makanan khas cirebon

11 Makanan Khas Cirebon Yang Bakal Bikin Lidah Melet Teruusss..!!

MAKANAN KHAS CIREBON – Halo sobat semua.. Kali ini kami akan membahas tentang wisata kuliner. Ayo sob kita bersinggah ke Cirebon, Jawa Barat. Siapa nih yang tak kenal atau belum tahu Cirebon? Ok, kami akan ulas lebih dahulu apa, di mana, bagaimana dan seperti apa sih Kota Cirebon itu.

makanan khas cirebon
deweezz.com

Cirebon adalah sebuah daerah yang termasuk dalam wilayah administrasi Provinsi Jawa Barat. Letaknya berada di paling utara Jawa Barat, terbentang dari barat hingga ke timur. Di sebelah barat Cirebon berbatasan dengan Indramayu, dan di sebelah timur berbatasan dengan wilayah administrasi Provinsi Jawa Tengah.

Berbicara soal kuliner sob, Cirebon ini gudangnya makanan dan masakan lezat. Walaupun kota kecil, namun kini Cirebon telah dikenal luas karena ikon lokalnya, yaitu wisata alam, kerajinan tangan, dan wisata kuliner yang menjadi sasaran utama para pelancong.

Penasaran dengan makanan khasnya? Sebelum kamu menyinggahinya langsung, simak dulu nih informasinya. Makanan khas cirebon yang bakal bikin lidah kamu melet terus sob.

Makanan Khas Cirebon Nasi Jamblang

makanan khas cirebon
deweezz.com

Nasi Jamblang atau biasa orang cirebon menyebutnya Sega Jamblang. Nasi jamblang merupakan makanan khas yang berasal dari salah satu desa di Cirebon yang bernama Desa Jamblang. Karena itulah kuliner ini dinamakan nasi jamblang.

Uniknya, nasi jamblang ini dibungkus dengan daun jati. Di setiap warung makan nasi jamblang, lauk pauk disajikan secara prasmanan. Nah, lauknya pauknya ini sob yang bikin lidah melet.

Lauk yang disajikan antara lain adalah telur dadar, sambal goreng, tahu, tempe, semur tahu, paru sapi, daging ayam dan sapi, perkedel, sate kentang, sate telur puyuh, semur hati, telur ceplok, semur ikan, dan masih banyak lagi sob.

Nasi Lengko Cirebon

makanan khas cirebon
deweezz.com

Nasi Lengko asli panganan wong Cirebon. Nasi lengko ini sangat populer sob, karena sangat mudah sekali ditemukan di setiap sudut Kota Cirebon. Bahkan juga tersebar di Indramayu, Kuningan, dan Majalengka atau yang disebut wilayah 3 Cirebon.

Nasi lengko memang sederhana, tapi kalau udah sekali nyicip bakal ketagihan terus. Membuatnya mudah kok, hanya dengan nasi putih, mentimun, tahu dan tempe, tauge, seledri dan ditambah kecap. Biar makin maknyus, makannya ditemani kerupuk dan emping.

Empal Gentong Khas Cirebon

makanan khas cirebon
deweezz.com

 

Empal Gentong adalah kuliner lokal yang mewah namun murah sob. Empal gentong terbuat dari daging sapi yang ditetel (potong kecil) dan dimasak dalam sebuah gentong berbahan gerabah selama lima jam. Semakin lengkap lagi jika menyantap empal gentong dengan lontong.

Empal Asem

makanan khas cirebon
deweezz.com

Empal Asam ini juga makanan khas Cirebon, sedikit perbedaan dengan empal gentong biasa. Kuah empal asam lebih seperti kuah sop, dan memiliki cita rasa asam yang segar. Cita rasa yang begitu khas tersebut dihasilkan dari belimbing wuluh dan asam jawa. Bumbu penyedap lainnya masih sama seperti empal gentong.

Sate Kalong

makanan khas cirebon
deweezz.com

Sate Kalong, namanya terdengar sedikit aneh. Kalong secara umum dikenal sebagai kelalawar. Namun sob, bukan berarti sate ini terbuat dari daging kelalawar. Sate kalong ini terbuat dari daging kerbau, kenapa disebut kalong? Karena sate ini dijual saat tiba waktu maghrib hingga tengah malam.

Para pedagang sate kalong berjualan dengan cara membunyikan genta yang dibawa. Genta yang mengeluarkan bunyi khas ini kemudian dijuluki oleh masyarakat dengan nama “klonongan”. Sate kalong ini tersaji dalam dua rasa, yaitu manis dan asin.

Kerupuk Melarat

makanan khas cirebon
deweezz.com

Kerupuk Melarat atau yang juga dikenal oleh masyarakat Cirebon dengan julukan Kerupuk Pasir. Kerupuk melarat ini digoreng tanpa minyak, melainkan menggunakan pasir yang sudah dibersihkan, dikeringkan, dan diayak.

Para pedagang kerupuk melarat ini biasanya mengemasnya dengan plastik dan diikat tali rafia. Kerupuk ini unik dari segi warnanya yang beragam, ada yang kuning, merah, putih, dan hijau.

Mie Koclok

makanan khas cirebon
deweezz.com

Mie Koclok adalah mie kuning yang disajikan dengan tauge, daging ayam yang disuwir, kol, telur kemudian disiram dengan kuah santan. Lebih maknyus, mie koclok disantap pada saat masih hangat. Karena memang jika sudah dingin, cita rasa mienya hilang sob, jadi tidak enak dimakan.

Docang

makanan khas cirebon
deweezz.com

Docang adalah salah satu makanan khas dari Kota Cirebon. Racikan Docang berisi daun singkong, lontong, tauge, kerupuk, kemudian dicampur dengan sayur dage (oncom) atau dengan tempe gembos, dan diberi sedikit parutan kelapa muda.

Bubur Sop

makanan khas cirebon
deweezz.com

Bubur Sop, makanan khas punya Wong Cirebon yang terbuat dari kolaborasi antara bubur dan kuah sop. Bubur sop ini berisi daun bawang, kol, dan tauco, lalu diberi kuah sop dan ditaburi suwiran ayam serta kerupuk sebagai pelengkap.

Tahu Gejrot

makanan khas cirebon
deweezz.com

Tahu Gejrot adalah makanan khas Cirebon yang dapat memanjakan lidahmu sambil bersantai, karena terbilang makanan ringan. Tahu Gejrot terbuat dari tahu yang dipotong kecil-kecil, lalu ditaruh pada sebuah piring kecil dari gerabah.

Sebagai penyedap rasa, bumbu tahu gejrot terdiri dari gula merah, cabai, bawang merah, dan bawang putih, kemudian diulek. Bahan tahu yang digunakan adalah tahu lamping atau biasa dikenal tahu Sumedang.

Teh Poci

makanan khas cirebon
deweezz.com

Teh Poci adalah teh yang mempunyai rasa natural, disajikan pada teko yang terbuat dari tanah liat, dan teko inilah yang disebut sebagai poci, ditambahkan dengan gula batu. Daun teh yang biasa digunakan adalah daun teh hijau melati.

Biasanya Wong Cirebon menikmati teh poci pada pagi dan sore hari. Lebih nikmat juga pada saat musim hujan, sebagai penghangat tubuh, dan ditambah makanan-makanan kecil.

Terima kasih sudah berkunjung

Tinggalkan komentar