Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu beserta Pengertian dan Strukturnya Lengkap

CONTOH TEKS ANEKDOT – Teks anekdot umumnya kamu pelajari di dalam kelas Bahasa Indonesia. Mungkin kamu masih bingung apa yang dimaksud dengan teks anekdot. Singkatnya, teks anekdot adalah teks pendek yang lucu sekaligus menyindir. Artikel ini akan memaparkan berbagai contoh teks anekdot kepada kamu.

Sebenarnya ada berbagai hal yang bisa ditulis menjadi teks anekdot. Beberapa diantaranya yaitu masalah lingkungan, pendidikan, kebijakan pemerintah, pelayanan publik, politik, sosial, dan hukum. Teks anekdot juga dapat bersumber dari pengalaman seseorang.

Contoh Anekdot beserta Strukturnya

contoh teks anekdot
sahabatnesia.com

Teks anekdot mempunyai beberapa kaidah atau ciri tersendiri. Ceritanya sedikit mirip dengan dongeng dan menggunakan penanda waktu yang khas. Misalnya pada zaman dahulu, suatu hari, di suatu masa dan sebagainya. Anekdot kerap ditujukan untuk orang penting, bersifat humoris dan sesuai dengan realita.

Di suatu hari, terdapat pedagang roti keliling di kawasan perumahan. Seorang pemuda bernama Utomo memanggil pedagang roti tersebut. Pedagang roti langsung menuju asal suara yang memanggil dia.

PEDAGANG ROTI

Utomo: “Pak, apa saja rotinya hari ini Pak?”
Pedagang: “Wah, macam-macam Mas. Kalau yang ini pisang.”
Utomo: “Terus ada apalagi Pak?”
Pedagang: “Sebelah sana rasa nanas.”
Utomo: “Nah, kalau yang sampingnya Pak?”
Pedagang: “Itu rasa stroberi, Mas.”
Utomo: “Kok, buah terus dari tadi. Bapak jualan roti apa buah sebenarnya? Rotinya mana?”
Pedagang: *Hening*. “Saya pingsan saja ya, Mas.
  • Abstraksi adalah kalimat pembuka yang berisi gambaran teks anekdot. Contohnya di suatu hari, terdapat pedagang roti keliling di kawasan perumahan.
  • Orientasi adalah penggambaran suasana di awal cerita. Misalnya Utomo memanggil pedagang roti tersebut.
  • Event merupakan kisah yang terjadi. Pada teks anekdot tersebut yaitu penjelasan pedagang roti tentang berbagai macam roti yang ditanyakan Utomo.
  • Krisis merupakan permasalahan yang muncul. Contohnya “Kok, buah terus dari tadi. Bapak jualan roti apa buah sebenarnya? Rotinya mana?”
  • Reaksi ialah cara penyelesaian masalah. Misalnya suasana berubah hening.
  • Koda adalah bagian akhir anekdot. Contohnya “Saya pingsan saja ya, Mas.”

Contoh Teks Anekdot Singkat

conoh teks anekdot
sp.beritasatu.com
Suatu ketika Rudi sedang berbicara dengan temannya, Sandi. Rudi berkata, “Eh Sandi, kamu kan tidak diterima di perguruan tinggi negeri (PTN), tetap ingin kuliah?”. Sandi dengan wajah santai menjawab, “Kalau tidak lolos PTN ya aku ingin masuk ke PTS (Pokoknya Tetap Sekolah)”.
Mengonsumsi sereal termasuk gaya hidup yang sehat. Apalagi sereal mengandung serat pangan dalam jumlah yang tinggi. Namun, mengonsumsi sereal sebanyak 3 kali sehari secara rutin justru bisa mengganggu kesehatan yaitu menyebabkan kanker atau kantong kering. Harga sereal kan memang mahal di pasaran.

Contoh Teks Anekdot Lucu

contoh teks anekdot
blogspot.com

FILOSOFI UUD

Di suatu hari, guru Pendidikan Kewarganegaraan menjelaskan perubahan Undang-Undang Dasar (UUD) dari periode ke periode. Guru itu juga memaparkan alasan perubahan UUD yang pernah berlaku di Indonesia. Guru yang melihat muridnya tertidur ingin mengetahui pengetahuan murid tersebut.

