35 Makanan Khas Bali yang Paling Maknyuuss Sedunia, Dijamin Bikin Menggelitik Lidah Kamu..!!

MAKANAN KHAS BALI – Apa kabar semuanya teman-teman..? Kami mau bahas makanan khas daerah lagi nih. Yang ingin Kami bahas adalah Makanan khas Bali. *Horee… Siapa coba yang belum pernah ke Bali? Salah satu pulau di Indonesia yang memiliki sejuta keindahan alam.

Eksistensi Pulau Bali ini sudah tingkat internasional guys. Setiap hari Pulau Bali selalu dipadati oleh turis mancanegara yang sedang berlibur. Ini menandakan bahwa Indonesia memiliki sebuah ikon yang sangat luar biasa, sehingga menjadi rekomendasi bagi orang di luar negeri sana untuk berkunjung ke Tanah Air tercinta ini.

Nah, ternyata bukan hanya keindahan alam saja yang menarik para turis mancanegara. Bali memiliki daftar 35 makanan khas yang mampu menghipnotis lidah para turis di sana. Pokoknya orang-orang luar negeri sana, kalau sedang berlibur ke Indonesia, terus nyicipin makanan khasnya, pasti bakal langsung cinta mati deh.

Kebayangkan betapa lezat dan nikmatnya makanan khas Tanah Air tercinta ini. #AkubanggajadianakIndonesia

Mungkin kalian penasaran nih, apa aja sih 35 makanan khas Bali itu? Langsung aja simak. Pantengin terus ya artikelnya sampai habis.

1. ‘Blayag Raja’ Masakan Khas Bali

makanan khas bali

Blayag Raja adalah makanan khas Bali yang terbuat dari ketupat. Makanan ini memang terbilang sulit ditemui, namun jika akan lebih mudah jika berkunjung ke Buleleng. Blayag raja hampir saja punah karena kalah eksistensinya dengan makanan barat.

Tapi itu tidak membuat kenikmatan makanan khas Bali ‘blayag raja’ ini hilang. Blayag raja sendiri komposisinya terdiri dari sayuran dan disirami bumbu yang lezat, lebih mantap lagi jika disantap dengan kacang komak.

2. Lontong Jukut Serapah

makanan khas bali

Lontong jukut serapah, *hm.. terdengar aneh juga ya namanya. Nama makanan khas Bali yang satu ini mungkin tidak enak didengar oleh orang Melayu. Namun untuk orang Bali ini adalah santapan lezat.

Perlu kamu ketahui juga, walaupun namanya terdengar aneh, Lontong jukut serapah ini merupakan kuliner khas Bali yang favorit. Jadi, untuk kamu yang sedang liburan ke Bali, jangan lupa mencicipi ya.

Komposisinya dari kuliner ini yaitu sudah pasti lontong sebagai bahan utamanya. Namun, lontong jukut serapah ini memiliki bentuk segitiga dan berukuran lebih besar.

Lontong disajikan dengan berbagai jenis sayuran, seperti bayam, nangka, daun singkong, pepaya, dan jantung pisang. Kemudian disiram dengan telengis (kuah kental hasil sampingan minyak kelapa dan santan kelapa yang direbus).

3. Serombotan Khas Bali

makanan khas bali

Mungkin orang jawa akan mengira makanan ini adalah urap, ya memang sangat mirip sekali. Namun, oleh masyarakat Bali makanan ini dikenal dengan nama Serombotan.

Serombotan terbuat dari berbagai jenis sayuran, seperti buncis, kangkung, kacang panjang, terong, touge, dan pare. Kemudian semua sayuran itu dicampur menjadi satu. Sedikit berbeda dengan urap, bumbu yang dipakai untuk serombotan ini namanya kalas.

Kalas adalah bumbu yang terbuat dari santan yang dicampur dengan kunyit tumbuk, bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, dan kencur. Makanan khas Bali yang satu ini mudah ditemukan di daerah Denpasar dan Kuta.

4. Makanan Khas Bali ‘Sate Lilit’

makanan khas bali

Hm… Sate, salah satu makanan paling eksis di Nusantara, dan juga sudah terkenal di kancah internasional. Sate ini merupakan makanan yang sangat mudah ditemui di Indonesia, karena di setiap daerah memiliki ciri khas kuliner sate tersendiri.

Sate yang paling popular di Indonesia adalah Sate Padang. Nah, kalau di Bali juga ada sate yang popular guys. Namanya sate Lilit.

