi lain masyarakat Palembang memanglah menyukai cita rasa ikan pada makanan mereka.

Jenis Kerupuk Palembang

Kerupuk Palembang merupakan camilan yang berupa kerupuk dengan bentuk dan aroma yang sangatlah khas. Sangat banyak masyarakat Indonesia yang membedakan kerupuk ini berdasarkan bentuk dan juga baunya. Kerupuk Palembang sendiri memiliki 4 jenis yaitu :

1. Kemplang Bakar

Siapa yang tidak tahu dan tidak mengenal Kemplang Bakar. Sesuai dengan namanya Kemplang dibuat dengan cara dipukul untuk meratakan adonannya, sehingga adonan tersebut berbentuk layaknya erupuk. Jaman dahulu, kerupuk ini dibuat dari ikan belida dan juga tapioka. Namun karena kesulitan bahan baku sehingga kerupuk diganti menggunakan ikan tenggiri. Mengonsumsi kerupuk ini menggunakan sambal khusus, dan rasa Kemplang pun khas karena memiliki tekstur yang keras dan juga kenyal serta dibakar.

2. Kemplang Kancing

Meskipun memiliki nama yang sama, Kemplang kancing merupakan kerupuk dengan jenis yang berbeda dengan kemplang bakar. Dimana kerupu kemplang kancing ini merupakan panganan yang pas untuk teman makan nasi. Karena rasanya yang gurih dan juga testur yang sangat renyah. Hal ini membuat rasa menjadi semakin lengkap ketika mengonsumsi nasi dan juga lauk pauk serta kerupuk bersamaan.

3. Kerupuk Keriting

Kerupuk keriting memiliki bentuk sesuai dengan namanya. Selain berbentuk bulat, kerupuk Palembang juga punya bentuk yang keriting. Ada banyak jenis kerupuk namun kerupuk keriting termasuk satu yang paling terkenal di Palembang. Sama seperti yang lain kerupuk ini memiliki bahan dasar ikan. Untuk membuat lubang kecil dan juga membentuk kerupuk dengan unik, adonan dibuat cair dan dimasak dengan membentuk pola kerupuk. Sehingga menghasilkan bentuk yang unik dan rasa yang lezat.

4. Pilus

Siapa yang sering mengonsumsi makanan ringan ini, pasti anda tahu dengan rasa gurih tanpa sadar anda memakannya hingga satu toples. Pilus memanglah makanan kerupuk Palembang dengan bentuk yang lebih kecil atau lebih mungil. Umumnya camilan ini biasa dikonsumsi langsung saja tanpa teman ataupun ditambah teman makan, baik makanan berat seperti nasi dan makanan berkuah, ataupun makanan lainnya.

Itulah kerupuk palembang yang akan membaut istri anda semaki lengket. Kalau mau maik lengket lagi, cobain pempek palembang yang bisa Anda bisa beli secara online di Pempek Online.

Tinggalkan komentar