Guru bertanya kepada murid yang tertidur, “Coba kamu jelaskan perubahan UUD dan apa maksud dari peraturan diatur di dalam UUD.” Murid menjawab “Saya hanya tahu mengapa peraturan diatur di dalam UUD.” Guru bertanya lagi, “Apa maksud kamu?”. “Ya kan semua ujung-ujungnya duit Bu”, celetuk sang murid.

BODREX MANIA

Pada suatu hari yang cerah di bulan Ramadhan, ada seorang kakek yang secara mendadak mengalami sakit kepala. Kakek tersebut pun tanpa merasa berdosa sama sekali, segera meminum obat pereda nyeri kepala bermerek Bodrex. Sang cucu pun menegor kakeknya.

Cucu berkata, “Kakek saat ini kan puasa, lalu mengapa kakek meminum obat tersebut?”. Si kakek dengan wajah polosnya hanya menjawab, “Lho itu obat Bodrex Cu, jadi bisa diminum kapan saja”. Cucu itu pun hanya bisa geleng-geleng kepala.

PERNIKAHAN TELEVISI

Salah satu stasiun televisi swasta terkenal di Indonesia, TRANS TV ternyata pernah mendapat teguran keras dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Ternyata penyebabnya terbilang sepele yaitu karena TRANS TV dinilai berlebihan memberitakan pernikahan Raffi Ahmad dan istrinya Nagita Slavina.

Acara pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina menurut publik tidak perlu ditayangkan diluar waktu yang seharusnya. TRANS TV pun dianggap sebagai singkatan dari Televisi Raffi Ahmad Nagita Slavina oleh masyarakat.

MAWAR DAN MELATI

Suatu hari Melati bertemu dengan Mawar, teman lamanya semenjak mereka duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) yang sama. Kini keduanya sama-sama menjadi murid kelas 10 Sekolah Menengah Atas (SMA). Bedanya, Mawar diterima di sekolah RSBI.

Tidak seperti biasanya, Mawar waktu itu terlihat murung. Astuti yang penasaran pun bertanya, “Mawar, mengapa kamu sedih, kan kamu diterima di sekolah RSBI?”. Mawar dengan tampang muka sedih menjawab, “Bagaimana aku tidak sedih? Sekolahku kan Rintisan Sekolah Bertarif Internasional”.

Contoh Teks Anekdot Politik

contoh teks anekdot
obatrindu.com
Pada suatu hari, Indonesia mendapat kehormatan karena akan dikunjungi presiden Amerika Serikat di Istana Negara. Presiden Indonesia menyampaikan sedikit cerita mengenai presiden-presiden yang selama ini memimpin Indonesia. Selain itu, presiden Indonesia juga berkata “Semua presiden Indonesia itu gila.”

Presiden Amerika Serikat yang penasaran pun bertanya “Mengapa kamu berani berbicara seperti itu, Pak?”. Presiden menjawab sambil tertawa “Presiden pertama gila wanita, yang kedua gila harta dan ketiga gila teknologi. Nah sekarang yang gila ya justru yang mau memilih saya jadi presiden.”

Suatu ketika, ada 2 orang bernama Adit dan Aris. Keduanya pun mendaftar anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Adit bertanya pada Aris, “Wah, banyak orang yang hidup kaya di negeri kita ya, apalagi politisi.” Aris membalas “Iya dong, beli baju termahal seperti baju tahanan KPK saja mereka sanggup.”

Contoh Teks Anekdot tentang Cinta

Contoh Teks Anekdot Sosial

Contoh Teks Anekdot Menyindir

Contoh Teks Anekdot tentang Alam

Contoh Teks Anekdot Pendek

Contoh Teks Anekdot Panjang

Contoh Teks Anekdot Bahasa Jawa

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Contoh Teks Anekdot Kesehatan

Contoh Teks Anekdot Lingkungan Hidup

Contoh Teks Anekdot tentang Hukum

Contoh Teks Anekdot Lucu tentang Sedekah

Demikianlah contoh teks anekdot untuk kamu. Semoga beberapa contoh di atas dapat memudahkan kamu dalam menyusun teks anekdot sendiri.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.