brainking plus

Yuk Kenali Macam-macam Kecerdasan Manusia, Kamu Tergolong yang Mana?

BRAINKING PLUS – Hampir setiap orang pasti berkeinginan menjadi cerdas. Hal itu disebabkan karena otak yang cerdas akan mampu menyelesaikan berbagai persoalan dan lika-liku kehidupan, sekali pun itu adalah suatu hal yang rumit.

brainking plus
shutterstock.com

Sebenarnya, semua manusia yang ada di jagat ini diciptakan dalam keadaan yang pintar, cerdas, dan pandai. Hanya saja, tidak semuanya pandai dalam satu hal yang sama saja. Yakinilah bahwasannya setiap orang terlahir dalam keadaan cerdas, namun terkadang banyak dari kita yang tidak menyadarinya.

Banyak di antara kita yang merasa kurang beruntung karena sering kali mendapat nilai yang rendah di sekolah, sekali pun ia telah berusaha secara maksimal. Padahal sebenarnya, dia menyimpan kecerdasan dalam hal lainnya.


Baca juga : Brainking Plus, Herbal Terbaik untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak


Pada hakikatnya, kecerdasan itu terbagi menjadi 7 jenis. Berikut pembahasannya :

1. Kecerdasan Mengolah kata (Intellegence of Word)

Orang-orang yang memiliki kecerdasan dalam mengolah kata (Intellegence of Word) ini biasanya pandai dalam hal berbicara atau menulis.

Ketika ia berbicara, orang-orang akan senang mendengarkannya, karena apa yang dia bicarakan sangatalah menarik. Demikian ketika membuat suatu karya tulis, maka orang-orang akan senang membaca tulisannya.

Seseorang dengan kecerdasan seperti ini biasanya sangat pintar dalam mengungakapkan pendapat atau mendeskripsikan maksud dan tujuannya kepada orang-orang di sekitarnya.

2. Kecerdasan Logika (Intellegence of Logic)

Seorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya memiliki kemampuan nalar dan logika yang tinggi dan baik.Orang dengan kemampuan ini mampu memprediksi peluang-peluang yang ada. Biasanya para ilmuan memiliki kecerdasan jenis ini, dengan kecerdasan model ini maka para ilmuan mampu membuat hipotesa dari berbabagi penelitian yang mereka lakukan.

3. Kecerdasan Visual (Intellegence of Visual)

Seseorang dengan kecerdasan tingkat ini biasanya memiliki tingkat seni yang tinggi. Kecerdasan yang dia miliki mengacu kepada kecerdasan visualisasi, ruang, gambar, serta perasaan seseorang.

Orang-orang dengan kecerdasan ini biasanya memiliki hobi membuat suatu karya seni semisal melukis, menggambar, mengukir, memahat, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, mereka yang termasuk ke dalam tipe kecerdasan ini sangat cocok bekerja sebagai seorang pelukis, desainer, arsitek, dan lain sejenisnya.

4. Kecerdasan Fisik (Intellegence of Physical)

Bagi anda yang mahir di dalam menggunakan tubuh anda, maka bersyukurlah, karena anda tergolong ke dalam orang-orang yang memiliki kecerdasan fisik atau Intellegence of physical. Orang-orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya memiliki gerakan tubuh yang lincah, kuat, fleksibel, namun juga seimbang.

Orang-orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan olahraga yang baik dan kuat. Mereka yang memiliki kecerdasan ini sangat cocok untuk menjadi seorang atlet dalam bidang olahraga.

5. Kecerdasan Natural (Intellegence of Nature)

Orang dengan kecerdasan ini memiliki kepekaan yang besar terhadap alam sekitar. Selain itu, biasanya ia memiliki rasa kasih sayang yang tinggi terhadap sesama mahkluk hidup. Orang dengan kecerdasan seperti ini biasanya akan menjadi seorang ahli biologi, dan pekerjaan-pekerjaan yang identik dengan alam liar.

6. Kecerdasan Intuitif (Intellegence of Existence)

Kecerdasan model ini, biasanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki insting yang kuat. Orang dengan model seperti ini sangat pandai dalam memaknai arti kehidupan di dunia ini. Biasanya orang dengan kecerdasan model ini mampu membedakan antara yang benar dengan yang salah, sehingga akan sangat cocok menjadi seorang Da’i, Ustadz dan juru Dakwah.

7. Kecerdasan Interpersonal (Intellegence of Self)

Orang-orang dengan kemampuan dan kecerdasan ini memiliki kepekaan yang tinggi untuk mengenali emosi diri sendiri. Setelah mengenali emosi yang terdapat di dalam tubuh sendiri, maka yang berikutnya mereka akan membimbing emosinya untuk dapat berkembang menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Orang-orang dengan kecerdasan macam ini sangat cocok untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses.

***

Demikianlah 7 macam kecerdasan yang bisa kami tuliskan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar