10 Keutamaan Membaca Sholawat secara Rutin, Agar Hati Selalu Tentram

Keutamaan Membaca Sholawat – Sudah menjadi kewajiban bagi orang muslim di seluruh dunia untuk menghormati dan mencintai Nabi utusan Allah, Nabi Muhammad Shalallahu’Alaihi Wassalam.

Sebagai perwujudan rasa cinta umat manusia pada junjungan besar Rasulullah SAW, yaitu membaca shalawat untuknya. Hal ini dipertegas dalam QS. Al-Ahzab [33] ayat 56 yang artinya:

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salah penghormatan kepadanya.

Bersholawat di sini artinya, jika datangnya dari Allah berarti pemberian limpahan rahmat, pengampinan, pujian, dan keberkahan dari-nya. Jika datangnya dari malaikat berarti turut mendoakan keselamatan dan memintakan ampunan.

Kemudian, jika datangnya dari orang-orang mukmin, berarti berdoa agar diberikan rahmat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, yaitu:

Jika ada rang bershalawat kepadaku, maka malaikat juga akan mendoakan keselamatan baginya, untuk itu bershalawatlah, baik sedikit maupun banyak.” [HR. Ibnu Majah dan Thabrani].

Untuk itu, sudah jelas ada banyak sekali keutamaan bagi orang yang senantiasa menjalankan hari-hari dalam kehidupannya di dunia dengan bershalawat.

Terlebih lagi, keutamaan ini bukan hanya bisa dirasakan oleh manusia selama di dunia saja, melainkan juga di akhirat nanti akan mendapatkan pertolongan karena gemar bersholawat bersungguh-sungguh.

Lantas, apa saja keutamaan bagi orang-orang yang rajin bershalawat sepanjang hidupnya? Simak beberapa poinya berikut ini.

Ragam Keutamaan Membaca Sholawat secara Rutin

Sholawat

Sudah bukan lagi menjadi rahasia, bahwa ada banyak sekali keutamaan jika kita rajin, rutin, ikhlas, dan sungguh-sungguh dalam membaca shalawat di sepanjang hidup.

Dari banyak hadits dan ayat dalam Alquran yang menjelaskan tentang keutamaan membaca shalawat, berikut ini kami berikan ulasan mengenai beberapa dari keutamaan membaca shalawat dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Mendatangkan Rahmat dan Karunia Allah SWT

Kita tahu, bahwa doa dan permohonan kepada Allah akan memberikan pengaruh baik yang akan mendatangkan rahmat serta berkah dari-Nya.

Shalawat sendiri berisi doa-doa yang dipanjatkan untuk Rasulullah SAW, sehingga orang yang bershalawat juga sudah mendatangkan karua dan segala nikmat dari Allah.

  1. Merasa Terus Dekat dengan Allah SWT dan Rasulnya

Allah SWT pernah berpesan kepada Nabi Musa as. yang ingin lebih dekat dengan Allah, untuk banyak bershalawat. Sebab, Allah SWT sangat mencintai hamba-Nya yang senantiasa bershalawat.

Maka, barangsiapa yang tak pernah putus bershalawat sepanjang hidupnya akan senantiasa merasa dekat dengan Allah SWT.

  1. Diangkat 10 Derajat dan Diangkat 10 Keburukan

Satu kali saja shalawat dirapalkan dengan sungguh-sungguh, sudah akan mendatangkan berkah, yaitu diangkat 10 derajat bagi orang yang membacanya dan dihapuskan 10 kali kesalahannya. Bisa dibayangkan, apabila shalawat dilakukan secara terus menerus tiada putus?

Maka, bukan suatu hal yang tidak mungkin jika banyak kesalahan selama kita hidup di dunia akan dihapuskan berkali lipat dan diangkat derajat kita oleh-Nya berkali lipat pula.

  1. Menolak Bencana dan Pemenuhan Hajat

download

Beberapa shalawat memiliki manfaat khusus bagi umat muslim yang membacanya. Salah satunya adalah shalawat Munjiyat yang bisa melindungi kita dari bencana atau musibah, sekaligus dapat memperoleh pemenuhan hajat.

  1. Memperoleh Rasa Bangga

Bangga di sini bukan berarti kesombongan. Justru kebanggaan yang diperoleh adalah rasa yang muncul karena kita terus mampu mendoakan Rasulullah sebagai bentuk kecintaan kita kepadanya.

Sebagai umat yang sangat dibanggakan oleh Allah SWT, sudah sepantasnya kita mencintai Rasulullah dan bershalawat untuknya.

  1. Menjauhkan Pada Kefakiran

Seorang yang rajin bershalawat akan mendapatkan keutaman, berupa dijauhkan dari kefakiran. Sebaliknya, bershalawat justru akan mendatangkan limpahan berkah yang tak terhitung nilainya dan beragam macamnya.

  1. Diberikan Pengampunan Dosa

Manusia sudah tentu memiliki dosa segudang. Dengan membaca shalawat secara rutin, ikhlas, dan sungguh-sungguh, Allah tidak akan segan membuka selebar-lebarnya pintu pengampunan dosa pada hamba-Nya.

  1. Ada di Sisi Nabi saat Sakaratul Maut

Seorang yang bersungguh-sungguh dan tak pernah luput bershalawat sepanjang hidupnya di dunia, maka Allah akan memberikannya penghargaan yang sangat besar.

Di mana, Allah akan menghadirkan Rasulullah SAW menemani orang yang rajin bershalawat tersebut, pada saat menghadapi sakaratul maut.

  1. Mendapatkan Keutamaan saat Hari Kiamat

Seseorang yang secara rutin, ikhlas, serta bersungguh-sungguh dalam melafalkan shalawat, maka pada saat hari kebangkitan atau kiamat nanti, ia akan diutamakan dari sekian banyaknya manusia lain.

Allah akan selalu menolong siapa saja hingga di akhir kehidupan dunia ini, yang sepanjang hidupnya bershalawat dengan sungguh-sungguh.

  1. Mendapatkan Keberkahan Hingga Anak Cucu

Banyak yang paham, bahwa siapa saja yang sering membaca sholawat nabi, maka akan mendapatkan kebaikan dan keberakahan sepanjang hidupnya. Bahkan, keutamaan ini akan didapatkan hingga ke anak dan cucu mereka.

Demikian ulasan tentang keutamaan membaca sholawat, untuk memudahkan menghafal sholawat nabi kamu bisa mendengarkan melalui Mp3 yang diputar berulang-ulang. Silahkan download sholawat nabi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.