Selain rasanya yang enak, sate ini juga cukup unik, karena pembuatannya itu bukan ditusuk, melainkan daging yang dicincang kemudian dililitkan ke tusukan satenya lalu dibakar. Untuk daging yang dipakai adalah daging ikan tenggiri, ikan yang memiliki harga tertinggi dibanding ikan lainnya.

5. Bagiak Khas Bali

makanan khas bali

Kamu mau cari makanan ringan di Bali? Cobain aja makanan khas Bali yang satu ini, Bagiak namanya. Bagiak ini salah satu makanan ringan khas Bali, cocok banget buat camilan atau oleh-oleh liburan guys.

Bagiak terbuat dari komposisi tepung sagu, rasanya agak manis dan teksturnya yang renyah. Bagiak memiliki bentuk bulat dan panjang, tampak seperti jempol orang dewasa. Saat dipegang bagiak memang keras, namun setelah disantap akan terasa renyahnya, semakin lama akan pecah dan lembek.

Bagiak disajikan dengan berbagai macam rasa, seperti kacang, jahe, susu, dan kayu manis. Paling nikmat nih guys, menikmati bagiak sambil ngopi di sore hari.

6. ‘Lawar Kuwir’ Masakan Bali

makanan khas bali

Lawar Kuwir adalah makanan khas Bali yang menjadi favorit para wisatawan yang sedang berlibur. Lawa kuwir terbuat dari campuran sayuran dan daging yang dicincang, dan ditambah dengan ramuan bumbu khusus khas Bali.

Dagingnya tersebut menggunakan daging bebek entog atau kuwir (sebutan bagi orang Bali). Namun, bagi kamu yang Muslim, harus hati-hati juga sebelum membeli makanan ini, karena sebagian pedagang menggunakan campuran daging babi.

7. Nasi Jinggo Khas Bali

makanan khas bali

Nah ini mungkin mirip dengan nasi kucing di angkringan-angkringan khas Jogja. Makanan khas Bali yang satu ini namanya Nasi Jinggo, harganya juga murah sama seperti nasi kucing. Namun, selain murah, nasi jinggo ini juga sangat enak dan citarasa pedasnya yang khas.

Sama juga dengan nasi kucing, nasi jinggo dibungkus dengan ukuran mini. Pembungkusnya menggunakan daun pisang. Didalamnya, nasi jinggo disajikan dengan daging ayam suwir, tempe goreng, dan mie goreng.

Dan keberadaannya sangat mudah ditemukan dipinggir jalan, layaknya warung angkringan di Jogja aja guys

8. ‘Jajak Wajik’ Makanan Ringan Khas Bali

makanan khas bali

Selain bagiak, juga ada makanan ringan khas Bali lainnya, yaitu Jajak Wajik salah satunya. Jajak wajik ini juga bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh liburan guys.

Jajak wajik ini merupakan camilan tradisional khas Bali yang masih tetap terjaga eksistensinya guys, dan juga sangat mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Bali. Citarasa yang manis dan legit ini membuat masyarakat Bali masih sangat menggemarinya.

9. ‘Rujak Bulung’ Camilan Khas Bali

makanan khas bali

Nah yang satu ini memang namanya sudah umum, tapi racikannya ini anti mainstream banget, berbeda sekali dengan makanan sejenis lainnya. Namanya Rujak Bulung, salah satu makanan khas Bali yang unik juga nih.

Bulung sendiri artinya rumput laut, jadi rujak ini terbuat dari rumput laut guys. Rujak ini sangat diminiati sekali oleh masyarakat maupun wisatawan, karena kandungan seratnya itu sangat banyak, pastinya sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Selain seratnya yang kaya, rumput laut juga mampu mendetoks tubuh dengan kandungan kandungan.

10. Godog Gedang Khas Bali

11. Bubur Mengguh

12. Jukut Ares

13. Be Pasih Mesambel Matah

14. Berengkes

15. Gerang Sambal Bawang

16. Nasi Tepeng Khas Bali

17. Rujak Kuah Pindang

18. Ayam Goreng Betutu

19. Kacang Asin

20. Nasi Ayam Bali

21. Tum Ayam Makanan Khas Bali

22. Jaja Bendu Khas Bali

23. Tipat Cantok

24. Bubur Injin

25. Komoh

 

Tinggalkan komentar